oleh

3 Perlakuan wajib, Perawatan kulit sederhana bagi kamu yang pemalas

Heydayat.com – Siapa sih yang tidak ingin memiliki kulit wajah yang cantik, bersih dan sehat? Tidak hanya perempuan, kini kaum adam juga banyak yang mendambakannya, bukan?

Untuk memiliki kulit wajah yang cantik, bersih dan sehat, tak jarang para wanita melakukan berbagai macam cara untuk mendapatkan kondisi kulit yang diinginkan. Tak heran jika banyak wanita terlihat seperti sedang mengoleksi produk perawatan kulit atau skin-care di rumahnya.

Meski demikian, perlu diketahui bahwa karakter kulit secara umum membutuhkan 3 perlakuan yang sama. Tidak harus ribet, berikut 3 hal yang harus kamu lakukan untuk merawat kulit secara sederhana tapi sangat berguna :

 

1. Cuci wajah 3 kali sehari

Mencuci wajah bertujuan untuk menghilangkan debu dan kotoran yang menempel pada permukaan kulit. Debu dan kotoran dapat menimbulkan bakteri yang memicu timbulnya jerawat atau fleck merah karena iritasi.

Cucilah wajah di saat pagi setelah mandi, siang atau sore hari setelah atau di sela-sela rutinitas, dan malam hari sebelum tidur.

Untuk mencuci wajah, gunakan produk khusus pencuci wajah, jangan sabun mandi! Kesalahan umum yang paling banyak dilakukan para pemalas adalah menggunakan sabun mandi untuk mencuci wajah dengan alasan kepraktisan. Sabun mandi tidak dirancang khusus untuk membersihkan kulit wajah. Jadi, kamu tetap harus menggunakan produk khusus pencuci wajah.
Pilihlah sabun pencuci wajah yang paling sesuai dengan karakter kulitmu. Jika kulitmu seringkali nampak kusam, cobalah gunakan produk yang mengandung Scrub yang dapat membantu mengangkat sel-sel kulit mati.

 

2. Gunakan pelembab kulit (Moisturizer)

Pelembab kulit berperan untuk menjaga kelembaban kulit, memberi nutrisi dan agar kulit tampak sehat setiap saat.

Gunakan pelembab kulit 2 kali sehari, yaitu setelah cuci wajah di pagi hari dan setelah cuci wajah di malam hari sebelum tidur. Aplikasikan produk pelembab pada wajah dengan secukupnya atau tipis-tipis saja. Penggunaan pelembab yang berlebih pada wajah dapat menyebabkan kulit tampak memproduksi minyak berlebih.

Banyak produk-produk pelembab kulit yang menawarkan berbagai kelebihannya masing-masing. Namun yang paling penting adalah perhatikan bahan-bahan yang digunakan dalam produk yang kamu gunakan. Bahan alami yang paling bermanfaat untuk perawatan kulit biasanya adalah pepaya, bengkuang, dan lidah buaya (Aloe Vera).

 

3. Memakai Sunscreen/Sunblock

Penggunaan Sunscreen atau Sunblock sangat penting untuk kamu yang memiliki ativitas cukup tinggi di luar ruangan. Sunscreen berperan mencegah efek radiasi akibat terpapar sinar UV yang ditumbulkan dari cahaya matahari. Sunscreen menjaga epidermis agar tidak timbul fleck hitam dan iritasi yang membuat kulit tampak mengalami penuaan dini.

Gunakan Sunscreen sekali saja dalam sehari, yaitu saat siang hari sebelum memulai aktivitas di luar ruangan.

Untuk mendapatkan hasil lebih baik, cobalah dalam 1 minggu sekali menggunakan masker wajah (Peel-Off Mask) untuk mengangkat sel-sel kulit mati. Jangan lupa untuk mencuci wajah saat sebelum dan sesudah menggunakan masker. Gunakan air dingin atau usapkan es batu ke permukaan kulit wajah untuk memperkecil pori-pori wajah setelah menggunakan masker wajah. Basuh dengan air dingin atau usap dengan es batu selama 3 menit, kemudian keringkan dengan handuk dengan cara di tempelkan bukan diusap-usap.

Tentang Penulis : Hidayat

Gambar Gravatar
Menyukai aktivitas luar ruangan & tertarik dengan berbagai jenis informasi, khususnya teknologi & olahraga | Menulis untuk berbagi pengalaman, menyalurkan minat dan dokumentasi.

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

News Feed