oleh

Mirip Suasasa di Belanda, Kota Lama Semarang Wajib Banget Dikunjungi!

Heydayat.com – Bagi kamu yang merencanakan liburan ke Jawa Tengah, tentu saja, Kota Semarang wajib masuk dalam daftar yang tidak boleh terlewati. Ada banyak destinasi wisata yang direkomendasikan untuk dikunjungi selama berada di Kota Semarang, salah satunya adalah Kota Lama Semarang. Buat kamu yang suka wisata heritage dan mencari tempat yang bisa dikunjungi dari pagi hingga malam hari, Kota Lama adalah tujuan yang tepat.

 

Rute dan Akses Menuju Kota Lama Semarang

Terletak di dekat titik 0 kilometer Kota Semarang, destinasi ini tentu sangat mudah untuk dijangkau. Lokasinya yang strategis bisa kamu tempuh dari berbagai arah.

Foto Udara Kota Lama Semarang
Foto udara satu sisi Kota Lama Semarang (Instagram/@achmadtibyani)

Apabila kamu berangkat dari arah Semarang Timur, kamu bisa melalui jalan Soekarno-Hatta, kemudian menuju Citarum dan lurus terus menuju bundaran Bubakan. Dari jalan Bubakan kemudian mengarah ke jalan Cendrawasih. Setelahnya, kamu akan sampai di Kota Lama.

Jika dari jalur terminal Terboyo, kamu hanya perlu mengikuti sepanjang jalan Kaligawe menuju Semarang Utara ke arah jalan Raden Patah. Lebih mudahnya lagi, apabila kamu berangkat dari stasiun Poncol maupun Tawang, karena jarak tempuh menuju lokasi Kota Lama Semarang sangatlah dekat.

Mengunjungi Kota Lama Semarang, kamu bisa datang kapan saja karena tidak ada jam tutup untuk wilayah ini.

 

Tiket Masuk Area Kota Lama Semarang

Kabar baiknya, tidak perlu membayar alias gratis untuk bisa masuk ke area Kota Lama Semarang. Di sini, kamu bisa menikmati suasana dan pemandangan bangunan kuno tanpa harus membayar. Ada berbagai bangunan tua dan bersejarah dengan konsep bergaya Belanda yang bisa dijadikan spot untuk berfoto ria.

Berfoto di Kota Lama Semarang
Berfoto di Kota Lama Semarang (Instagram/@vindy_devyana)

Di tengah-tengah Kota Lama, terdapat Taman Srigunting yang bisa dijadikan sebagai tempat untuk duduk-duduk. Tempat ini bisa kamu manfaatkan untuk beristirahat jika sudah sedikit lelah berjalan-jalan menilik setiap sudut area Kota Lama.

Tak hanya berjalan kaki, pengunjung Kota Lama Semarang juga bisa menyewa sepeda onthel atau menaiki becak untuk mengelilingi area Kota Lama. Biasanya, pengunjung yang berniat menyewa sepeda onthel untuk berkeliling – bisa langsung menghampiri Tourist Information yang tersedia di Gedung Popo yang letaknya berada di seberang Dream Museum Zone.

Pengunjung bisa berkeliling mulai dari titik Monod Diephuis, menuju Gereja Blendhuk, terus hingga Jembatan Berok – melalui Jl. Empu Tantular menuju gedung Marabunta – hingga sampai di Jl. Letjen Suprapto, kemudian kembali ke titik awal.

Gereja Protestan, Gereja Blenduk, gereja tertua di Jawa Tengah
Gereja Protestan Indonesia Barat Immanuel Semarang, dikenal dengan sebutan Gereja Blenduk, dibangun tahun 1753, merupakan gereja tertua di Jawa Tengah (Instagram/@starboyy024)

Sepanjang jalan di Kota Lama, kamu akan menjumpai beragam bangunan estetik yang sangat sayang jika dilewati. Kamu mungkin tidak akan rela jika berlalu tanpa menyempatkan untuk berfoto.

Gedung Marba Kota Lama Semarang
Gedung Marba Kota Lama Semarang yang lokasinya berseberangan dengan Taman Srigunting. Gedung yang digunakan untuk kegiatan pengusahaan di zamannya, yaitu antara tahun 1910-an. (Foto : Instagram/@egisulistyono34, Rujukan : Solopos.com)

 

Wisata Terdekat & Fasilitas Pendukung Kota Lama Semarang

Di Kota Lama, terdapat pula beberapa tempat wisata berbayar seperti Museum 3D yang di dalamnya tersedia berbagai objek untuk berfoto tiga dimensi. Ada juga Dream Museum Zone atau DMZ – museum lukisan 2 dimensi yang dibuat menjadi 3 dimensi.

Beragam jenis kafe estetik, rumah makan autentik, dan coffee shop juga tersebar di penjuru Kota Lama sehingga kamu tidak perlu khawatir untuk mencari tempat makan atau sekadar nongkrong.

Untuk fasilitas pendukungnya, Kota Lama Semarang menyediakan toilet umum, mushola, dan juga tempat sampah. Tersedia pula minimarket sehingga pengunjung bisa membeli minuman atau sekadar keperluan pribadi tanpa kebingungan.

Spiegel Bar & Bistro Kota Lama Semarang
Spiegel Bar & Bistro Kota Lama Semarang (Instagram/@simplyact)

Sepanjang jalan Kota Lama sangat terjaga kebersihannya sehingga akan menjadi nilai plus dan membuat pengunjung menjadi semakin nyaman.

Nah, demikian sedikit ulasan tentang destinasi wisata Kota Lama di Semarang. Selanjutnya, kamu bisa kunjungi tempat ini dan saksikan sendiri keindahan wisata heritage-nya yang kental dengan unsur Belanda. Tak hanya indah di waktu sore, Kota Lama Semarang juga sangat indah jika dikunjungi pada malam hari.

Setelah puas berkeliling, kamu bisa mengunjungi Pasar Klitikan yang menjual berbagai barang-barang antik seperti mesin tik, spare part sepeda tua, hiasan rumah, bahkan senjata perang.

(Bella/Smg)

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *