oleh

Cari uang dari internet, inilah 4 Platform menjanjikan bagi pemula

Heydayat.com – Mencari penghasilan dari internet menjadi hobi kekinian generasi muda saat ini. Selain bisa dilakukan kapan saja tanpa terikat waktu, alasan kepraktisan juga menjadi sebab kenapa internet menjadi sumber pundi-pundi rupiah/dollar yang banyak diminati.

Kendati demikian, kian lama kini beberapa platform tempat menghasilkan uang ini menjadi sulit untuk dijalani. Youtube salah satunya, yang secara berkala memperbarui aturan mainnya untuk membatasi para youtuber menghasilkan dollar dari platformnya.

Namun jangan berputus asa, sebab masih ada platform lain yang masih menjanjikan penghasilan bagi kamu yang masih pemula dan ingin segera mendapat penghasilan dari internet. Berikut adalah 4 platform yang masih menjanjikan pendapatan yang menggiurkan bagi para pemula :

 

1. Blog

Jika kebanyakan orang beranggapan bahwa penghasilan Blogger berasal dari adsense, pernyataan tersebut ada benar namun juga ada tidak benarnya. Perlu diingat, adsense mengandalkan banyaknya jumlah pengunjung dan jumlah tayangan iklan atau klik iklan di situs blog kita. Sementara terdapat banyak sekali pemilik blog yang berbeda, yang masing-masing berjuang menjadi penampil nomor satu di halaman pencarian google.

Ada lebih banyak kemungkinan blog memiliki sedikit pengunjung. Dengan begitu, apakah mendapatkan uang dari blog masih masuk akal jika pengunjung blog kita terbilang sedikit? Jangankan untuk mendapat banyak tayangan dan klik iklan, lolos pengajuan adsense pun mungkin masih harus sering mengalami penolakan.

Lalu, darimana lagi penghasilan lain selain melalu adsense dari blog kita?

 

Cara mendapatkan uang dari Blog

Blog yang dikelola dengan baik tidak selalu mengandalkan sumber penghasilannya pada adsense. Blog dapat menghasilkan uang melalui sumber lainnya diantaranya melalui pemasangan backlink, banner, atau pemilik blog juga bisa menawarkan produk atau jasanya sendiri melalui blognya tersebut.

Menulis artikel blog

Selain beberapa sumber tadi, ada pula cara lain yang bisa dilakukan untuk mendapat uang dari blog.

Khusus bagi kamu yang pemula, menjadi kontributor blog atau penulis artikel adalah cara mudah yang bisa kamu usahakan. Kamu tidak perlu memiliki blog sendiri dan mengelolanya. Kamu cukup menjadi penulis artikel yang nantinya dipublikasikan melalui blog orang lain. Tidak sedikit orang/situs yang membuka kesempatan ini bagi mereka yang hobi menulis untuk berkontribusi pada blog mereka. Beberapa diantaranya bahkan tidak berniat menyewa kontributor namun akhirnya menggunakan jasa kontributor untuk blog mereka karena alasan sibuk atau ingin memperkaya tulisan di blognya.

Untuk cara ini, berikut saran yang perlu kamu lakukan dari sekarang.

Mulailah mengunjungi blog-blog tertentu yang mengangkat tema sesuai dengan kemampuanmu dalam menulis. Kirim beberapa pesan penawaran melalui kontak yang mereka cantumkan di halaman utama situs mereka. Biasanya jasa ini akan dibayar dengan 2 cara : kamu akan mendapat pembayaran untuk tiap satuan artikel yang dibuat, atau pembayaran dangan sistim kontrak.

 

2. Quora

Quora adalah platform yang memberikan imbalan dollar bagi penggunanya yang telah diundang menjadi Mitra Quora. Quora sendiri adalah platform tempat melakukan tanya-jawab bagi penggunanya, dan tujuan adanya jawaban ini adalah sebagai bahan rujukan yang dapat diakses oleh orang seluruh dunia melalui hasil pencarian di Google.

Mitra Quora mendapatkan imbalan dari pertanyaan yang ia ajukan dan jika pertanyaan tersebut mendapat jawaban. Jawaban dengan tayangan tinggi akan menghasilkan pendapatan yang tinggi pula.

Wawasan nilai pertanyaan Quora

 

Cara mendapatkan uang di Quora

Quora selama ini dikenal tidak pilih-pilih menunjuk penggunanya menjadi Mitra. Tidak ada kriteria atau tips-tips khusus bagaimana agar menjadi Mitra Quora.

Quora memberikan pembayaran atas nilai interaksi suatu pertanyaan yang dihitung selama 1 tahun. Artinya, nilai penghasilan tiap pertanyaan dari Mitra Quora akan mengalami perubahan atau pertumbuhan selama satu tahun. Nilai penghasilan ini berkembang mengikuti perkembangan interaksi pada pertanyaan tersebut, seperti jumlah jawaban, jumlah tinjauan, komentar dan pembagian (share).

Platform ini masih sangat menjanjikan bagi penggunanya sebab pertanyaan yang menghasilkan pendapatan tinggi biasanya berkaitan dengan istilah-istilah yang sedang populer, bukannya pertanyaan yang sarat intelektual – yang mungkin hanya kalangan tertentu saja yang akan berminat mencarinya di internet.

 

3. Youtube

Walaupun youtube membuat aturan yang seakan membatasi kuota bagi youtuber baru untuk berburu penghasilan, kini pemasaran atau model pengiklanan yang ada di platform ini sudah banyak berkembang. Youtuber baru tidak harus mengharapkan adsense sebagai sumber penghasilan utamanya, sebab banyak pemilik brand-brand produk terkenal ataupun pendatang baru yang tertarik untuk memasang iklan, bukan melalui iklan “Pop-in” melainkan dengan cara inplan ke dalam video si youtuber.

Iklan tanam dalam video Youtube (Youtube – ArtodiPro)

Jadi, meski akun kamu belum atau tidak disetujui adsense, sangat memungkinkan kamu mendapatkan tawaran pemasangan iklan tanam di dalam videomu. Kunci utamanya adalah “konten” dan “konsisten”, dimana konten yang dibuat benar-benar menarik dan bermutu, serta konsisten mengunggah video untuk masa waktu tertentu.

 

4. Instagram

Sangat jelas alasan mengapa media sosial jadi pilihan utama kebanyakan orang untuk dijadikan tempat melakukan bisnis. Sebab media sosial adalah sesuatu yang dibutuhkan manusia untuk berbagai keperluan sehari-hari.

Media sosial mencakup berbagai platform raksasa seperti Facebook, Twitter, Instagram, LinkedIn, Snapchat, dan banyak lagi. Tetapi jika kita mengira-ngira platform mana yang dirasa paling trending, maka Instagram adalah salah satu platform yang paling disukai, yang mengungguli platform media sosial lainnya.

Ikon Instagram dominan

Cara mendapatkan uang dari Instagram

Instagram memang tidak secara langsung memberikan penghasilan bagi penggunanya. Meski demikian, dengan memanfaatkan kepopulerannya dibandingkan media sosial lainnya, maka Instagram adalah tempat yang tepat digunakan untuk kegiatan berbagai jenis promosi atau membangun jaringan.

Cara yang banyak dilakukan untuk mendapatkan uang melalui Instagram diantaranya :

 

Melakukan promosi produk atau jasa

Instagram, keberadaannya kini lebih fleksibel untuk dimanfaatkan sebagai media promosi barang atau jasa. Sedikitnya, sekitar 80% pengguna perorangan di Instagram mengikuti setidaknya 1 akun bisnis disana.

Pemilik akun bisnis di Instagram bisa dengan mudah menawarkan produk atau jasa yang ia jual. Karena kecenderungan instagram sebagai media sosial yang dekat dengan penggunanya, sangat memungkinkan jika koleksi produk atau jasa yang sudah diunggah ditonton berulang kali oleh para pengikut.

Tidak hanya produk dan jasa, jika kamu menekuni hobi fotografi kamu juga bisa menjual foto melalui instagram. Untuk menjalankan bisnis jual-beli foto, berilah tanda air (watermark) pada foto untuk dipromosikan dan agar foto tidak sembarangan dicuri orang lain. Setelah mendapatkan pembeli, barulah mengirimkan foto asli ke pembeli.

 

Endorse

Endorse adalah melakukan promosi barang atau produk milik orang lain. Selain mendapatkan barang tersebut secara cuma-cuma, pengendorse juga dibayar untuk melakukannya.

Namun untuk kamu yang baru memiliki atau baru berencana membuat akun instagram, kamu memiliki banyak tugas sebelum bisa menjadi Endorser. Meningkatkan jumlah pengikut adalah tugas utama sebab pemilik produk tentu akan mempertimbangkan jumlah pengikut. Jumlah pengikut ini pengaruhnya pada efektif atau tidaknya promosi tersampaikan ke banyak orang dan kemungkinan pengikut tersebut membagikan konten ke orang lain.

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

News Feed