oleh

Bersejarah & Instagramable, Sam Poo Kong Jadi Tujuan Wisata

Heydayat.com – Semarang merupakan salah satu kota tujuan wisata yang bisa kamu singgahi apabila kamu menuju Jawa Tengah. Selain memiliki beberapa tempat wisata alam, Semarang juga memiliki tempat wisata sejarah yang tak boleh luput dari kunjungan. Tempat wisata sejarah di Semarang selain menambah edukasi tentu juga sangat instagramable – sehingga cocok buat kamu yang ingin hunting foto.

Salah satu tempat wisata yang bersejarah dan instagramable di kota Semarang adalah Sam Poo Kong.
Sebersejarah apa tempat wisata ini? Yuk, simak keunikan Sam Poo Kong berikut ini!

 

Sejarah Sam Poo Kong

Klenteng Sam Poo Kong Semarang
Klenteng Sam Poo Kong Semarang (Instagram/@purbohapsara)

Sebagai tempat wisata berbentuk klenteng, Sam Poo Kong masih aktif digunakan untuk bersembahyang, beribadah, maupun berziarah hingga sekarang. Dahulu, tempat ini menjadi tempat beribadah Laksamana Cheng Ho yang notabene beragama islam.

Sebelum menjadi klenteng, Sam Poo Kong merupakan sebuah gua dan terdapat masjid yang dibangun sendiri oleh Laksmana Cheng Ho. Dapat dikatakan bahwa klenteng Sam Poo Kong merupakan bangunan yang dihasilkan dari perpaduan kebudayaan Tiongkok dan agama Islam.

Salah Satu Interior Sam Poo Kong Lengkap Dengan Lampion @pinktravelogue
Salah satu interior Sam Poo Kong, terdapat dinding dengan ukiran bentuk naga dan lampion berwarna merah (Instagram@pinktravelogue)

Laksmana Cheng Ho adalah pelaut yang terkenal dan telah memimpin sejumlah 62 kapal megah yang berlayar dari Suzhou hingga menuju Champa, Jawa, Palembang, Srilangka dan Kalikut India dengan tujuan perdamaian. Maka tidak heran jika ditemukan jangkar kapal milik Cheng Ho yang disimpan di dalam klenteng.

 

Lokasi Sam Poo Kong

Foto Jauh Sam Poo Kong Semarang
Sam Poo Kong Semarang (Instagram/@mr.heriyanto07)

Tempat wisata ini terletak di jalan Simongan No. 29 Bongsari, Semarang. Terletak di pinggir jalan besar, Sam Poo Kong sangat mudah untuk diakses dari berbagai arah.

Kamu bisa menuju lokasinya dari arah Semarang Barat, Semarang Utara, maupun Semarang Tengah dengan kendaraan pribadi maupun kendaraan umum.

 

Biaya Tiket Masuk

Biaya tiket masuk Sam Poo Kong terbilang sangat murah. Biaya tiket untuk memasuki area klenteng ini hanya menghabiskan 8.000 rupiah saja. Dengan harga yang sangat murah, kamu bisa berada di kawasan ini tanpa dibatasi waktu.

Beribadah Di Sam Poo Kong
Beribadah di Sam Poo Kong (Instagram/@mr.heriyanto07)

Setelah masuk Sam Poo Kong, kamu bebas menikmati keindahan bangunan di kawasan Sam Poo Kong dan berfoto ria. Namun untuk memasuki area kuil untuk peribadatan, kamu akan dikenakan biaya tambahan 28.000 rupiah per orangnya.

Tempat wisata satu ini memang tergolong unik dari tempat-tempat wisata pada umumnya. Karena bersejarah sekaligus indah, tempat ini juga kerap dijadikan tujuan wisata kelompok, pembuatan katalog foto tahunan, bahkan prewedding.

 

Fasilitas di Area Sam Poo Kong

Klenteng Sam Poo Kong
Klenteng Sam Poo Kong (Instagram/@purbohapsara)

Sam Poo Kong menyediakan fasilitas umum seperti toilet, tempat sholat, tempat sampah, dan foodcourt.

Lalu, untuk spot wisatanya, ada apa saja?
Ada banyak spot foto-foto di tempat ini. Spot foto ini diantaranya adalah bangunan yang sudah ada dan juga bangunan yang sengaja diperuntukkan sebagai tempat untuk berfoto bagi para wisatawan.

Di Sam Poo Kong, kamu bisa menengok sejarah Laksmana Cheng Ho melalui berbagai peninggalan seperti pohon rantai dan jangkar kapal berusia lebih dari 600 tahun. Selain itu, kamu juga bisa ziarah makam dan mengamati relief sejarah yang ada di tempat ini.

Tak cuma sampai disitu saja, kamu juga bisa menyewa kostum tradisional kerajaan China dan berfoto. Hasil fotonya pun bisa langsung dicetak sesaat setelah pengambilan foto.

Memakai Pakaian Tradisional China Di Sam Poo Kong
Memakai pakaian tradisional China di Sam Poo Kong (Kiri ke kanan : Instagram/@milokuma, @aminmarthadinata, @selin.selove)

Berfoto dengan kostum tradisional dalam suasana klenteng Sam Poo Kong, tentu akan memberikan kesan liburan yang mirip seperti di negara asalnya. Apalagi dengan latar belakang klenteng yang berbentuk seperti istana kerajaan, semakin menambah kesan tradisionalnya.

 

Jam Buka dan Tutup

Sam Poo Kong Saat Malam
Sam Poo Kong saat malam (Instagram/@wisata.sampookong)

Tempat wisata Sam Poo Kong dibuka sejak pukul 8 pagi hingga 10 malam. Tak hanya di pagi atau siang hari saja, keindahan klenteng bersejarah ini tampak lebih indah ketika di malam hari karena dipenuhi dengan gemerlap lampu-lampu.

Sam Poo Kong Masih Ramai Pengunjung Saat Malam
Sam Poo Kong masih ramai pengunjung saat malam (Instagram/@ikinphotography)

Perlu kamu tahu, Klenteng Sam Poo Kong merupakan klenteng terbesar di kota Semarang. Di sini juga menjadi tempat diselenggarakannya event imlek ketika hari Imlek tiba. Jadi, kalau kamu berencana datang kesini, mungkin akan lebih berkesan jika datang saat perayaan hari besar China.

Pertunjukan Barongsai Saat Perayaan Imlek Di Sam Poo Kong
Pertunjukan barongsai saat perayaan Imlek di Sam Poo Kong (Instagram/@mr.heriyanto07)

 

Demikian info terkait tempat wisata klenteng Sam Poo Kong yang ada di kota Semarang. Kalau kamu suka dengan tempat wisata bertema budaya, boleh deh datang ke klenteng yang satu ini.

Datang dan temukan keunikannya! Jangan lupa untuk unggah foto-foto berkesan ke media sosial selama kamu berwisata di Sam Poo Kong ini, yaa!

Tentang Penulis : Admin Heydayat

Gambar Gravatar
Haydayat.com adalah situs berbagi informasi dan ulasan seputar tempat dan aktivitas menarik. Admin adalah pengguna yang menerbitkan artikel yang ditulis oleh kontributor non-user. Tertarik mengirim tulisan? Silahkan kunjungi halaman Karir kami! Salam hangat. Have a nice day at ... ! 😉

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

News Feed