oleh

Berbagai aktivitas seru yang bisa dilakukan di malam tahun baru

Heydayat.com – Pergantian tahun adalah peristiwa unik nan spesial bagi kebanyakan orang, sebab momennya hanya terjadi sekali dalam setahun. Berbeda dengan perayaan lainnya, seperti hari raya keagamaan ataupun peringatan lainnya, perayaan tahun baru terasa lebih berkesan sebab momen ini bisa dirayakan oleh seluruh umat di seluruh dunia tanpa terkecuali. Karena keistimewaannya inilah mengapa malam pergantian tahun selalu dimanfaatkan orang-orang di seluruh belahan bumi untuk berbagai aktivitas, tak terkecuali di Indonesia.

Sebenarnya, apa sih tujuan orang-orang berinisiatif merayakan malam pergantian tahun? Apalagi kalau bukan untuk menciptakan kenangan manis di akhir tahun, atau hanya sekedar menghabiskan waktu dan bersenang-senang, karena toh besoknya adalah hari libur nasional. Hehe

Sementara itu, karena kesibukan yang dimiliki, beberapa orang belum sempat memikirkan apa yang bisa dilakukan untuk menikmati malam tahun baru? Berikut kami sarankan beberapa aktivitas seru yang bisa kamu lakukan untuk mengisi malam pergantian tahun atau malam tahun baru :

1. Menyaksikan Pesta Kembang Api

Mengisi malam tahun baru dengan aktifitas seru
Merekam pertunjukan petasan dengan ponsel

Perayaan tahun baru identik dengan pesta kembang api. Di beberapa tempat wisata biasanya sengaja menyiapkan rangkaian penyulutan kembang api di waktu-waktu penutupan tahun atau tepatnya saat tengah malam. Hanya saja di beberapa daerah kini keberadaan pesta kembang api sudah mulai berkurang sebab aturan pemerintah daerah untuk membatasi penggunaan kembang api dan petasan secara berlebihan. Kalau kamu masih bingung akan mengisi waktu pergantian tahun dengan aktivitas apa, kamu bisa kunjungi kawasan yang biasa menjadi titik pesta kembang api di daerahmu. Jangan lupa ajak kerabat atau teman dekat saat hendak pergi. Kamu tentu tidak akan berdiam sendirian kan, sambil menunggu waktu sampai tengah malam?

2. Jalan-jalan ke pusat keramaian

Mengisi waktu di malam pergantian tahun atau malam tahun baru
Pusat keramaian di taman hiburan

Ajak setidaknya satu orang teman untuk jalan-jalan ke pusat keramaian. Di kota-kota besar biasanya pusat keramaian ada di taman-taman kota, area sekitar gedung pemerintahan atau taman hiburan. Sedangkan di kota-kota kecil pusat keramaian banyak dijumpai di alun-alun kota.

Kalau kamu mudah bosan berada di satu tempat, kamu bisa jalan-jalan keliling kota melihat-lihat kesibukan orang-orang di malam tahun baru. Sambil jalan-jalan kamu bisa mencari inspirasi, kira-kira apa ya resolusi untukmu di tahun yang adan datang nanti. hehe

3. Barbekyu atau bakar-bakar di luar rumah

Barbekyu saat malam
Barbekyu

Makan-makan berbagai jenis ikan dalam kondisi hangat pasti sangat mengenakkan. Apalagi memasaknya dilakukan di luar ruangan, pasti jadi aktivitas yang sangat menyenangkan. Terlebih lagi jika aktivitas ini dilakukan bersama teman, tetangga ataupun keluarga. Menunggu waktu hingga tengah malam adalah rentang waktu yang cukup lama dan melelahkan. Pasti membosankan jika waktu ini hanya dimanfaatkan untuk sekedar ngobrol dengan lawan bicara. Belum lagi urusan perut – lama-lama pasti akan terasa lapar kalau sudah berjam-jam menunggu. Oleh karenanya memasak makanan dengan cara dibakar (barbekyu) adalah kesibukan yang menyenangkan untuk dilakukan. Kesibukan kamu juga akan terbayar dengan menyantap makanan lezat yang masih dalam keadaan hangat.

Untuk memulai acara barbekyu, kamu cukup memulai inisiatif mengumpulkan uang patungan dari masing-masing teman atau tetangga. Uang ini kamu perlukan untuk keperluan belanja, mulai dari bahan-bahan makanan, arang kayu dan beberapa kebutuhan lainnya. Jangan lupa tentukan pembagian peran : Si Pemasak, Si Peracik Bumbu, Si Penghidang, Si Sibuk (hehe) – agar tercipta suasana yang lebih menarik. Menyalakan musik dengan pelan ditengah-tengah aktivitas ini juga tidak ada salahnya untuk mencairkan suasana.

4. Nonton Film

Menonton film atau TV
Menonton sambil tiduran

Kamu penyuka film atau Drama? Menonton film di malam pergantian tahun bukanlah pilihan buruk. Selagi itu menyenangkanmu, kenapa harus merasa iri dengan mereka yang beratifitas di luar rumah? Toh belum tentu mereka yang di luar sana mendapat kesenangan yang mereka butuhkan.

Agar menonton film kali ini berbeda dengan hari-hari biasanya, cobalah menonton film dengan kategori diluar kebiasaanmu. Jika kamu penggemar drama Korea, kali ini cobalah untuk menonton film bertema sejarah atau survival. Atau sebaliknya, Jika kamu menyukai film-film bertema petualangan, cobalah untuk memutar film bertema romantis. Dari situ mungkin ada “sesuatu” yang mencerahkan bagimu, “sesuatu” yang mungkin belum kamu pikirkan. Dengan begitu, dengan sendirinya resolusi tahun barumu akan bermunculan di pikiranmu. Selamat mencoba!

5. Menyewa tempat penginapan di kawasan wisata terdekat

Tidak semua orang menyukai keramain. Mungkin kamu adalah salah satunya. Jika iya, maka menyewa tempat penginapan baik berupa hotel maupun vila adalah pilihan yang mantap.

Biasanya vila terletak di daerah daratan tinggi dan keberadaannya pun juga tidak terlalu jauh dari keramaian. Kamu bisa menikmati kemeriahan pesta tahun baru dari kejauhan sambil menikmati teh di teras vila yang kamu sewa. Dari tempat kamu duduk, kamu masih bisa melihat gemerlap pesta kembang api di kejauhan, dan tentunya masih dalam kondisi tenang yang bisa kamu rasakan.

Kamu bisa quality-time dengan keluarga, pasangan ataupun dengan dirimu sendiri. Disaat ini mungkin kamu bisa menyelesaikan membaca buku-buku yang selama ini belum kamu selesaikan atau mengerjakan tugas-tugas yang selama ini sering kamu tunda.

Menyewa tempat penginapan
Perempuan menikmati suasana malam melalui jendela

6. Berkemah atau melakukan pendakian

Melakukan pendakian bersama teman dan istirahat saat mendaki
Pendakian di saat senja

Bukan lagi peristiwa baru jika libur tahun baru akan banyak dimanfaatkan kalangan muda khususnya pecinta alam untuk melakukan pendakian. Jika di poin sebelumnya disebutkan bahwa menyewa tempat penginapan adalah pilihan bagus bagi kamu yang tidak menyukai keramaian, maka untuk poin kali ini, jangan harap kamu dapat benar-benar menikmati keheningan yang kamu dambakan dengan melakukan pendakian dan berkemah.

Bagaimana tidak? Sudah umum diketahui jika jumlah pendaki di berbagai gunung mengalami peningkatan di saat menjelang libur tahun baru. Dengan banyaknya jumlah pendaki inilah, maka berkemah di atas gunung mungkin suasananya tidak jauh berbeda dengan kemeriahan di asrama putri. hihihi

Namun, meski demikian, poin ini sangat berguna bagi kamu yang menyukai aktivitas olahraga dan petualangan atau kamu yang ingin merasakan pengalaman baru. Mengisi malam pergantian tahun dengan melakukan pendakian akan memunculkan kesan tersendiri. Disaat kamu mulai membandingkan enaknya mereka yang menghangatkan badan di depan bara sambil menikmati barbekyu, sedangkan kamu masih harus bersusah payah – berkeringat menuju camp ground dengan berjalan kaki. Berdirinya tenda adalah tanda seolah kamu sedang mengibarkan bendera kemenangan di tengah-tengah medan perang. Hahaha

Bagi kamu yang sudah berkeluarga dan memiliki anak, berkemah di kawasan kemah ceria adalah pilihan yang bisa kamu pertimbangkan. Tidak perlu melakukan perjalanan berat seperti pedakian. Kamu cukup mendirikan tenda di area yang sudah disiapkan, jaraknya tidak jauh dari tempat kamu memarkirkan kendaraan. Setelah tenda siap, kamu bisa memasak beberapa makanan yang sudah kamu siapkan sebelumnya dengan peralatan outdoor yang kamu punya/sewa.

7. Berburu diskon akhir tahun

Memilih dan membeli baju di mall
Memilih pakaian

Berita gembira bagi kamu yang suka berburu barang-barang diskonan! Bagi kamu yang tinggal di kota besar, tak jarang kamu akan jumpai diskon akhir tahun di pusat-pusat perbelanjaan terdekat. Bagi kamu yang menganggap kesenangan hiburan di malam tahun baru sudah terlalu mainstream, kamu bisa memanfaatkan momen tahun baru untuk berbelanja barang-barang yang kamu butuhkan. Mulai dari perabot rumah tangga, pakaian, elektronik, hingga aksesoris, jika beruntung kamu akan mendapatkan harga yang jauh lebih murah ketimbang di hari-hari biasa. Jadi, siapkan kakimu untuk bercapek ria keliling pusat perbelanjaan?

 

Sejatinya, malam pergantian tahun adalah malam yang istimewa. Namun, walaupun demikian, seistimewa apapun itu, kamu tidak perlu memaksakan diri untuk menghabiskan waktu di luar rumah. Jika “tetap berada di rumah” adalah pilihan yang kamu punya, itu juga bukan hal yang harus kamu sesali. Mengisi waktu pergantian tahun tidak harus dengan mengikuti keriuhan kota. Lagipula, menghabiskan waktu bersama keluarga di rumah adalah salah satu kemewahan yang tak tergantikan. Maka dari itu, bergembiralah, apapun aktivitasmu di malam tahun baru!

Tentang Penulis : Hidayat

Gambar Gravatar
Menyukai aktivitas luar ruangan & tertarik dengan berbagai jenis informasi, khususnya teknologi & olahraga | Menulis untuk berbagi pengalaman, menyalurkan minat dan dokumentasi.

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

News Feed