oleh

Kulineran di Bakso Bakar Pak Man Kota Malang

Heydayat.com – Liburan ke Malang namun tidak berburu kuliner khas Malang? Salah besar!

Jangan sampai deh kuliner khas Malang dilewatkan. Apalagi kota Malang terkenal dengan pilihan kulinernya yang beragam.

Bahas kuliner Malang, maka gak jauh-jauh dari menu bakso. Ya! Bakso memang sudah jadi kuliner wajib jika kamu berkunjung ke kota Malang. Makanan khas Malang ini memiliki cita rasa yang lezat dan tentunya menggugah selera.

Bakso sering dijadikan tujuan kuliner pertama yang dicari semua kalangan di Kota Malang. Selain enak, makanan ini ternyata juga cukup mengenyangkan, lho!

Pada umumnya, semangkuk bakso terdapat isian bakso, siomay, mie bihun, gorengan dan juga kuah baksonya. Nah, kali ini ada yang berbeda dari menu bakso pada umumnya, yaitu “Bakso Bakar” namanya.

Bakso Bakar Pak Man Malang
Bakso bakar Pak Man Malang (Twitter/@dut_duta_)

 

Bakso Bakar Pak Man Malang

Sudah barang umum, kota Malang banyak sekali ditemukan penjual bakso di setiap sudut jalan. Namun, yang paling unik dari sekian banyak bakso adalah varian bakso bakar. Bakso bakar memiliki cita rasa yang berbeda. Seperti Namanya, bakso ini memang melewati proses pembakaran atau dibakar dulu sebelum dihidangkan.

Ngomongin bakso bakar, di Kota Malang ada kedai bakso bakar yang sudah cukup terkenal. Bakso bakar ini adalah “bakso bakar Pak Man”.

Bakso Bakar Pak Man Depan SMP Negeri 9 Malang
Bakso Bakar Pak Man Depan SMP Negeri 9 Malang (Twitter/@dut_duta_)

Bakso Bakar Pak Man ini cukup legend di kota Malang, lho! Karena pemiliknya, Pak Suparman, sudah berjualan sejak 1962.

 

Sejarah & Lokasi Bakso Bakar Pak Man

Bakso Bakar Pak Man diambil dari nama pendiri usaha bakso ini, yaitu Pak Soeparman. Pak Soeparman adalah perantau asal Solo yang memulai usaha baksonya dengan menggunakan gerobak.

Dulunya, lokasi bakso bakar ini ada di selatan Pasar Besar kota Malang. Karenanya, orang-orang menyebut lokasi Bakso Bakar Pak Man dengan sebutan “kidul pasar”.

Bagi warga Malang, pasti tidak asing dengan tempat ini. Bagaimana tidak? Kedai bakso ini sudah buka sejak dari lama sekali. Namun, saat ini lokasi bakso Bakar Pak Man sudah berpindah ke jalan Diponegoro Nomor 19, kota Malang. Saat ini, kedai Bakso Bakar Pak Man sudah dijalankan oleh generasi ke-dua.

Generasi Kedua Bakso Bakar Pak Man Malang
Generasi kedua yang menjalankan usaha bakso bakar Pak Man Malang (Heydayat.com – Safira)

Tidak hanya berjualan di 1 tempat saja, Bakso Bakar Pak Man juga sudah membuka cabang jualannya, lho! Karena tak pernah sepi pembeli, Bakso Bakar Pak Man pun akhirnya berekspansi.

Dengan dibukanya cabang yang baru, Pak Suparman memudahkan para pecinta bakso untuk membeli hidangan baksonya. Cabang kedua ini berada di jalan Borobudur, berada di Ruko Suhat Kavling 8 – Kota Malang.

Dengan adanya cabang yang baru ini, pecinta Bakso Bakar Pak Man bisa membeli tanpa perlu menunggu berlama-lama lagi.

Bakso Bakar Pak Man Borobudur Ruko Soe, Jl. Soekarno Hatta Malang @ANSRMD
Bakso Bakar Pak Man cabang Borobudur Ruko Soe, Jl. Soekarno Hatta Malang (Twitter/@ANSRMD)

 

Jam Buka Dan Tutup

Bakso Bakar Pak Man di lokasi jalan Diponegoro mulai buka pukul 9 pagi hingga pukul 9 malam. Memang sih, tempat bakso bakar Pak Man ini tergolong sederhana. Namun, yang membuat orang-orang bersedia datang kembali adalah karena rasanya yang enak. Selain enak, rasa yang disajikan pun tidak berubah dari waktu ke waktu. Sehingga membuat pelanggan semakin setia dengan bakso Pak Man ini.

Karena tempatnya yang sederhana, nyatanya hal ini menjadikan kedai Bakso Bakar Pak Man semakin terasa nuansa jadoelnya.

Selain karena alasan rasa, ada yang spesial dari kedai Bakso Bakar Pak Man ini, yaitu memiliki sistim prasmanan. Pembeli bisa mengambil menunya sendiri dan membayar setelah selesai makan. Khusus untuk bakso bakar, pembeli tidak bisa mengambil sendiri karena memang harus dibakar terlebih dahulu.

 

Menu Lain Kedai Bakso Bakar Pak Man

Menu Bakso Bakar Pak Man Malang
Menu bakso bakar Pak Man Malang (Twitter/@dut_duta_)

Kedai Bakso Bakar Pak Man tidak hanya menjual menu bakso bakar saja. Ada pula bakso rebus seperti jenis bakso pada umumnya. Untuk masalah tekstur dan isian, ada bakso kasar dan bakso halus. Ada tahu goreng, bihun, siomay, juga gorengan. Untuk level pedasnya, pembeli bisa request mulai dari pedas biasa, sedang, dan tidak pedas. Tingkat kepedasan ini dibedakan menjadi 5 level, yaitu mulai dari level 1 hingga level 5.

 

Harga Bakso Bakar Pak Man

Kalau kamu kira harga menu bakso ini tidak terjangkau, tenang, Bakso Bakar Pak Man ini masih dipatok di harga standar dan terjangkau. Harga bakso bakar ini bisa kamu hitung sendiri di harga satuan. Untuk masing-masing harganya, mulai dari bakso bakar, bakso rebus, tahu rebus, siomay, dan gorengan harganya Rp 3.000 per buah. Sementara untuk kuah dan bihunnya gratis alias tidak ikut hitungan.

Para pelanggan biasanya memesan satu porsi berisi 10 biji bakso bakar. Jadi, untuk seporsi bakso bakar bisa kamu nikmati dengan membayar Rp 30.000 saja.

 

Itulah sedikit ulasan tentang Bakso Bakar Pak Man yang legendaris di kota Malang. Sekedar kamu tahu, pelanggan setia Bakso Bakar Pak Man ini bukan dari warga Malang saja. Pelanggan yang datang juga berasal dari berbagai daerah. Jadi, jangan heran jika ada kendaraan ber-plat luar daerah jika makan di sini.

Jika kamu sedang berkunjung ke kota Malang, jangan lupa untuk mampir dulu ke kedai Bakso Bakar Pak Man. Kamu bisa langsung mendatangi lokasi di alamat yang sudah disebut diatas, ya, sobat!

(Safira/Mlg)

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *