oleh

Kolam Pancing Bu Sri Jaya Krian Sidoarjo

Heydayat.com – Kolam pancing Bu Sri Jaya. Kolam yang dikenal juga dengan sebutan kolam Pak Sur atau Surya Jaya ini memang diketahui sebagai kolam pindahan dari kolam yang dulunya bernama kolam pancing Surya Jaya. Lokasinya masih di daerah yang sama, di Jalan Bypass Krian, Sidoarjo.

 

Tentang Kolam Pancing

Kolam Pemancingan Lomba Bu Sri Jaya Krian Sidoarjo
Kolam pemancingan lomba Bu Sri Jaya Krian Sidoarjo (Heydayat.com – Wahyu R)

Kolam pancing Bu Sri Jaya punya 1 kolam utama yang posisinya disekat jadi 2. Sekatannya tidak dibagi sama rata, tapi cuma diambil sebagian kecil saja. Sekatan kecil ini digunakan untuk pemindahan ikan sementara atau untuk tempat melepas ikan setelah proses penimbangan.

Jumlah lapak yang tersedia adalah 120 lapak dengan posisi masing-masing sisi (sisi barat dan timur) sebanyak 60 lapak. Tiap kolong berisi 2 lapak dengan panjang kurang lebih 4 meteran.

Pemancing Duduk Di Lapak Mancing Saat Lomba
Deret lapak sisi barat (Heydayat.com – Wahyu R)

Kolam pancing ini posisinya menghadap ke arah Barat dan Timur. Jadi, kalau lagi terik, siap-siap berjemur antara jam 9 pagi – untuk yang ada di sisi barat, – dan jam 3 sore untuk pemancing yang ada di sisi timur.

 

Jenis Ikan

Ikan lomba di sini jenisnya adalah ikan tombro. Berat ikannya mulai dari 1 sampai dengan 8 kilogram. Ikan master yang biasa nangkring di posisi juara biasanya adalah 13 kilogram.

Lapak Mancing Kolam Pancing Tombro Bu Sri Jaya Krian
Deret lapak sisi timur (Heydayat.com – Wahyu R)

Ada 1 hal yang berbeda. Bedanya adalah, karung timbangan di kolam ini tergolong lebih berat dari karung-karung yang digunakan pada kolam pancing tombro pada umumnya.

Berat karungnya sendiri kurang-lebih 3 sampai 5 kilogram-an. Jadi, jangan heran kalau nimbang ikan yang kelihatannya cuma 8 kilo, akhirnya jadi 11 sampai 13 kilogram.

 

Agenda Lomba

Mancing Galatama Di Kolam Pancing Lomba Sidoarjo Krian
Mancing galatama (Heydayat.com – Wahyu R)

Kolam pancing Bu Sri Jaya mengadakan lomba setiap hari Selasa, Kamis, dan Minggu. Kadang, kolam juga mengadakan event spesial di hari-hari libur tertentu.

Untuk agenda hari Selasa dan Kamis, lomba akan dimulai dari jam 19.00 s/d 23.00. Sedangkan di hari Minggu, lomba akan dimulai dari jam 10.00 s/d 16.00. Khusus di hari Minggu, setelah selesai lomba, akan dilanjut dengan galatama.

Galatama akan berlangsung selama 2 jam, dan baru dimulai 15 menit setelah lomba utama berakhir.

 

Alat Pancing Yang Disarankan

Joran Pancing Tombro Majalaya Kolam Lomba
Joran pancing tleseran untuk ikan tombro majalaya (Heydayat.com – Wahyu R)

Kalau mancing di sini, boleh pakai peranti sedang sampai ke yang ringan. Eits, meski ikannya tergolong tidak besar, tapi energinya gak boleh disepelekan. Ikan-ikan di sini giras-giras. Tandanya ikan dipelihara dengan cukup baik.

Karena kolam yang kecil, pakai saja joran dengan panjang maksimal 160 Cm. Senar pancing pakai yang 0,26 juga boleh. Mata kailnya pakai yang ukuran 6 atau 7 saja.

 

Lokasi Kolam Pancing

Tempat Parkir Pemancingan Krian Sidoarjo
Tempat parkir mobil dan motor (Heydayat.com – Wahyu R)

Lokasi kolam pancing Bu Sri Jaya ada di Jalan Bypass Krian, Sidoarjo. Kalau dari arah Surabaya, tempatnya ada di sisi kiri jalan – setelah SMP Negeri 3 Krian.

Lebih jelasnya, kalau sudah sampai di depan SMPN 3, berhenti saja. Di arah depan sekolahan ini ada gang kecil yang ada gapura dengan tulisan “Desa Keboharan”. Masuk saja ke jalan ini.

Jalan di gang ini cuma berukuran kurang-lebih 3 meteran saja, cuma muat untuk 1 mobil tanpa berpapasan. Tapi tenang saja, mobil tetep bisa masuk kok. Dari gapura gang, masuk saja sejauh kurang lebih 200 meter. Nah, kolamnya ada di sebelah kiri jalan pas.

 

Harga Tiket Dan Hadiah

Harga tiket untuk agenda rutin di kolam ini tergolong murah meriah. Tiketnya gak sampai Rp 200 ribuan. Jadi, buat pemancing hore, cocok lah jadi referensi refreshing.

Pemancingan Lomba Tombro Majalaya Sidoarjo Surabaya
Satu jam sebelum lomba siang dimulai, peserta banyak yang belum datang (Heydayat.com – Wahyu R)

Sesuai agenda lomba di hari Selasa dan Kamis, kolam memasang harga tiket di Rp 75.000 per joran. Sementara untuk hari minggu, harga tiketnya Rp 150.000 per joran.

Selengkapnya, berikut adalah jadwal rutin, harga tiket dan besaran hadiahnya :

HARI JAM TIKET SESI C HADIAH UTAMA
SELASA 19.00 – 23.00 Rp 75.000 X Rp 2.500.000
KAMIS 19.00 – 23.00  Rp 75.000 X Rp 2.500.000
MINGGU 10.00 – 16.00  Rp 150.000 1, 2, 3, & 4
@Rp 25.000
Rp 6.000.000

*geser kanan pada tabel untuk melihat selengkapnya (khusus tampilan mobile)

 

Permainan C

Sesi C untuk hari biasa diisi sebanyak 3 kali dengan masing-masing Rp 25.000. Sedangkan di hari minggu, sesi C sebanyak 4 kali dengan masing-masing C Rp 50.000.

Kadang sesi C ini bisa berubah, yaitu non C saat lomba malam dan C sebanyak 4 kali di lomba siang dengan masing-masing C Rp 25.000.

 

Aturan Lomba

Untuk aturan lomba, berikut poin-poin utama yang harus diperhatikan :

Pertama, ikan hanya boleh diambil dengan serok atau jaring oleh panitia. Ini untuk menghindari jika ikan “tidak sah” dan terjadi manipulasi. Manipulasi yang dimaksud adalah ikan yang tidak sah atau mata kail tidak masuk ke mulut ikan – akan dimanipulasi oleh caddy sesaat setelah ikan dinaikkan dengan memindahkan posisi mata kail.

Lomba Mancing Tombro Ikan Mas Saat Mendung
Mancing saat mendung (Heydayat.com – Wahyu R)

Kedua, pemancing boleh menggunakan teknik tleseran, pelampung, ataupun pentilan. Untuk tleseran, mata kail maksimal berjumlah 3. Sedangkan untuk pelampungan dan pentilan, dilarang menggunakan teknik gantung. Umpan harus men-dasar – hingga ke dasar kolam.

Selebihnya adalah aturan-aturan umum seperti yang ada di kolam lomba di sekitaran Sidoarjo dan Surabaya pada umumnya.

Umpan Mancing Tombro Ikan Mas Aci & Pelet
Umpan aci & pelet (Heydayat.com – Wahyu R)

Sebagai informasi tambahan, selama lomba berlangsung, kincir air akan tetap dinyalakan. Umpan yang dibolehkan adalah umpan selain mie dan keju.

 

Kontak Informasi

Tiket Lomba Mancing Tombro Bu Sri Jaya Krian Sidoarjo
Tiket lomba mancing kolam Bu Sri Jaya (Heydayat.com – Wahyu R)

Untuk info terbaru kolam pancing lomba Bu Sri Jaya, atau pemesanan tiket – bisa hubungi di kontak 081-1333-251.

Sebagai pelengkap informasi, kolam ini juga punya fasilitas musala dan kantin. Jadi, gak usah bingung kalau ingin beribadah atau perlu tempat istirahat untuk keluarga.

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

NEWS FEED