oleh

Kampung Pesisir Kenjeran, Menilik Jajanan Hingga Kerajinan

Heydayat.com – Main-main ke Surabaya, jangan sampai kelewatan untuk mampir ke Kenjeran, yaa! Selain terkenal dengan tempat wisata taman dan pantainya, Kenjeran juga punya keunikan lainnya, loh.

 

Tentang Kenjeran

Anak-anak Kecil Bermain Bola diatas Jembatan Suroboyo Kenjeran
Anak-anak kecil bermain bola di atas Jembatan Suroboyo Kenjeran (Heydayat.com – Hidayat)

Kenjeran adalah nama atau sebutan dari satu kawasan wisata yang letaknya di pesisir pantai di Surabaya bagian utara. Karena memiliki laut (bagian dari selat) yang menghubungkan pulau Jawa dan Madura, Kenjeran memiliki beberapa tempat wisata favorit keluarga – utamanya adalah pantai.

Kenjeran dikenal sebagai kawasan wisata karena keberadaan 2 tempat wisata legendarisnya yaitu Kenpark atau Kenjeran Park (Taman Kenjeran) dan Pantai Lama.

 

Kenpark (Kenjeran Park)

Taman Wisata Kenpark Kenjeran Surabaya
Taman wisata Kenpark Surabaya (Heydayat.com – Hidayat)

Kenjeran Park atau taman Kenjeran adalah kawasan wisata yang didalamnya terdapat banyak situs hiburan atau wahana. Mulai dari taman, sarana rekreasi, kolam renang, pacuan kuda, lapangan tembak & remote control, tempat ibadah pemeluk agama Budha, hingga tempat pemancingan.

 

Pantai Lama

Pintu Masuk dan Keluar Jembatan Surabaya Kenjeran Sisi Utara
Pintu masuk dan keluar Jembatan Suroboyo (Heydayat.com – Hidayat)

Pantai Lama adalah sebutan untuk tempat wisata pantai pasir putih di Kenjeran. Dari sini, pengunjung bisa menikmati suasana pantai sambil bermain layangan.

Selain bisa menikmati keindahan pantai, pengunjung juga bisa menyewa perahu untuk membawanya jalan-jalan ke tengah laut atau bahkan menyeberang ke pulau Madura.

Akan tetapi, yang jadi andalan saat menyewa perahu di Pantai Lama adalah gunung pasir di tengah lautnya. Gunung pasir ini adalah sebutan untuk keberadaan daratan pasir di tengah-tengah laut yang menjorok lebih tinggi ke permukaan.

Pengunjung akan dibawa ke gunung pasir dan dibolehkan turun dari perahu untuk bermain air dan merasakan pengalaman berdiri di tengah laut.

Takut akan tenggelam? Tenang saja! Walau air laut sedang pasang, kedalaman air di gunung pasir ini cuma di kisaran lutut hingga pinggang orang dewasa kok.

 

Kampung Nelayan Pesisir Kenjeran

Toko Oleh-oleh Kenjeran Surabaya - Aneka Olahan Ikan dan Seafood
Toko oleh-oleh aneka olahan ikan dan seafood (Heydayat.com – Hidayat)

Nah, yang unik dan menjadi pokok ulasan kali ini adalah keberadaan kampung pesisir Kenjeran ini.

Kampung Nelayan Pesisir Kenjeran dulunya adalah kampung dengan akses jalan yang lebih kecil ketimbang sekarang ini. kampung yang dulunya sulit diakses kendaraan umum, kini jadi lebih mudah dan punya daya tarik tersendiri.

Kini, Kampung Pesisir Kenjeran semakin terbuka dan bisa menarik lebih banyak pengunjung atau wisatawan untuk datang ke tempat ini.

Selain berdampak pada peremajaan lingkungan, efek dari pelebaran jalan juga membuka akses bagi kawasan wisata di Kenjeran jadi lebih banyak dikenal wisatawan.

Jalan Sukolilo Kenjeran dengan Dinding Mural di sepanjang jalan
Jalan Sukolilo Kenjeran (Heydayat.com – Hidayat)

Salah satu tempat wisata unik dan terbaru di Kenjeran adalah Jembatan Suroboyo. Sejak dibukanya ikon baru ini, Kampung Pesisir Kenjeran jadi semacam pos-pos penjagaan bagi wisatawan sebelum sampai ke Jembatan Suroboyo. Dengan kata lain, para pengunjung yang akan ke Jembatan Suroboyo sudah dipastikan akan melewati kampung-kampung pesisir ini.

Dengan banyaknya lalu-lintas pengunjung, banyak warga yang memanfaatkan kondisi ini dengan menjual hasil laut dan membuka lapak permanen dan semi permanen di sepanjang jalan. Hasil laut yang dijual diantaranya ada olahan kerupuk seafood, ikan asap, hingga berbagai kerajinan dari kerang dan sejenisnya.

 

Kuliner Kampung Pesisir Kenjeran

Kuliner yang banyak dijumpai dan menjadi khas di sini diantaranya adalah lontong kupang, ikan asap, sate kerang, dan kerupuk ikan.

Lontong kupang adalah makanan lontong dan kupang yang kemudian diberi bumbu rempah, petis dan kuah. Bagi yang tak tahu apa itu kupang, kupang adalah sejenis kerang kecil yang banyak dijumpai di laut dangkal atau selat.

Lontong kupang menjadi salah satu makanan khas karena kupang sendiri adalah hasil laut yang banyak didapat nelayan pesisir pantai Kenjeran. Lontong kupang biasanya sangat cocok jika dimakan sambil ditemani beberapa tusuk sate kerang.

Kuliner Lontong Kupang Kenjeran Surabaya
Kuliner lontong kupang dan sate kerang Kenjeran (Heydayat.com – Hidayatullah)

Sedangkan untuk ikan asap yang banyak dijual di sini adalah ikan dari jenis pari, patin, keting, kakap, dan baronang.

Ikan asap ini sangat enak jika dimasak dengan cara disayur kuah atau sekedar dimakan dengan sambal ulek. Karena sudah diasap, ikan ini biasanya akan awet disimpan selama kurang lebih 3 hari tanpa perlu dimasukkan ke tempat pendingin. Asal cara menyompannya benar loh, yaa.

Ikan Asap Cak Brewok - Oleh-oleh Khas Kenjeran Surabaya
Ikan asap Cak Brewok – salah satu stand penjual ikan asap oleh-oleh khas Kenjeran Surabaya (Hedayat.com – Hidayat)

Untuk pilihan kerupuk, warga pesisir Kenjeran menjual banyak sekali varian rasa dan olahan. Bahan pembuatan kerupuk ini ada yang terbuat dari ikan, kulit ikan, teripang, hingga lorjuk. Pengolahannya sendiri ada yang dijadikan sebagai rambak, kerupuk keras, juga kerupuk setengah keras. Sementara untuk pilihan rasa, ada yang manis, asin, dan original.

Kerupuk ikan dijual dengan kemasan plastik dengan takaran tertentu, namun kamu juga bisa membeli dengan harga kiloan.

 

Waktu Terbaik Ke Kampung Pesisir Kenjeran

Toko Kerajinan Kerang Kenjeran Surabaya
Toko kerajinan kerang (Heydayat.com – Hidayat)

Waktu terbaik untuk mengunjungi kampung pesisir Kenjeran terbagi sesuai tujuan kunjungannya. Jika kamu berkunjung untuk menikmati jajanan atau kulinernya, maka waktu terbaiknya adalah antara jam 7 sampai jam 10 malam.

Sedangkan jika tujuan kamu adalah untuk menikmati tempat wisata Jembatan Suroboyo, Pantai Lama, atau Kenpark, waktu terbaiknya adalah mulai dari jam 6 pagi sampai jam 5 sore.

Khusus jika kamu ingin belanja ikan asap, sebagai pengingat, biasanya tempat ini akan sangat ramai saat di bulan ramadhan. Selain menjual berbagai ikan, biasanya pedagang juga akan menjual bermacam takjil dan kue-kuean.

Kalau kamu menyukai suasana ramai, coba saja datang di waktu ini. Sedang kalau ingin datang saat sepi, yaitu di hari-hari biasa (bukan hari besar) antara pagi sampai menjelang magrib.

 

Lokasi

Sebagai penutup, dari beberapa destinasi yang sudah disebut di atas – semua tempat tadi bisa kamu temukan hanya dengan menuju Jl. Sukolilo Larangan.

Saat datang dari arah jalan Kenjeran, ambil saja jalan sebelah kiri di jalan Sukolilo Larangan. Kamu akan menemukan lokasi tadi dimulai dari taman wisata Kenpark, kemudian Kampung Pesisir, Pantai Lama, kemudian Jembatan Suroboyo.

Sentra Ikan Bulak, Pusat Oleh-oleh Olahan Ikan Surabaya
Sentra Ikan Bulak, pusat oleh-oleh olahan ikan laut Surabaya (Heydayat.com – Hidayat)

Oh, iya. Selain tempat-tempat ini, kamu juga bisa mampir ke Taman Suroboyo dan Sentra Ikan Bulak jika ingin beristirahat atau memilih alternatif lainnya.

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

NEWS FEED