oleh

Wisata Ke Cirebon, Jangan Lupa Mampir Empal Gentong Haji Apud!

Heydayat.com – Jalan-jalan ke Cirebon pasti gak cuma menikmati tempat wisata aja. Kamu pasti juga menikmati berbagai kuliner lezatnya. Ngomongin kuliner, salah satu kuliner yang paling legendaris di Cirebon adalah Empal Gentong. Kurang lengkap deh wisatanya kalau datang ke Cirebon tapi belum makan empal gentong.

Salah satu restoran empal gentong yang bisa kamu kunjungi adalah Empal Gentong Haji Apud. Restoran ini sudah berdiri sejak tahun 1994, lho. Ternyata, ide jualan ini dimulai oleh bapaknya Haji Apud – yang dulunya berjualan empal gentong dengan cara keliling kota Cirebon.

Bapak dari Haji Apud ini dulunya berjualan dengan cara menghampiri pelanggan satu per satu. Berhenti di setiap area hijau dan kerumunan di kota. Kemudian, ia juga berjualan di area pinggir jalan Batembat.

Pada tahun 2002, bapaknya Haji Mahfudz atau yang dikenal dengan Haji Apud ini sudah tidak berjualan keliling lagi. Hingga kemudian empal gentong ini mulai dipegang oleh Haji Apud pada tahun 2009, tepat setelah pulang dari ibadah haji.

 

Kelezatan Empal Gentong

Empal Gentong Haji Apud Cirebon
Empal gentong Haji Apud Cirebon (Instagram/@empalgentonghajiapud)

Bagi yang belum pernah mencicipi empal gentong, mungkin sedikit bingung seperti apa makanannya. Apa iya cara makannya harus menggunakan gentong?

Gentong pada makanan empal gentong digunakan sebagai kuali atau panci untuk memasaknya. Salah satu kunci rahasia kelezatan empal gentong yakni semua dimasak jadi satu di dalam gentong. Kemudian bukan dimasak di atas kompor, melainkan menggunakan kayu bakar sebagai perapiannya.

Kuah empal gentong berwarna kuning dan bersantan. Mirip dengan kuah gulai tapi rasanya beda. Untuk isi empal gentong, biasanya daging sapi beserta jeroannya.

Makan Empal Gentong di Haji Apud, kamu tak perlu khawatir dengan tekstur juga rasanya! Untuk daging-dagingnya sudah dimasak sejak dini hari. Jadi, pasti empuk saat dimakan. Tidak lupa agar semakin lezat, taburi dulu dengan kucai dan bawang gorengnya.

Bagi yang suka pedas, biasanya di restoran atau rumah makan Empal Gentong Haji Apud ini disediakan bubuk cabai untuk perasa pedasnya. Jangan lupa supaya makin kenyang dan nikmat, pesan juga nasi hangat dan kerupuk kulitnya.

 

Empal Gentong Versus Empal Asem

Saat kamu mampir di restoran Empal Gentong Haji Apud, kamu pasti dihadapkan dengan dua pilihan. Antara empal gentong atau empal asem? Kira-kira kamu mau pilih yang mana?

Empal Asem Dan Empal Gentong
Empal asem dan empal gentong (Flickr.com)

Sebenarnya, baik empal gentong atau empal asem isiannya sama-sama daging sapi atau jeroan. Penyajiannya juga sama, yaitu ditaburi kucai dan bawang goreng. Yang membedakan keduanya adalah dari kuahnya. Pada empal gentong kuahnya kuning pekat dan bersantan. Sedangkan empal asem kuahnya tampak bening.

 

Perbedaan Empal Gentong & Empal Asem

Empal Asem Versus Empal Gentong
Empal asem versus empal gentong (Instagram/@empalgentonghajiapud)

Dari segi rasa, empal gentong memiliki cita rasa bumbu rempah yang sangat terasa. Kalau empal asem biasanya diberi potongan tomat dan rasanya lebih segar. Pada empal asem tidak menggunakan santan, melainkan oleh Haji Apud diganti dengan belimbing wuluh.

 

Empal Asem Haji Apud, Pilihan Menu Empal Agar Tidak Bosan

Empal Asem ini merupakan inovasi dari Bapaknya Haji Apud semasa berjualan di tahun 2002. Beliau berpikir, orang-orang cenderung akan bosan jika menyajikan empal gentong terus-menerus. Maka, beliau membuat inovasi dengan isian yang sama tapi memiliki cita rasa yang berbeda untuk menjadi alternatif pilihan pelanggannya.

Bagi yang menyukai cita rasa rempah, cocok untuk memilih hidangan empal gentong. Namun, jika kamu tipe penikmat yang menghindari santan, lagi diet atau lebih suka dengan rasa yang segar, kamu bisa memilih empal asem saja. Rasanya sama-sama nikmat kok.

Oh, iya. Selain empal gentong dan empal asem, di restoran milik Haji Apud ini kamu juga bisa memesan menu lainnya. Satu lagi menu unggulan yang ada di restoran ini yaitu sate kambing.

Empal Gentong Dan Sate Kambing Haji Apud Cirebon
Empal gentong dan sate kambing di rumah makan Haji Apud Cirebon (Instagram/@marcodevian)

 

Lokasi dan Cabang Empal Gentong Haji Apud

Papan Nama Rumah Makan Empal Gentong Haji Apud Cirebon
Papan nama rumah makan Empal Gentong Haji Apud Cirebon (Instagram/@rd.unggul)

Kelezatan Empal Gentong Haji Apud sudah tidak diragukan lagi. Setiap jalan yang ada restoran Empal Gentong Haji Apud, pasti areanya macet. Macetnya karena pelanggan berebut parkir untuk bisa menikmati hidangan ini. Pelanggan yang datang juga banyak yang datang dari luar daerah Cirebon.

Bagi kamu yang ingin liburan ke Cirebon, jangan lupa mampir di Empal Gentong Haji Apud. Sampai saat ini, rumah makan ini sudah memiliki tiga cabang :
Pertama di Jl. Ir. H. Juanda Batembat Cirebon.
Kedua, di komplek Pasar Batik Trusmi Jl. Otista Plered Cirebon.
Ketiga, ada di Jl. Tuparev no 43B Kota Cirebon.

 

Harga Empal Gentong Haji Apud

Suasana restoran atau rumah makan Empal Gentong Haji Apud Cirebon
Suasana restoran atau rumah makan Empal Gentong Haji Apud Cirebon (Instagram/@felcia_tourcirebon)

Untuk harga empal gentong, per porsinya yaitu di Rp 33.000 saja. Dengan berbekal uang Rp 33.000, kamu sudah bisa makan kenyang di Empal Gentong Haji Apud. Harga ini juga berlaku untuk menu empal asem dan sudah termasuk nasi dan es teh manis. Kalau kamu doyan makan, boleh deh pesan keduanya.

Itulah ulasan dari Empal Gentong Haji Apud di Cirebon yang rasanya istimewa. Kalau kamu sedang ada di Cirebon, jangan buru-buru pergi dulu, yaa!

Kamu yakin sudah mau beranjak dari Cirebon? Liburan tak lengkap jika belum mencicipi kelezatan Empal Gentong Khas Cirebon, lho!

Tentang Penulis : Admin Heydayat

Gambar Gravatar
Haydayat.com adalah situs berbagi informasi dan ulasan seputar tempat dan aktivitas menarik. Admin adalah pengguna yang menerbitkan artikel yang ditulis oleh kontributor non-user. Tertarik mengirim tulisan? Silahkan kunjungi halaman Karir kami! Salam hangat. Have a nice day at ... ! 😉

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

News Feed