oleh

10 Hobi murah yang bermanfaat untuk dilakukan

Heydayat.com – Banyak sekali aktivitas menarik yang bisa dilakukan dan ditekuni agar menjadi hobi baru. Ada hobi yang murah dan mudah untuk dilakukan, ada pula hobi mahal dan tidak sedikit usaha dan peralatan yang dibutuhkan.

Melakukan aktivitas yang disukai atau menjalani hobi adalah salah satu cara untuk menghilangkan stress dan kebosanan. Saat sedang lelah, sebagian dari kita mungkin berpikir untuk menemukan hobi baru.

Sayangnya, dari sekian banyak hobi yang terlintas, kebanyakan diantaranya mungkin adalah hobi yang mahal dan sulit diikuti. Apalagi jika keuangan sedang terkuras untuk kebutuhan lainnya, maka hobi-hobi semacam travelling atau nonton bioskop harus dikesampingkan.

Meski begitu, ada banyak hobi lainnya yang bisa dilakukan tanpa mengeluarkan banyak biaya bahkan ada yang gratis.

Berikut adalah 10 hobi murah dan bermanfaat untuk kamu yang bisa dilakukan di rumah :

 

1. Memasak

Mengiris sayur dengan pisau untuk memasak
Mengiris sayur untuk dimasak

Suka mencicipi makanan? Atau suka berinovasi pada masakan?

Memasak adalah hobi murah dan bermanfaat yang harus kamu coba. Tidak harus menggunakan bahan mahal seperti daging sapi atau ikan laut. Memasak sayuran tidak kalah lezatnya dibanding masakan dari bahan-bahan yang serba mahal.

Hobi memasak bisa menjadi peluang kamu untuk memulai usaha catering. Dengan memadukan kegemaran dan bisnis, kamu hanya tinggal perlu mempublikasikan usahamu lewat media sosial.

Untuk memperkaya produk dan memanjakan calon pelanggan, kamu bisa menambahkan beberapa masakan seperti kue-kuean, minuman, dan makanan ringan lainnya.

Tidak tertarik untuk membuka usaha? Baiklah. Setidaknya memiliki hobi memasak berguna untuk memperkaya menu masakan di rumah agar menu sarapan tidak itu-itu saja. hehe

 

2. Menulis

Hobi menulis artikel blog wordpress
Mengetik tulisan di laptop

Jika kamu tergolong orang yang rajin dalam banyak hal, besar kemungkinan kamu adalah seorang penulis yang baik pula.

Jika kamu belum pernah menekuni hobi menulis sebelumnya, cobalah mulai dari sekarang – menulis beberapa paragraf tentang sesuatu yang kamu sukai.

Menulis bermanfaat untuk menghilangkan kejenuhan sekaligus berguna untuk terapi diri.
Malahan, jika terbukti berbakat dalam hal menulis, kamu bisa mendapat penghasilan tambahan dari hobi baru kamu ini. Ada banyak kesempatan kerja sebagai pekerja lepas di berbagai platform atau situs. Tidak harus menerbitkan buku, menulis konten bacaan kini sangat dihargai di media-media online.

 

3. Membaca

laki-laki hobi Membaca dimanapun
Pria membaca buku saat bersama teman

Hobi yang satu ini sudah bukan hal baru lagi jika disebut sebagai hobi yang paling banyak direkomendasikan kalangan umum maupun profesional.

Membaca selalu terbukti sebagai jendelanya dunia. Melalui membaca, seseorang akan memperoleh pengetahuan baru.

Tidak hanya bermanfaat, membaca adalah hobi yang bisa dilakukan kapanpun dan dimanapun, bahkan tanpa mengeluarkan biaya sama sekali.

Bahan bacaan bisa diperoleh dari karya tulis online seperti E-Book, situs web dan sebagainya. Sedangkan bahan bacaan offline dapat diperoleh dari buku atau karya tulis ilmiah. Tidak harus membeli, membaca buku bisa dilakukan di perpustakaan umum atau dengan meminjam buku milik teman.

 

4. Bercocok-tanam atau berkebun

Sekop dan garpu peralatan berkebun dan menanam
Peralatan berkebun

Memanfaatkan waktu luang untuk berkebun akan sangat berguna. Manfaat ini mungkin belum bisa dirasakan saat awal-awal menekuninya. Manfaat hobi berkebun akan dapat dirasakan saat tanaman yang ditanam sudah menghasilkan buah. Manfaat lainnya, tanaman yang sudah tumbuh besar akan menciptakan hawa sejuk bagi lingkungan sekitar.

Untuk kamu yang sudah lama menjalani hobi ini, tak ada salahnya jika kamu coba menanam jenis tanaman bunga atau tanaman langka. Selain bisa menikmati keindahannya secara langsung, tanaman ini juga punya nilai jual yang bagus bagi para penggemarnya.

Namun, bagi kamu yang tidak memiliki cukup lahan untuk berkebun, memelihara tanaman dalam pot bisa jadi alternatif yang sama-sama menyenangkan. Membonsai tanaman atau membuat tanaman tampak seperti miniatur dari tanaman aslinya adalah hobi eksklusif yang sering mengalami naik-turun tren di kalangan penggemar tanaman.

 

5. Menggambar atau melukis

Menggambar atau melukis tanaman buah dengan daunnya
Menggambar atau melukis buah

Menggambar atau melukis memang memerlukan keterampilan tersendiri. Walau begitu, bukan berarti hobi ini tidak bisa dipelajari.

Ada banyak konten di internet yang dapat membantumu belajar melukis atau menggambar. Tidak cuma belajar ilmu dasarnya saja, kamu juga bisa menguasai beberapa teknik melukis hanya dengan menyusuri pencarian di internet.

Tips permulaan untuk kamu yang baru mulai melukis, ketahui/identifikasi gelap-terang objek yang akan kamu gambar. Dengan begitu gambar akan tampak realistis meski digambar dengan peralatan yang sederhana.

 

6. Menjahit

Menjahit manik-manik pada pakaian
Menjahit manik-manik

Apakah kamu mengira menjahit adalah hobi yang kuno?
Jangan salah sangka! Menjahit adalah aktivitas menyenangkan khususnya bagi para wanita – penggemar barang-barang sandang.

Menjahit, selain menyenangkan, kegiatan ini juga bernilai ekonomis sebab memunculkan peluang usaha sampingan. Jika sudah memiliki mesin jahit sendiri, kamu bisa membuka usaha rumah bordir atau semacamnya, dan bisa menerima pesanan kapanpun kamu mau. Selain menyenangkan, hobi ini juga membuat kamu produktif tanpa harus merasa terbebani seolah itu kewajiban, bukan?

 

7. Editing

 

Mengedit video melalui laptop

Era digital kini sangat besar peranannya dalam mendekatkan kaum muda-mudi dengan dunia editing. Mulai dari editing foto, video, audio hingga file-file digital lainnya.

Editing atau melakukan pengeditan adalah kegiatan yang cukup membuat penasaran. Saat kamu mengalami kesulitan dalam menerapkan suatu fungsi, kamu akan terpacu untuk bergelut lebih lama di depan komputermu. Saat kamu menemukan cara yang tepat dan bisa mengaplikasikannya, saat itulah kepuasan dari hobi ini muncul.

Ada banyak sekali manfaat yang bisa diambil dari keahlian editing. Beberapa diantaranya seperti : Jasa Photo/Video Editing, menjadi Youtuber, Komponis, bahkan Web Designer.

Bagaimana? Tertarik dengan hobi yang satu ini?

 

8. Menjadi reseller

Ilustrasi bisnis reseller di toko online
Menjadi reseller di toko online

Hobi melihat-lihat barang dagangan di platform jual-beli online?
Pernahkah kamu terpikir untuk menjadi penjualnya? Keuntungan yang didapat cukup menggiurkan loh! Jangan berkecil hati dulu dengan nilai modal yang kamu punya saat ini.

Menjadi reseller adalah hobi berbasis bisnis yang rendah risiko bagi kamu yang memiliki modal kecil. Selain rendah risiko, tentu saja menjadi reseller tidak melanggar hukum.

Untuk memulai hobi baru ini, mulailah dengan mencari produk-produk yang ingin kamu pasarkan di platform jual-beli online. Belilah beberapa item untuk bahan pengambilan foto dan dijadikan koleksi katalog di toko online-mu.

Sebagai reseller, sudah barang pasti kamu akan memasang harga lebih tinggi dari penjual pertama atau kebanyakan penjual lainnya.

Walaupun terdapat produk serupa dengan harga yang lebih murah, tidak semua pembeli memilih barang dengan harga paling murah. Disinilah tugasmu mempresentasikan barang sebaik yang kamu bisa. Yakinkan calon pembeli kenapa mereka harus membeli produk yang kamu jual meski dengan harga yang lebih mahal.

Menjadi reseller bukanlah kejahatan. Profesi ini hanya menjadi jahat jika kamu kurang komunikasi dengan pihak penyedia barang. Misal : Pembeli memesan barang A dan kamu menerima pesanan dan mengatakan pada pemesan bahwa barang masih tersedia. Padahal, nyatanya barang A sudah tidak tersedia di penyedia barang. Alhasil, kamu mengecewakan calon pembeli dan mendapat respon negatif di kolom komentar.

Maka dari itu, tetaplah jadi reseller yang baik. 😉

 

9. Membuat miniatur

Miniatur sepeda antik
Miniatur sepeda

Miniatur adalah bentuk mini dari ukuran asli benda 3 dimensi. Membuat miniatur belakangan ini sedang populer di kalangan umum khusunya pecinta seni. Membuat miniatur bisa dilakukan dengan memanfaatkan barang-barang bekas seperti korek api gas maupun batang, botol minuman kaleng, hingga stik es krim.

Tidak hanya tren di kalangan umum, membuat miniatur bahkan ada pada tingkatan profesional juga. Yang membedakannya adalah hasil buatan profesional memiliki kerapian miniatur yang baik serta memiliki nilai jual yang tinggi.

Jika kamu terampil dan teliti dalam membuat miniatur, siapa tahu hasil buatanmu akan punya nilai jual tersendiri bagi penggemar miniatur.

 

10. Menyanyi dan menari

Wanita menyanyi saat mendengarkan musik
Menyanyi saat mendengarkan musik

Siapa sih yang tidak suka menyanyi? Kebanyakan dari pembaca pasti suka menyanyi meski tidak mau mengakuinya.

Menyanyi berguna untuk menghilangkan stress dan meluapkan perasaan. Karenanya, meski tidak mengaku menyukai menyanyi, kita sering tanpa sadar sedang ikut menyanyikan beberapa baris syair lagu yang sedang kita dengarkan.

Berbeda dengan menyanyi, penggemar menari mungkin tidak sebanyak penggemar menyanyi. Namun yang perlu kamu ketahui, keduanya sama-sama menyenangkan dan membuat ketagihan saat dilakukan.

Menari dan menyanyi adalah keterampilan yang tidak semua orang miliki. Tetapi, dengan belajar menyanyi dan menari sama artinya meluangkan waktu untuk mengasah otak dalam mengingat dan melakukan olahraga.

Selain baik untuk kesehatan, hobi ini juga bisa jadi nilai tambah jika kamu berkenan mengunggahnya ke akun youtube milikmu. Siapa tahu videomu trending dan menjadi cikal-bakal buatmu jadi bintang terkenal.

 

Itulah 10 hobi murah dan bermanfaat untuk dilakukan di rumah. Apakah kamu sudah tertarik dengan salah-satunya? Atau kamu punya hobi lain yang terlintas di pikirkanmu?
Jika iya, cobalah untuk mulai melakukannya sekarang. Sebab hal tersulit dari melakukan tindakan positif adalah mengawalinya. Semoga berhasil! 😉

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

News Feed