oleh

Bika Ambon Medan, Oleh-oleh Yang Tak Boleh Dilewatkan

Heydayat.com – Pergi liburan atau sedang berkunjung ke suatu tempat? Pasti ada yang “kurang” kalau pulangnya tak membeli apa-apa. Ya, setidaknya buah tangan untuk keluarga harus tetap kita bawa. Meski ada yang lebih suka membeli barang-barang unik seperti gantungan kunci, pakaian, dan sejenisnya. Namun, gak sedikit juga yang hobi berbelanja makanan atau minuman untuk dijadikan ‘buah tangan’ mereka. Kamu salah satunya?

Ngomongin buah tangan atau oleh-oleh, ada banyak kota di Indonesia yang bisa kamu kunjungi dan pasti memiliki ciri khas kuliner masing-masing. Salah satunya adalah kota Medan.

Kota Medan merupakan ibu kota dari provinsi Sumatra Utara. Di kota ini tersedia banyak produk kuliner yang cocok kamu jadikan buah tangan atau oleh-oleh untuk orang-orang terdekat. Dari sekian banyak makanan, ada kue lezat yang bisa menjadi pilihan saat kamu berkunjung ke Medan, yaitu Bika Ambon.

 

Seputar Bika Ambon

Kue Bika Ambon Medan
Kue bika ambon Medan (Instagram/@befondcake)

Bika Ambon adalah jenis kue yang memiliki warna dasar kuning keemasan. Memiliki tekstur kenyal dan permukaan yang berpori-pori, kue ini terbuat dari campuran tepung roti, telur dan beberapa bahan lainnya. Campuran bahan lainnya yang bisa menambah keunikan rasanya adalah daun jeruk dan kunyit.

Wangi dari berbagai bumbu yang jarang dipakai untuk membuat kue, membuat kue bika ini jadi memiliki ciri dan rasa tersendiri. Tentu rasa spesialnya sangat digemari banyak wisatawan, baik lokal maupun luar kota. Pokoknya, kalau belum pernah mencoba bahkan melihatnya secara langsung, kamu wajib banget deh segera membeli dan mencicipi kue ini.

 

Bika Ambon Bukan Dari Ambon

Awalnya banyak yang mengira kalau kue ini berasal dari kota Ambon. Kamu pasti tahu, kenapa. Ya, jelas karena nama uniknya, yaitu “Bika Ambon”. Tapi ternyata bukan, loh. Bika ambon adalah kuliner khas dan asli dari kota Medan.

Banyak kisah berbeda yang beredar terkait sejarah mengapa kue ini dinamakan bika ambon. Ada yang mengatakan kalau bika ambon merupakan kuliner peninggalan dari bangsa penjajah Portugis yang pernah ada di Medan. Ada juga cerita yang mengatakan bahwa bika ambon adalah makanan asli orang suku Melayu. Bika artinya kue atau juga sering disebut bingka.

 

Kenapa diikuti dengan kata Ambon?

Salah satu kisahnya menceritakan bahwa dulu ada salah satu masyarakat Medan yang menjual kue bika ini. Dan kuenya ini terkenal sangat lezat di kota Medan. Saking lezatnya, kue ini akhirnya dikenal oleh banyak masyarakat Medan. Bertepatan pula, toko penjual kue bika tersebut berada di jalan bernama Ambon. Hingga muncullah istilah “Bika Ambon” seperti saat ini.

Kisah di balik kuliner unik satu ini gak sampai di situ saja. Ada versi lain lagi yang gak kalah menarik, yaitu katanya dulu ada seseorang yang berasal dari kota Ambon datang ke kota Medan dengan membawa dan menjual kue yang sekarang dikenal dengan nama bika ambon ini.

Lalu, dia menetap di kota Medan dan tidak kembali lagi ke kota Ambon. Kemudian, orang itu menyebut kue yang dijualnya dengan sebutan bika ambon atau kue dari Ambon.

Kue Bika Zulaikha Medan
Kue Bika Zulaikha Medan (Instagram/@zulaikhabikaambonn)

Nah, dari beragam kisah di atas, hingga sekarang masih belum pasti kisah mana yang paling tepat. Namun, justru di situ menariknya. Gak cuma dari namanya saja, sejarah dari kue ini pun akhirnya menjadi salah satu daya tarik tersendiri.

 

Bika Ambon Medan

Untuk mendapatkan kue yang satu ini sangatlah mudah di kota Medan. Hampir seluruh toko kue di Medan pasti menyediakan kue bika ambon. Namun, meskipun penampakannya sama, untuk kualitas dan rasa gak bisa disamakan semua. Kamu juga harus pandai memilih tempat yang tepat untuk membeli kue lezat yang yang satu ini.

Salah satu rekomendasi tempat yang sering dijadikan rujukan wisatawan maupun masyarakat Medan untuk membeli oleh-oleh khas Medan adalah toko Bika Ambon Zulaikha. Letaknya ada di Jalan Mojopahit, no. 70 A-C, Petisah Tengah, Kecamatan Medan Petisah, Kota Medan.

Toko Bika Ambon Zulaikha Kota Medan
Toko Bika Ambon Zulaikha Kota Medan (Instagram/@zulaikhabikaambonn)

Ada berbagai pilihan ukuran dan beberapa varian rasa yang bisa kamu pilih. Mulai dari original, pandan, hingga durian. Kamu juga bisa memesannya secara online melalui market place atau aplikasi perpesanan.

 

Harga Bika Ambon Medan

Kisaran harga Bika Ambon Zulaikha ini dihargai mulai dari 58 ribuan hingga 120 ribuan, tergantung ukuran dan varian rasa.

Selain menjual bika ambon, toko Bika Ambon Zulaikha juga menjual beberapa produk makanan lainnya seperti brownies dan kue basah lainnya.

Pilihan Kue Toko Bika Ambon Zulaikha
Pilihan kue di toko Bika Ambon Zulaikha (Instagram/@zulaikhabikaambonn)

Tak cuma membuka 1 toko saja, Bika Ambon Zulaikha juga dijual di beberapa toko cabang lainnya seperti di Jl. Cemara, ruko The Great Arcade No. 18, kemudian di Jl. Karya Wisata Blok 3, No. 11, dan di Jl. Gagak Hitam Ringroad, simpang Jl. Tempua Blok A No. 4-5.

 

Bagaimana? Tertarik untuk mencoba kue khas dari kota Medan ini? Atau kamu berniat membawanya pulang sebagai oleh-oleh setelah liburan? Yuk, beli aja ke tokonya!

(Sundari/SmU)

Tentang Penulis : Admin Heydayat

Gambar Gravatar
Haydayat.com adalah situs berbagi informasi dan ulasan seputar tempat dan aktivitas menarik. Admin adalah pengguna yang menerbitkan artikel yang ditulis oleh kontributor non-user. Tertarik mengirim tulisan? Silahkan kunjungi halaman Karir kami! Salam hangat. Have a nice day at ... ! 😉

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

News Feed