oleh

Informasi mancing laut Probolinggo Gili Ketapang

Heydayat.com – Probolinggo adalah kota kecil yang memiliki garis pantai yang tidak terlalu panjang dibanding daerah lain di sekitarnya. Akan tetapi area pantai yang kecil ini nyatanya dapat dimanfaatkan secara maksimal untuk keberlangsungan ekonomi masyarakatnya. Seperti yang dapat dijumpai, sepanjang garis pantai Probolinggo banyak digunakan untuk keperluan pelabuhan niaga dan pernelayanan.

Selain digunakan untuk pelabuhan niaga dan pernelayanan, pelabuhan di Probolinggo juga dimanfaatkan untuk mendorong sektor pariwisata lokal seperti penyeberangan ke Pulau Gili Ketapang dan aktivitas memancing.

Probolinggo dikenal populer bagi para Anglers Jawa Timur sebab spot mancing lautnya yang bisa dibilang tidak kenal musim. Spot mancing laut Probolinggo digemari karena karakter perairan lautnya yang cenderung tenang. Kondisi air yang tenang berarti ‘ramah’ untuk pemancing laut yang khawatir akan mengalami mabuk laut.

Selain itu, jenis ikan tangkapan yang beragam juga menjadi penyemangat tersendiri bagi kebanyakan pemancing.

Bagi kamu yang berencana memancing ke laut Probolinggo atau mencoba pengalaman memancing di laut Probolinggo, berikut infonya :

 

Biaya mancing laut Probolinggo

Biaya memancing di laut Probolinggo bisa dihitung mulai dari biaya perjalanan darat, sewa perahu, umpan dan biaya konsumsi.

Harga sewa perahu untuk memancing di laut Probolinggo dikenai harga mulai dari Rp 700.000 hingga Rp 1.500.000. Harga sewa perahu ini sudah termasuk ongkos kapten pengemudi yang membawa kita melaut dengan perahu.

Dengan harga minimum RP. 700.000 ini, Anglers akan diantar melaut dengan perahu berkapasitas maksimal 9 Anglers dalam satu perahu.

Di harga sewa Rp 700.000 sampai dengan Rp 1.200.000, Angler harus membawa umpan sendiri dan konsumsi untuk tim dan kapten.

Sedangkan di harga Rp 1.300.000 sampai dengan Rp 1.500.000, Angler disediakan umpan gratis dan makan siang prasmanan oleh kapten perahu.

 

Lokasi mancing laut Probolinggo

Jika Angler melakukan perjalanan dari arah Pasuruan, saat sudah memasuki Probolinggo, dari Taman Manula jalan lurus ke depan sejauh kurang lebih 1,5 KM. Perhatikan sisi kiri jalan untuk menemukan arah berikutnya.

Ambil tikungan kiri melewati jalur rel kereta api. Setelah itu ikuti jalan menuju Jl. Tanjung Tembaga yang berjarak sekitar 2,5 KM.

Saat masuk ke area pelabuhan, akan dikenakan biaya masuk sebesar RP 20.000 per mobil.

Sesampainya di lokasi, Angler bisa menghubungi kontak sewa perahu atau pemilik perahu yang sudah dipesan.

 

Jam keberangkatan melaut

Untuk jam keberangkatan, kapten perahu tidak menentukan kapan harus melaut. Namun, umumnya para Anglers akan berangkat malam hari hingga dini hari agar saat sampai di spot memancing tidak terlalu siang juga tidak terlalu gelap.

Perjalanan dari tepi pantai menuju spot memancing ditempuh antara 2 hingga 4 jam perjalanan menggunakan perahu motor.

Spot memancing laut Probolinggo posisinya melewati letak Pulau Gili Ketapang, sehingga Pulau Gili Ketapang bisa dilihat dari kejauhan selagi dalam perjalanan.

Sesampainya di spot memancing, pemancing akan ditawarkan 7 titik spots yang berbeda. Jika kondisi ikan sedang rakus memangsa umpan, maka tidak masalah jika menetap di satu spot saja.

Dari ke-7 spot ini, jenis spot yang akan dituju adalah rumpon, kapal kerem atau kapal tenggelam, dan spot hanyutan.

Spot mancing rumpon tengah laut
Spot mancing rumpon (Facebook/Evendy Marcopolo)

Jika perjalanan melaut dimulai dari jam 4 dini hari, perkiraan tiba di spot memancing adalah jam 6 hingga jam 8 pagi. Sesampainya di lokasi, Anglers bisa memancing selama kurang lebih 8 jam. Sementara itu, jam penutupan atau waktu untuk kembali ke darat adalah jam 3 sore atau maksimal jam 5 sore.

 

Umpan

Umpan yang disarankan saat memancing di laut Probolinggo adalah udang werus atau udang vannamei, atau disebut juga udang kaki putih.

Udang vanamei umpan mancing
Udang vannamei umpan mancing laut

Udang harus dalam kondisi hidup dan disimpan dalam wadah styrofoam dengan air bersih yang diberi aerator. Saat digunakan memancing pun umpan harus tetap dalam keadaan hidup – saat dipasang ke mata kail.

Catatan : Disarankan bagi para Anglers untuk membawa umpan sendiri jika membayar sewa perahu di harga Rp 700.000 hingga Rp 1.200.000, atau di harga sewa tanpa umpan gratis. Sebab, meski sudah memesan umpan ke pemilik perahu, pemilik perahu biasanya tidak membeli udang sejak jauh hari sebelum hari keberangkatan. Ini tujuannya agar stok tersedia dan udang bisa disimpan lebih dulu.

Pemilik perahu tidak selalu punya udang miliknya sendiri, melainkan membelinya dari pihak ke-3. Pemilik perahu lebih sering membeli umpan di hari keberangkatan untuk menghindari biaya simpan dan perawatan. Ini menyebabkan stok udang dari penjual tidak selalu ada saat dibeli di hari keberangkatan. Akibatnya, Angler mungkin harus terpaksa menggunakan umpan jenis lainnya.

Sudah barang umum jika memancing di laut Probolinggo harus memakai umpan udang hidup. Jika umpan diganti dengan semisal udang mati, irisan daging ikan atau cumi, dan sebagainya, maka hasil tangkapan tidak akan maksimal.

 

Ikan target

Ikan target memancing di laut Probolinggo adalah ikan Kerapu, Kakap Merah, Kakap Putih, GT (Giant Travelly), Tenggiri, dan beberapa jenis ikan lainnya.

Ikan kakap merah dan GT laut Probolinggo
Ikan hasil memancing di laut Probolinggo (Facebook/Evendy Marcopolo)

Jenis ikan tangkapan bervariasi dan tidak selalu sama, mengikuti musim pergerakan ikan dan cuaca pada saat memancing.

 

Teknik

Menarik ikan mancing di laut probolinggo
Mancing di laut Probolinggo (P3FT/Tripinasten Prayogi)

Teknik memancing yang umum digunakan untuk memancing di laut Probolinggo adalah teknik dasaran.

Di musim tertentu, teknik light jigging dan minnow juga bagus untuk dimainkan.

 

Musim Terbaik

Musim terbaik untuk mancing di laut Probolinggo adalah saat musim angin sedang, yaitu antara bulan Maret hingga bulan Agustus. Diantara waktu ini biasanya Angler berpeluang mendapatkan ikan yang cukup jarang ditangkap saat memancing di laut Probolinggo. Ikan ini diantaranya adalah ikan Lemadang, Tenggiri, dan ikan GT.

Tentang Penulis : Hidayat

Gambar Gravatar
Menyukai aktivitas luar ruangan & tertarik dengan berbagai jenis informasi, khususnya teknologi & olahraga | Menulis untuk berbagi pengalaman, menyalurkan minat dan dokumentasi.

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

News Feed