oleh

4 Tips untuk menjadi pemancing pro

Heydayat.com – Memancing adalah hobi sederhana yang diminati banyak orang. Karena kesederhanaannya, memancing kadang juga diartikan sebagai hobi yang remeh.

Meski begitu, memancing akan menarik perhatian jika pemancing tampak profesional dalam menggeluti hobinya. Banyak orang akan merasa kagum jika melihat pemancing pandai menangkap ikan, berpenampilan menarik, dan tidak mudah mengeluh saat memancing.

Makna “Profesional” dalam memancing bisa diartikan sebagai hal-hal terkait keterampilan seseorang dalam memancing, sikap, penampilan dan insting saat memancing. Seorang yang profesional dalam memancing dapat membuat orang lain merasa kagum meskipun orang tersebut tidak menekuni hobi memancing.

Berikut adalah tips-tips agar kamu menjadi pemancing yang profesional :

1. Investasikan lebih

Sama seperti hobi pada umumnya, memancing juga hobi yang perlu mendapat perhatian lebih. Peralatan mumpuni untuk meningkatkan potensi dan keahlian sangat diperlukan. Karena itu, menginvestasikan sejumlah biaya untuk beberapa peralatan sangat dianjurkan.

Peralatan memancing yang perlu mendapat alokasi investasi lebih diantaranya :

  • Reel & Joran

    Kerekan pancing

    Reel atau kerekan pancing

    Reel dan joran adalah senjata utama yang digunakan untuk memancing. Kalau reel dan joran yang lama dirasa sudah cukup usang, tak ada salahnya menggantinya dengan yang baru. Dan kalaupun jika dirasa masih bagus, menginvestasikan sedikit dana untuk membeli sepasang pancing tambahan akan sangat berguna.

    Saat memancing ada kalanya pancingan menjadi bermasalah atau pancing rusak akibat beberapa alasan tak terduga. Biasanya karena tersangkut pada sesuatu, atau joran/stik pancing patah saat digunakan. Kejadian seperti ini sangat merepotkan apalagi jika tidak sedang membawa peralatan ataupun pancing serep (pengganti). Karena itu, memiliki pancing cadangan akan sangat berguna apabila kamu mengalami masalah ini.

  • Pakaian memancing

    Ada banyak alasan mengapa pakaian memancing sangat penting untuk diperhatikan. Kaos memancing misalnya, kaos lengan panjang berguna untuk melindungi pemancing dari sengatan cahaya matahari.Kacamata hitam, berguna untuk mengurangi efek silau cahaya matahari agar kamu lebih mudah melihat objek-objek. Kacamata hitam sangat berguna, terlebih jika kamu harus mengamati objek dengan jarak pandang yang jauh seperti pelampung pancingan. Kacamata hitam juga seringkali dibutuhkan untuk menghindari pantulan cahaya matahari di air yang menyilaukan.Memancing akan selalu bersentuhan dengan air. Pakaian pemancing mungkin akan basah selagi melakukan aktivitas ini, terlebih jika hujan tiba-tiba datang.Gunakan pakaian quick dry agar cepat meresap keringat dan nyaman digunakan saat bergerak. Ada banyak penjual pakaian quick dry untuk aktivitas luar ruangan. Bahkan ada pula yang bersedia membuatkan desain gambar untuk jersey mancing.

    Tidak hanya memiliki nilai guna, pakaian juga menunjukkan kesan tersendiri dari si pemancing di mata orang yang melihatnya. Berpakaian sesuai membuat pemancing merasa nyaman dan tetap terlihat modis. Selain itu, pemancing akan terlihat santai dengan pakaian yang tepat, dan pemancing yang nyaman akan lebih menikmati proses daripada pemancing yang menderita.

 

2. Tangkap dan Lepaskan (Catch and Release)

 

Melepas ikan pancingan ke air
Melepas ikan pancingan


Catch and Release
bukanlah sekedar kampanye kelestarian ikan, tetapi juga memiliki arti bahwa pemancing tidak perlu membawa terlalu banyak ikan untuk dikonsumsi di hari yang sama.

Jika memancing dilakukan di spot-spot liaran, catch and release berarti kamu memberi kesempatan di lain waktu untuk kembali merasakan tarikan ikan di tempat yang sama. Cact and release dilakukan karena memancing tidak selalu tentang membawa pulang ikan sebanyak-banyaknya, tetapi kepuasan akan keberlangsungan hobi itu sendiri di kesempatan berikutnya.

Sedangkan saat memancing di laut, catch and release berarti bahwa seharusnya kamu sudah cukup puas dengan sensasi tarikan ikan, dan cukup dengan membawa pulang beberapa ekor ikan saja.

Dengan begitu, maka nilai kepuasan dari memancing terasa lebih tinggi dibanding kepuasan yang dipikirkan kebanyakan orang.

 

3. Belajar dari pemancing profesional

 

Memancing ikan di dermaga
Dua orang memancing di dermaga

Kita semua pasti setuju jika setiap pemancing handal pasti bermula dari pemancing amatir. Untuk itu, belajar dari pemancing yang lebih berpengalaman akan meningkatkan keterampilan.

Pergi memancing dengan pemancing berpengalaman tidak membuatmu tampak menyedihkan sebagai pemancing pemula. Dengan mengajak pemancing profesional, kamu bisa berbagi pengalaman untuk meningkatkan pengetahuan dalam memancing.

Beberapa hal yang perlu dipelajari dari sesama pemancing diantaranya adalah : cara-cara membuat simpul atau ikatan benang pancing, memilih umpan yang tepat, menentukan waktu mancing terbaik, hingga menemukan spot-spot potensial, baik itu di laut lepas ataupun saat memancing di perairan tawar seperti kolam-kolam, waduk, danau dan sebagainya.

 

4. Jelajahi spot-spot yang lebih jauh

 

Pergi memancing dengan perahu
Memancing dengan perahu

Jangan ragu untuk mengunjungi tempat-tempat baru sebagai lokasi memancing. Jika kamu suka memancing ikan di perairan tawar, cobalah sesekali memancing ikan air asin atau memancing di laut, dengan cara menyewa perahu nelayan.

Jika kamu sudah beberapa kali merasakan memancing di laut lepas, cobalah beranikan diri untuk memancing ke area laut dalam. Saat memancing ke laut, biasanya pemancing dibawa ke tengah laut dengan perjalanan antara 1 atau 2 jam. Sedangkan untuk mencapai laut dalam, pemancing akan dibawa dengan perahu nelayan dengan lama perjalanan setidaknya 4 jam. Lama perjalanan ini adalah perjalanan yang dibutuhkan jika memancing di perairan laut di sisi utara atau selatan pulau Jawa. Cukup lama untuk ukuran perjalan air, bukan darat. Tentu saja lamanya perjalanan ini berbeda jika dilakukan di wilayah perairan laut di daerah lain.

Memancing di laut dalam memungkinkan kamu mendapatkan jenis tangkapan yang berbeda, dan tentu saja dengan ukuran ikan yang lebih besar.

Jika ada kesempatan, ikutilah kompetisi lomba memancing. Mengikuti lomba memancing berguna untuk mencari tahu perbandingan keterampilanmu dengan pemancing lainnya. Terutama bagi kamu yang belum berniat untuk memancing di laut lepas, maka fishing tournament atau lomba memancing adalah target yang harus kamu agendakan untuk menjadi pemancing profesional.

 

Itulah beberapa tips untuk menjadi pemancing pro. Memancing memang bukan ilmu pasti. Beberapa pemancing mendapatkan tangkapan yang memuaskan hanya karena faktor keberuntungan. Tetapi keberuntungan tidak selalu datang pada orang yang sama, bukan? Karenanya memancing selalu dekat dengan kompetisi, sebab hanya pemancing yang terampil saja yang akan mendominasi sesi memancing saat itu.

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

News Feed