oleh

Gule Kacang Ijo Ampel Surabaya, pernah coba?

Heydayat.com – Mengulik kuliner unik di Indonesia seperti tidak ada habisnya. Seperti yang satu ini, salah satu kuliner unik yang ada di Surabaya, “Gule Kacang Ijo” namanya.

Siapa sih yang gak tau sama hidangan gule? Gule adalah masakan berkuah dengan isian daging-dagingan, baik itu daging ikan, ayam, kambing, atau daging-daging lainnya. Gule merupakan hidangan kuah dengan bumbu rempah yang memiliki citarasa gurih.

 

Yang Unik Dari Gule Kacang Ijo

Sesuai dengan namanya, gule yang satu ini memang menambahkan kacang ijo atau kacang hijau ke dalam masakannya.

Jika kamu kira kacang ijo yang ditambahkan hanya dalam takaran ‘secukupnya’, namun kacang ijo yang ditambahkan ke dalam gule ini sangat banyak. Saking banyaknya, mungkin lebih cocok jika disebut dengan “Kacang Ijo Gule”. Hahaha

Lontong Gule Kacang Ijo
Gule kacang ijo (Heydayat.com – Elvi Nuraini)

Rasa gule yang satu ini terkesan aneh bagi kamu yang baru merasakannya untuk pertama kali. Ya, sesuai dengan namanya yang aneh sih.
Rasa dominan yang keluar adalah rasa asin. Selain rasa asin, tentu saja rasa kacang ijo yang cukup dominan terasa saat mengecap gule ini.

 

Cara Menikmati Gule Kacang Ijo

Memakan Gule Kacang Ijo
Memakan gule kacang ijo (Heydayat.com – Elvi Nuraini)

Gule kacang ijo adalah sajian gule yang dicampuri kacang ijo sebagai penambah cita rasa unik. Seperti gule pada umumnya, gule kacang ijo juga terdapat daging berlemak serta kuah gule didalamnya. Namun yang berbeda adalah penambahan kacang ijo ke dalam gule ini. Penambahan inilah yang akhirnya banyak merubah rasa gule bahkan jauh berbeda dari masakan gule yang semestinya.

Satu porsi gule kacang ijo dihidangkan dengan isian beberapa potong atau irisan lontong. Disirami kuah gule bercampur kacang hijau, ditambah daging kambing, yang mana – dagingnya merupakan daging berlemak seperti isian masakan gule pada umumnya.

Porsi Lontong Gule Kacang Ijo Ampel Surabaya
Porsi lontong gule kacang ijo (Heydayat.com – Elvi Nuraini)

Menyantap gule kacang ijo kurang lengkap tanpa roti maryam. Selain sebagai pelengkap, roti maryam ternyata menjadi semacam penawar jika rasa gule ini kurang cocok di lidah kamu. Dengan mencampur roti maryam ke dalam gule, rasanya malah lebih enak.

Menyantap gule ditemani roti maryam yang harum dan gurih, rasanya seperti sedang kulineran ala-ala timur tengah.

Mencari hidangan pelengkap lainnya? Jangan khawatir! Di salah satu tempat, ada juga penjual yang menambahkan sate untuk dimakan bersama gule. Dan tentu saja, roti maryam dan sate ini adalah menu pilihan. Artinya, penjual akan menyajikan gule beserta roti dan sate hanya jika pembeli memesan demikian.

Gule Kacang Ijo Dengan Roti Maryam
Gule kacang ijo dengan roti maryam. Roti maryam sifatnya opsional. Penjual hanya menyajikan roti jika pembeli memesan. Jika tidak, pembeli hanya dihidangkan gule kacang ijo saja. (Heydayat.com – Elvi Nuraini)

 

Harga Gule Kacang Ijo

Harga gule kacang ijo masih sangat ramah kantong. Satu porsinya dihargai sebesar Rp 8.000 saja. Jika memesan gule dengan menu komplit alias ditambah roti maryam, totalnya hanya menghabiskan Rp 16.000 saja.

Dengan Rp 16.000, kamu sudah bisa menyantap lezatnya gule kacang ijo ditambah 3 roti maryam dan 1 gelas teh hangat.

Tak perlu khawatir tak kenyang! Makanan ini sudah sangat mengenyangkan walaupun kamu memesan gule tanpa roti. Walau dari penampakannya, porsinya terbilang minim, kamu dijamin puas tanpa perlu nambah lagi.

 

Lokasi Gule Kacang Ijo

Lontong Gule Kacang Ijo & Gule Maryam Ampel Surabaya
Lontong gule kacang ijo – gule maryam Ampel Surabaya (Heydayat.com – Elvi Nuraini)

Lokasi gule kacang ijo ada di daerah Ampel, Surabaya. Penjualnya ada di beberapa tempat. Salah satunya ada di jalan Ampel Sawahan 2, letaknya di ujung gang paling depan di sisi sebelah barat.

Kedai gule kacang ijo ini buka dari setelah subuh dan tutup antara jam 4 hingga jam 6 sore. Jika kamu berencana kesini, akan lebih pas jika kamu datang antara pagi hingga siang hari.

Sekian saja ulasan tentang menu makan unik di Surabaya ini. Bagaimana? Penasaran dengan rasa gule yang satu ini? Yuk lah, cicipin di ‘mari!

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

News Feed