oleh

Gurihnya Keripik Tempe Sanan Khas Kota Malang

Heydayat.com – Bicara mengenai Malang, Malang merupakan salah satu kota yang menyajikan beragam daya tarik dan ciri khas. Banyak yang menyebut Kota Malang ini sebagai tempatnya destinasi wisata terkenal di Jawa Timur.

Sebagai kota wisata yang sering dikunjungi wisatawan dari luar kota, Kota Malang memiliki aneka kuliner yang unik dan juga lezat. Ketika bicara mengenai kuliner, pasti dari kalian sudah tidak asing dengan makanan dengan sebutan “Tempe”, bukan?

Ya, makanan tempe ini adalah makanan khas Kota Malang yang sehat dan juga enak, lho!
Bahan dasar tempe berasal dari bahan sederhana dan sangat alami yaitu kacang kedelai. Kacang kedelai ini kemudian diberi ragi untuk melalui proses fermentasi agar menjadi tempe.

Kacang Kedelai Bahan Pembuatan Tempe
Kacang kedelai bahan pembuatan tempe (Instagram/@keripiktempesanan)

Selain bisa langsung dimakan, rupanya tempe juga bisa dijadikan beragam jenis olahan. Karena tempe termasuk makanan serbaguna dan banyak disukai masyarakat Indonesia, dari sinilah kemudian warga Malang berinovasi untuk mengolah makanan ini untuk dijadikan produk yang khas yaitu keripik tempe.

 

Keripik tempe Sanan

Keripik Tempe Sanan
Keripik tempe setelah proses penggorengan (Intagram@keripiktempesanan)

Keripik tempe kini menjadi makanan ringan oleh-oleh khas Kota Malang, dan menjadi salah satu yang paling banyak dicari di kota ini. Selain enak, keripik tempe di sini dikenal karena rasanya yang gurih, teksturnya renyah, dan juga empuk.

Salah satu yang terkenal dan menjadi pusat oleh-oleh jika mencari camilan keripik di Kota Malang yaitu Keripik Tempe Sanan. Belum afdal rasanya, jika berlibur ke Kota Malang tapi tidak membawa oleh-oleh keripik tempe ini untuk keluarga dan teman saat kembali ke kota asal.

 

Asal Mula Kampung Keripik Tempe Sanan

Proses Produksi Keripik Tempe Sanan Malang
Proses produksi Keripik Tempe Sanan Malang (Heydayat.com – Safira)

Pusat pengolahan makanan tempe dan penghasil produk keripik tempe ini berada di Kampung Sanan, tepatnya di Kelurahan Purwantoro, Kecamatan Belimbing, Kota Malang. Mayoritas warga di Kampung Sanan sudah menjadi pembuat keripik tempe sejak tahun 1998.

Pada saat itu, para warga hanya mengolah kedelai untuk dijadikan tempe biasa saja. Hingga suatu ketika, banyak warga mulai beralih usaha dari yang awalnya membuat tempe biasa menjadi produk kreatif berupa keripik tempe.

Keripik tempe ini dibuat bukan karena alasan. Olahan ini dibuat karena keripik tempe memiliki beberapa keunggulan yaitu lebih tahan lama – tidak seperti tempe-tempe yang biasa. Kemudian, keripik tempe juga tidak mudah tengik apabila disimpan dalam waktu relatif lama. Selanjutnya, olahan ini juga bisa dibuat dengan mem-variasikan aneka rasa sehingga tidak mudah bosan bagi orang yang memakannya.

 

Keripik Tempe Aneka Rasa

Toko Camilan Keripik Tempe Sanan
Toko oleh-oleh dan camilan Keripik Tempe Sanan (Instagram/@keripik_tempe_malang)

Pada produk olahan Keripik Tempe Sanan, ada beberapa varian rasa yang dijual. Dari semua varian yang dijual, setidaknya ada sebanyak 18 rasa yang berbeda. Aneka rasa ini diantaranya seperti keju, barbekyu, pizza, ayam bawang, ayam lada hitam, sapi panggang, ayam bawang pedas, rumput laut, spagheti, seafood, jagung bakar, jagung manis, telur asin, iga bakar, sambal setan, balado ijo, jeruk purut, dan original.

 

Harga Keripik Tempe Sanan

Kemudian untuk harganya, jika membeli langsung dari pusat pengolahan di Kampung Sanan, kamu akan mendapatkan harga yang menguntungkan. Berbeda jika membeli langsung dari rumah produksinya, dibanding jika membeli melalui toko yang ada di depan kampung. Kamu akan mendapatkan selisih harga sebesar 8% hingga 12%.

Jika membeli dari rumah produksi, konsumen akan mendapatkan harga lebih hemat yaitu Rp 3.500 per bungkusnya. Harga ini adalah untuk keripik tempe dalam kemasan ukuran kecil. Lalu untuk ukuran besar, harganya Rp 10.500 saja.

Jika melalui toko depan kampung, konsumen akan mendapatkan harga Rp 4.000 per bungkusnya, untuk ukuran kecil. Sedangkan yang kemasan besar, harganya Rp 12.500 per bungkus.

 

Jam Operasional

Kampung Sanan, Sentra Industri Tempe & Keripik Tempe
Kampung Sanan sebagai sentra industri tempe & keripik tempe di Malang (Heydayat.com – Safira)

Kampung Sanan ini bisa kamu kunjungi kapan saja, baik dari pagi hingga malam. Sementara untuk toko-toko penjualnya, mayoritas toko yang ada di depan Kampung Sanan mulai berjualan dari pukul 6 pagi hingga 10 malam.

Salah satu toko rekomendasi jika ingin membeli oleh-oleh ini adalah Toko Bawang Jaya milik Ibu Tini. Toko Bawang Jaya menjual Keripik Tempe Sanan dengan aneka pilihan rasa. Untuk kemasannya, tersedia dari yang kecil hingga yang besar.

 

Sekedar informasi, keripik tempe Sanan ini juga bisa kamu pesan melalui aplikasi perpesanan makanan, loh. Nah, buat kamu yang kangen jajanan Kota Malang khususnya Keripik Tempe Sanan ini, tak perlu repot-repot lagi, yaa. Atau jika kamu sedang liburan ke Kota Malang tapi malas keluar penginapan atau jika sedang sibuk jalan-jalan, kamu bisa langsung membelinya secara online saja.

(Safira/Mlg)

Tentang Penulis : Admin Heydayat

Gambar Gravatar
Haydayat.com adalah situs berbagi informasi dan ulasan seputar tempat dan aktivitas menarik. Admin adalah pengguna yang menerbitkan artikel yang ditulis oleh kontributor non-user. Tertarik mengirim tulisan? Silahkan kunjungi halaman Karir kami! Salam hangat. Have a nice day at ... ! 😉

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

News Feed