oleh

Batu Love Garden, Destinasi Wisata Penuh Bunga di Kota Batu Malang

Heydayat.com – Mengunjungi Kota Malang belum lengkap rasanya jika tak mampir sejenak ke Kota Batu. Sudah bukan rahasia lagi, Kota Batu memang terkenal sebagai kota yang kaya akan tempat wisata edukasi. Hingga sebagian besar masyarakat sekitar mengklaim Kota Batu sebagai Kota Wisata. Nah, salah satu destinasi wisata teranyar di Kota Batu adalah Batu Love Garder.

Batu Love Garden alias BALOGA merupakan salah satu cabang wisata milik Jatim Park Group dengan luas 7 hektar. Oleh karena itu banyak pengunjung yang menyebut BALOGA sebagai Jatim Park 4. BALOGA resmi terbuka untuk umum sejak 19 Desember 2020 lalu.

BALOGA mempunyai konsep tempat wisata dengan menyajikan 600 jenis tanaman, hampir mirip dengan Montreal Botanical Garden yang berada di Kanada. Baloga berkonsep lebih modern, dengan spot-spot foto yang instagramable dan banyak wahana edukasi lainnya yang cocok sebagai arena  bermain.

 

Daya Tarik Batu Love Garden

Berikut ini daya tarik Batu Love Garden yang perlu Kamu ketahui sebelum berkunjung ke sini, seperti :

 

Pemandangan Yang Menawan

Bubble Tend atau Tenda Gelembung Batu Love Garden
Bubble Tend atau Tenda Gelembung Batu Love Garden (Instagram/@balogaofficial)

Saat pertama kali tiba di depan BALOGA, kamu akan melihat gapura berbentuk hati berbalut bunga-bunga. Di BALOGA, terdapat area indoor dan outdoor yang penuh tanaman bunga, baik asli maupun replika. Tak hanya itu, disini kamu juga akan menemukan aneka buah-buahan. Tentu saja kesan pertama kali tiba adalah asri, sejuk dan menarik. Apalagi wisatawan yang berkunjung juga bisa melihat latar Gunung Arjuno ketika cuaca cerah.

Untuk wahana indoor, kamu dapat menikmati indahnya tanaman replika. Sementara wahana outdoor menyajikan tanaman bunga dengan berbagai bentuk unik yang dapat menjadi background foto. Perlu Kamu ketahui, 30% tanaman bunga yang terdapat di BALOGA berasal dari luar negeri, salah satunya bunga petunia dari Amerika Serikat.

 

Banyak Pilihan Spot Foto Yang Instagramable

Tiruan Rumah Jepang di Batu Love Garden
Replika Rumah Jepang di Batu Love Garden (Instagram/@balogaofficial)

Daya tarik Batu Love Garden lainnya adalah banyak spot berswafoto yang sangat instagramable. Hampir setiap zona yang terdapat disini cocok sebagai background foto. Mulai dari bangunan ala Jepang, rumah kupu-kupu, walang green house dan beberapa spot lain yang tidak kalah unik dan menarik.

Berikut beberapa zona wisata yang dapat kamu kunjungi di Batu Love Garden :

1. Zona Fresh Flowers

Zona Fresh Flower Batu Love Garden Batu Malang
Zona Fresh Flower Batu Love Garden Batu-Malang (Instagram/@balogaofficial)

Sesuai dengan namanya, Zona Fresh Flower menyuguhkan tanaman hidup yang warna-warni. Tim pengembang Batu Love Garden meletakkan bunga-bunga tersebut di dalam pot-pot kecil, kemudian menatanya di dalam rangka dengan bentuk yang unik. Sehingga cocok kamu gunakan sebagai latar belakang berswafoto.

2. Zona Tropical Fruits

Zona Tropical Fruits Batu Love Garden
Zona Tropical Fruits Batu Love Garden (Instagram/@balogaofficial)

Ketika memasuki zona ini, pengunjung yang datang dapat melihat berbagai jenis tanaman buah-buahan tropis. Disini juga menyediakan persewaan sepeda listrik yang dapat kamu manfaatkan untuk berkeliling melihat-lihat spot lain. Cukup membayar dengan biaya Rp 100.000 – Rp 200.000 saja untuk 3 jam.

3. Walang Green House

Walang Green House Batu Love Garden
Walang Green House Batu Love Garden. Green House raksasa yang menyimpan ragam tanaman mulai dari jenis karnivora seperti Kantung Semar hingga jenis-jenis kaktus berukuran besar (Instagram/@balogaofficial)

Zona ini merupakan greenhouse raksasa yang berbentuk seperti belalang. Ketika memasuki area ini, kamu akan melihat berbagai jenis koleksi tanaman, mulai dari kaktus, dan juga tanaman karnivora. Berfoto di area ini juga tidak kalah cantik hasilnya.

4. Zona Dried Flower

Zona Dried Flower Batu Love Garden
Zona Dried Flowers atau bunga yang dikeringkan atau dihilangkan kadar airnya (Instagram/@balogaofficial)

Sesuai dengan namanya, disini kamu akan melihat rangkaian bunga-bunga kering yang rapi, cantik dan estetik. Bahkan beberapa bunga kering mungkin belum pernah kamu temui sebelumnya.

5. Cafe De’Orchid / Dendrobium Orchid

Cafe De Orchid atau Terrace Cafe Batu Love Garden
Cafe De Orchid atau Terrace Cafe Batu Love Garden (Instagram/@balogaofficial)

Bagi pecinta tanaman anggrek pasti akan merasa bahagia sekali ketika memasuki zona ini. Anggap saja lokasi ini sebagai surganya para pecinta anggrek. Sebab disini tersedia banyak jenis bunga anggrek. Menariknya, kamu dapat membawa pulang bunga anggrek favorit.

6. Begonia Green House

Begonia Green House Batu Love Garden
Begonia Green House Batu Love Garden (Instagram/@balogaofficial)

Begonia Green House adalah zona dimana kamu bisa menengok berbagai jenis tanaman gantung. Selain itu, kamu juga bisa bersantai sejenak bersama keluarga atau pasangan di tempat ini. Sudah ada beberapa kursi yang bisa digunakan untuk bersantai menikmati zona atau sekedar beristirahat.

7. Zona Hidroponik dan Aquaponik

Zona Hidroponic-Aquaponic Batu Love Garden
Zona Hidroponik-Aquaponik Batu Love Garden (Instagram/@balogaofficial)

Di zona ini kamu dapat belajar tentang hidroponik, aquaponik hingga aquaculture. Ada beragam jenis sayuran hidroponik yang dapat kamu amati dan temukan disini, mulai dari cabai, sawi, selada dan lain-lain. Dengan belajar langsung dari sumbernya, tentu akan lebih menyenangkan, bukan?

8. Ruang Praktikum

Jenis tanaman Bromelia di Zona Green House BALOGA
Zona Green House dengan jenis tanaman Bromelia di dalamnya (Instagram/@balogaofficial)

Ini dia yang membuat Batu Love Garden berbeda dari destinasi wisata lainnya. Disini kamu dapat belajar sekaligus praktik secara langsung. Area ruang pratikum berada di rumah kupu-kupu, dimana terdapat ruang kelas/pelatihan yang mampu menampung sebanyak 45 orang.

Di ruang kelas praktikum ini, pengunjung akan mendapatkan pelatihan tentang :

  • Cara menanam hidroponik
  • Cara budidaya jamur
  • Cara membuat tanaman bonsai
  • Cara menanam menggunakan teknik stek, cangkok dan okulasi
  • Pelatihan membuat aquascape
  • Kelas merangkai bunga
  • Cara budidaya tanaman anggrek
  • Kegiatan edukasi tentang kultur jaringan dan masih banyak lagi.

 

Fasilitas Di Batu Love Garden

Tak hanya beberapa zona di atas, masih banyak fasilitas umum lain yang dapat kamu nikmati ketika berkunjung ke Batu Love Garden. Sebagai tempat wisata edukasi keluarga, tentu saja disini juga tersedia wahana bermain. Misalnya playground, taman kelinci, naik unta atau kereta mobil yang cukup seru.

Wahana Permainan Di Batu Love Garden
Wahana kereta mobil Batu Love Garden (Instagram/@balogaofficial)

Perlu mengunggah beberapa foto tapi sedang minim kuota? Jangan khawatir! Di Batu Love Garden juga bebas mengakses WiFi loh! Disini juga terdapat rest area dan gazebo untuk rehat sejenak setelah lelah mengitari taman bunga seluas 7 hektar. Kurang-lebih butuh waktu 4 jam berkeliling di Batu Love Garden. Namun lelah mengitari Batu Love Garden terbayar dengan puasnya menikmati aneka tanaman dan bunga.

 

Rute Menuju Lokasi

Destinasi wisata Batu Love Garden berada di Jalan Pandanrejo No. 91, Kecamatan Bumiaji, Kota Batu – Jawa Timur. Lokasinya tidak terlalu jauh dari Alun-alun Kota Batu. Hanya butuh sekitar 14 menit jika ditempuh dari pusat Kota Batu.

Jika Kamu datang dari Surabaya, sebaiknya keluar pintu tol Singosari-Karanglo. Kurang-lebih 30 menit perjalanan ke arah barat, kamu akan memasuki wilayah kecamatan Bumiaji. Selanjutnya kamu akan melihat gapura bunga sebagai penanda memasuki area Batu Love Garden.

 

Harga Tiket Masuk dan Jam Operasional

Untuk harga tiket masuk ke BALOGA terdapat dua jenis tiket, yaitu weekdays dan weekends. Jika kamu berkunjung pada saat weekdays (Senin-Kamis), maka hanya perlu mengeluarkan biaya Rp 60.000/orang. Sedangkan harga tiket weekends (Jumat-Minggu atau hari libur nasional), harganya sebesar Rp 90.000/orang.

Jam operasional Batu Love Garden mulai dari jam 08.30 sampai 16.30 WIB. Karena area wisatanya cukup luas, pastikan kamu datang tidak terlalu siang atau menjelang jam tutup, ya. Agar dapat lebih leluasa menikmati setiap detail keindahan taman bunga di Batu Love Garden.

Sudah tertarik dengan BALOGA? Tunggu apa lagi? Ayo, rencanakan liburan kamu ke Batu Love Garden bersama keluarga atau pasangan!

(Putri/Mlg)

Tentang Penulis : Admin Heydayat

Gambar Gravatar
Haydayat.com adalah situs berbagi informasi dan ulasan seputar tempat dan aktivitas menarik. Admin adalah pengguna yang menerbitkan artikel yang ditulis oleh kontributor non-user. Tertarik mengirim tulisan? Silahkan kunjungi halaman Karir kami! Salam hangat. Have a nice day at ... ! 😉

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

News Feed