oleh

Kolam Pancing Telaga Tamasya Indah Tropodo

Heydayat.com – Buat para pemancing lomba, khususnya yang ada di Surabaya dan Sidoarjo, pasti sudah tahu kolam pancing ini. Kolam Pancing Telaga Tamasya Indah, namanya.

Biasa disebut Kolam Pancing Tamasa, pemancingan ini berlokasi di daerah Tropodo, Waru, Sidoarjo.

 

Tentang Kolam Pancing Tamasya

Kolam Pancing Tamasa Indah Tropodo Sidoarjo Surabaya
Kolam Pancing Tamasa Indah Tropodo Sidoarjo (Heydayat.com – Wahyu R)

Selain disebut dengan Kolam Pancing Tamasa, kolam ini juga dikenal dengan Telaga Tamasa. Namanya ini sesuai dengan alamat lokasinya, yaitu di jalan Tamasa, Tropodo, Waru, Sidoarjo. Posisinya ada di dalam komplek pabrik dan perumahan.

Ukuran kolam ini termasuk dalam kategori medium untuk pemancingan ikan tombro atau ikan mas majalaya. Posisi lapaknya membujur dari arah barat ke timur. Dengan kata lain, para pemancing akan menghadap utara atau selatan saat memancing.

Mancing Lomba Surabaya Sidoarjo Ikan Tombro Majalaya
Kincir air dihidupkan saat lomba (Heydayat.com – Wahyu R)

Jumlah lapak ada lebih dari 100 lapak atau tempat duduk. Penomoran lapaknya menggunakan sebutan A dan B. Lapak A untuk yang ada di sisi utara dan Lapak B untuk yang ada di sebelah selatan.

 

Jenis Ikan

Mancing Lomba Ikan Mas Tombro Surabaya Sidoarjo
Strike induk merah (Heydayat.com – Wahyu R)

Telaga Tamasa adalah kolam pancing lomba atau turnamen dengan jenis ikan tombro atau ikan mas majalaya. Ukuran ikannya mulai dari 0,5 KG sampai dengan belasan kilogram.

Biasanya, nominator juara dari urutan 1 sampai 10 akan ditempati ikan dengan berat 9 KG sampai 12 KG. Jika nafsu makan ikan sedang bagus, klasemen juara akan diduduki ikan minimum 10 KG di urutan terkecil.

 

Agenda Lomba

Telaga Tamasa mengadakan agenda rutin diantaranya : Lomba malam yaitu hari Rabu dan Jum’at. Dan lomba siang di hari Minggu dan libur nasional.

Lapak Mancing Lomba Tamasa Indah Sidoarjo Surabaya
Lapak mancing (Heydayat.com – Wahyu R)

 

Harga Tiket Dan Hadiah

Harga tiket untuk hari biasa, yaitu Rabu dan Jum’at, yaitu Rp 100.000. Sementara di hari Minggu, tiketnya sebesar Rp 150.000.

Di tiket Rp 100.000, peserta merebutkan hadiah utama (juara 1) Rp 5.000.000. Sedang di tiket Rp 150.000, hadiah pertama sebesar Rp 7.000.000.

Untuk rangkumannya, berikut adalah daftar tiket dan jadwal agenda rutinnya :

HARI TIKET HADIAH JAM
RABU  Rp  100.000  Rp   5.000.000 18.00 – 22.00
JUM’AT  Rp  100.000  Rp   5.000.000 18.00 – 22.00
MINGGU  Rp  150.000  Rp   7.000.000 10.00 – 16.00

Selain mengadakan agenda rutin, Telaga Tamasa juga mengadakan lomba spesial di hari-hari libur tertentu seperti di hari kemerdekaan, natal dan hari libur nasional lainnya. Harga tiketnya tidak pasti, seringkali lebih besar dari harga tiket saat lomba di hari biasa.

Memancing Ikan Di Kolam Pancing Lomba
Panitia sedang menyerok ikan (Heydayat.com – Wahyu R)

 

Permainan C

C dalam lomba mancing adalah sesi waktu tertentu untuk memperebutkan hadiah tambahan. Semisal, jika waktu lomba adalah 4 jam dan permainan C sebanyak 3 kali, maka masing-masing C diberi waktu sepanjang 80 menit.

Masing-masing C ini akan disebut dengan C1, C2, dan C3. C1 adalah waktu di 80 menit pertama saat lomba, dan dilanjutkan dengan C2, dan C3.

Perhitungan hadiah C dihitung dari total peserta C dikalikan harga C – dikurangi sekian persen untuk fee kolam atau kepanitiaan. Hasilnya adalah sekitar 90 persen dari total dana yang terkumpul untuk digunakan sebagai hadiah.

Di kolam Tamasa terdapat 3 kali C untuk jadwal hari biasa atau lomba malam. Sedang di lomba siang sesi C akan dibagi 4 kali. C juga dibedakan untuk kategori induk majalaya dan induk merah.

Masing-masing C dikenai fee mulai dari Rp 25.000 sampai Rp 150.000. Peserta mancing boleh memilih antara ikut dalam kompetisi C atau tidak. Jika peserta ikut dalam kompetisi C, maka ia akan bersaing dengan peserta lainnya yang ikut serta dalam sesi C.

 

Aturan Lomba

Peraturan di kolam Tamasa lebih fleksibel dibanding dengan kolam pancing lomba untuk jenis ikan mas di kolam pancing lainnya. Peserta dibolehkan menggunakan aneka racikan umpan, mulai dari aci, pelet, kroto, roti, remah roti.

Umpan Mancing Tombro Pelet Aci Roti Mie
Umpan aci dan roti (Heydayat.com – Wahyu R)

Untuk umpan selain yang disebutkan tadi – tidak boleh digunakan, misal : mie, pepes belut, pepes ikan, cacing dan telur ikan.

Sebelum memancing, pemilihan lapak atau tempat memancing dilakukan dengan cara diundi, bukan memilih sendiri.

Peserta mancing boleh menggunakan teknik tleser atau pelampung. Dan maksimal mata kail dalam rangkaian adalah 3 buah mata kail.

Ikan terberat adalah pemenangnya (bukan perolehan ikan terbanyak).

Ikan harus memakan umpan. Dengan kata lain, mata kail harus masuk ke mulut ikan. Saat ikan dinaikkan dari kolam, harus disaksikan panitia pengesahan.

Ikan boleh ditimbang jika ikan sudah dinaikkan dari kolam sebelum waktu lomba selesai. Jika ikan masih dalam proses pengangkatan (pemancing masih menggulung pancingan), dan waktu lomba sudah berakhir – maka ikan tidak bisa ditimbang untuk mempengaruhi nominasi juara.

 

Alat Pancing Yang Disarankan

Kalau belum pernah mancing di kolam ini, sebaiknya gunakan saran berikut untuk memilih alat pancingnya.

Pemancingan Surabaya Sidoarjo Kolam Pancing Lomba Tamasya Indah
Pemancing sedang menarik ikan (Heydayat.com – Wahyu R)

Pertama, gunakan joran dengan panjang antara 160 CM sampai 180 CM. Gunakan juga reel kelas 4.000 sampai 8.000. Jangan lebih besar, apalagi lebih kecil.

Kedua, gunakan senar pancing ukuran 0.28, boleh yang berwarna atau yang bening. Jangan pakai senar nilon, tapi pilih yang monofilamen. Untuk mata kailnya, gunakan antara nomor 6 sampai 8.

Selanjutnya pengaturan rangkaian. Timah pemberatnya pakai ukuran secukupnya saja. Sebenarnya lebih besar akan lebih baik. Ini untuk menghindari rangkaian terbawa arus saat memancing. Arus airnya lumayan kencang karena kincir air dihidupkan saat lomba.

 

Lokasi Kolam Pancing Tamasa

Kolam Pancing Telaga Tamasa alamatnya di Perum Tamasa, belakang pabrik Kertarajasa, Tropodo, Sidoarjo. Jika dari arah Surabaya Utara, Perum Tamasa ada di sisi kiri jalan. Jika dari arah Waru, lokasinya ada di sebelah kanan jalan. Namanya ini akan kelihatan dari papan gapura di depan gang pinggir jalan.

Kalau mengikuti petunjuk google maps, langsung saja menuju jalan Tamasa, selanjutnya masuk lewat jalan kecil. Saat masuk jalan atau gang Tamasa, ikuti saja jalan yang ada. Jalan terus sampai mentok, belok kanan, kemudian kiri – selanjutnya lurus saja sampai ketemu dengan kolamnya.

 

Penutup

Selain agenda rutin, kolam ini juga kerap mengadakan event lomba eksekutif. Harga tiket lomba eksekutif biasanya di atas 1 jutaan. Dengan harga tiket yang gak murah, peserta juga akan merebutkan hadiah istimewa.

Panitia Lomba Mancing Kolam Telaga Tamasa Indah
Panitia lomba (Heydayat.com – Wahyu R)

Untuk info terbaru atau pemesanan tiket, bisa menghubungi kontak Telaga Tamasa di nomor 0813-3104-4447.

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

NEWS FEED