oleh

Bromo Surya Indah, Penginapan Strategis Dengan Pemandangan Hijau

Heydayat.com – Liburan ke Bromo serasa kurang lengkap kalau tidak menginap. Bagi penikmat wisata Gunung Bromo, pasti butuh penginapan untuk istirahat. Selain untuk mengisi tenaga kembali, menginap juga berguna untuk manajemen waktu.

Kalau ke Bromo, kebanyakan dari kita pasti suka dengan penginapan yang punya pemandangan bagus. Apalagi kalau tempatnya dekat dengan lokasi tujuan, yaitu Gunung Bromo.

Jika kamu berencana ke Gunung Bromo dan bingung mencari penginapan yang strategis, ada nih satu rekomendasi. Selain punya view bagus, tempat menginap ini juga bisa kamu pertimbangkan kalau sedang ingin staycation di kawasan dataran tinggi.

 

Bromo Surya Indah Guest House

Pemandangan Dari Penginapan Bromo Wonokitri Pasuruan
Kamar dan pemandangan dari lantai dua (Heydayat.com – Hidayat)

Bromo Surya Indah adalah penginapan yang mirip-mirip dengan homestay. Penampakannya seperti sebuah rumah, tapi di dalamnya terdapat kamar-kamar yang bisa kamu sewa.

Penginapan ini adalah salah satu yang terbaik jika kamu akan ke Bromo via Pasuruan. Alasannya karena lokasinya yang strategis, punya pemandangan bagus, dan yang pasti harganya terjangkau alias murah.

Jumlah kamarnya ada banyak. Kamu juga bisa menikmati pemandangan bukit dan ladang pertanian dari teras atau balkon bagian belakang.

 

Lokasi

Penginapan Bromo Surya Indah tampak depan
Penginapan Bromo Surya Indah tampak depan (Heydayat.com – Hidayat)

Lokasi penginapan ini ada di Desa Winokitri, Kecamatan Tosari, Pasuruan, Jawa Timur. Tempatnya sangat mencolok dan mudah ditemukan jika kamu mengikuti petunjuk jalan.

 

Strategis Dan Menarik

Penginapan ini lokasinya di rest area Tosari, Wonokitri, Pasuruan, Jawa Timur. Tempat ini biasa digunakan sebagai titik penjemputan bagi wisatawan yang akan menyewa jeep. Lokasi ini juga dijadikan lokasi parkir sementara bagi kendaraan umum.

Yang membuat menarik, dilihat dari sisi penginapan, kamu bisa melihat pemandangan warung-warung makan dan jalan besar akses pulang-pergi kendaraan wisatawan.

Di sisi lainnya, ada pemandangan bukit-bukit hijau dan jalan raya – arah kamu datang.

Di bagian depan, ada sebuah pendopo besar bernama Pendopo Agung Panca Manggala Gatra Nagara Wonokitri. Pendopo ini merupakan salah satu ikon wisata Bromo jika datang dari arah Tosari, Pasuruan.

 

Jumlah Kamar

Lorong Kamar Penginapan Bromo Surya Indah Wonokitri
Lorong atau jalan menuju kamar (Heydayat.com – Hidayat)

Dari sisi interior, penginapan ini setidaknya punya 8 kamar dan masing-masing kamar terdapat 1 bed ukuran “king size”. Bed atau sofa tidur ini bisa dipakai untuk 2 sampai 3 orang loh.

Penampakan di dalam ruangan sangat bersih dan nyaman. Hanya saja, yang kurang dari tempat menginap ini adalah tidak disediakan peralatan memasak dan sejenisnya. Tapi tenang saja, di sini sudah ada semacam kantin atau ruang makan untuk para penyewa kok.

Yang unik adalah, biasanya penyewa akan mendapat 2 porsi makanan gratis untuk sarapan (breakfast). Kalau kamu menyewa jeep untuk trip Bromo di pagi hari, sarapan akan diantar antara jam 11 sampai 12 siang. Atau kalau tidak, kamu bisa request di jam berapapun asal makanan sudah siap.

 

Fasilitas

Bed King Size Atau Kasur Ukuran Besar Penginapan Bromo Surya Indah Pasuruan
Bed king size bisa untuk bertiga (Heydayat.com – Hidayat)

Untuk fasilitasnya, penginapan dipisah antara kamar dengan kamar mandi dalam dan yang menggunakan kamar mandi luar. Perbedaan ini membuat harga keduanya berbeda, selisih Rp 50.000 saja.

Kamar mandinya sudah dilengkapi dengan water heater. Jadi tak usah takut kedinginan saat mandi pagi atau malam hari.

Kamu juga akan disediakan breakfast sebanyak 2 porsi untuk tiap 1 kamar. Jika breakfast atau sarapan tidak kunjung diantar, kamu bisa memintanya di ruang makan atau ruang tamu yang ada di lantai bawah.

Sementara untuk kekurangannya sendiri, kamar yang disediakan memang tidak cukup luas. Yang jadi masalah adalah space untuk salat terbatas. Hanya bisa dipakai untuk salat sendirian, tidak untuk salat berjamaah.

 

Harga Sewa

Teras Tempat Pot Bunga
Teras tempat pot bunga (Heydayat.com – Hidayat)

Harga sewa penginapan Bromo Surya Indah hanya Rp 200.000 per kamar untuk semalam. Sangat terjangkau untuk penginapan dengan lokasi strategis dan punya pemandangan bagus.

Jika di hari biasa, harganya akan cenderung murah. Sedang di waktu high season atau musim liburan, harga sewa akan lebih mahal.

Karena terkenal murah dan nyaman ini, tempat ini juga jadi andalan para backpacker atau traveler dari jauh. Beberapa traveler lokal mungkin akan merekomendasikan untuk menginap di tempat ini. Mungkin dari situ pula, kenapa tempat ini juga disebut dengan “guest house”.

 

Bisa Sewa Jeep

Selain menyediakan tempat menginap, Bromo Surya Indah juga menyediakan jasa tour jeep untuk ke Gunung Bromo dan spot wisata sekitarnya.

Sebenarnya bukan dari guest house-nya sendiri, tapi dari para promotor atau calo yang ikut menawarkan jasa penyewa jeep yang ia kenal.

Harga sewa jeepnya adalah Rp 650.000, dengan kapasitas 6 penumpang. Harga ini exclude biaya tiket masuk pengunjung. Kalau dihitung secara kasar, paket lengkapnya sekitar Rp 890.000 untuk 6 orang.

Paket sewa jeep ini terdiri dari 5 lokasi tujuan, yaitu : 1) Penanjakan (spot sunrise), 2) Bukit Widodaren, 3) Kawah Bromo, Gunung Bathok, & Pura Luhur Poten, 4) Padang Savana & Pasir Berbisik, dan 5) Bukit Teletubbies.

Trip jeep akan dimulai dari jam 03.00 dan berakhir jam 10.00 (kondisional, bisa lebih lama).

 

Tips

Berikut sedikit tips jika akan menyewa penginapan di Bromo, khususnya guest house Bromo Surya Indah.

Saat akan menyewa, usahakan agar menghubungi kontak pengelola penginapan langsung. Jika tidak, kamu akan dilayani oleh calo dan mendapat harga sewa yang lebih mahal.

Pemandangan Teras Balkon Lantai 2
Pemandangan dari teras balkon lantai 2 (Heydayat.com – Hidayat)

Umumnya, harga yang ditawarkan para calo adalah 50% lebih mahal. Misal, jika normalnya harga sewa penginapan Bromo Surya Indah adalah Rp 200.000 per malam. Maka, melalui calo dengan extra 50% harganya akan jadi Rp 300.000.

Perlu diperhatikan juga, waktu check-in adalah di atas jam 12.00 (siang). Dan waktu check-out maksimal jam 13.00.

Kalau kamu akan ke Gunung Bromo naik jeep, perkiraan waktunya adalah jam 3 dini hari berangkat, dan kembali ke guest house antara jam 12 siang. Saat sampai guest house, kamu punya waktu kurang-lebih 1 jam untuk persiapan check out.

Untuk detail info dan foto lainnya ada di halaman berikutnya.

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

NEWS FEED