oleh

Lereng Anteng Panoramic, Tempat Kuliner Hits dan Kekinian di Bandung

Heydayat.com – Kota Bandung adalah satu kota di provinsi Jawa Barat yang terkenal dengan julukan “Kota Kembang”. Tak hanya sebagai Kota Kembang, Bandung juga terkenal dengan tempat wisata dan kulinernya. Salah satu tempat wisata sekaligus tempat kuliner yang hits di kota Bandung adalah kafe Lereng Anteng Panoramic.

Lereng Anteng Panoramic adalah sebuah kafe yang tak hanya dikunjungi untuk sekadar makan-makan saja. Kamu bisa berwisata – berkunjung dengan teman, keluarga, atau pasangan – sambil menikmati pemandangan alam di sekitarnya.

 

Seputar Lereng Anteng Panoramic

Lereng Anteng Lembang Bandung
Lereng Anteng Lembang Bandung (Instagram/@lerenganteng)

Kafe Lereng Anteng atau disebut juga Lereng Anteng Panoramic Coffe Place ini berlokasi di daerah Lembang, Bandung, Jawa Barat. Tak hanya sekedar makan dan nongkrong saja, di sini kamu bisa menikmati wisata alam serta keindahan panorama juga.

Lokasi kafe ini berada di lereng perbukitan. Karenanya, tempat ini memiliki pemandangan yang mengesankan. Karena letaknya di lereng perbukitan, maka tata ruang yang digunakan pun mengikuti kontur dari perbukitannya.

 

Sejarah Lereng Anteng Panoramic

Kafe Lereng Anteng Panoramic pertama kali dibuka pada tanggal 1 Juni 2016. Kafe ini memiliki luas area sekitar 500 M2, dan menjadi salah satu kafe dengan konsep paling unik di kota Bandung.

Asal-usul penamaan kafe Lereng Anteng sendiri berasal dari dua kata, yaitu Lereng dan Anteng. Kata “Lereng” memiliki arti tempat yang ada di dataran tinggi atau pinggiran suatu tempat. Sementara kata “Anteng” diambil dari bahasa Sunda yang artinya nyaman atau betah berlama-lama.

Nah, penamaan itu diharapkan bisa memberikan suasana nyaman dan betah kepada para pengunjung yang datang. Memang benar, dengan view yang menawan dan pilihan menu yang kekinian, membuat banyak orang senang berkunjung ke sini.

 

Panorama Gunung Hingga Landmark Kota

Suasana Cafe Lereng Anteng Panoramic Lembang Bandung
Suasana kafe Lereng Anteng Panoramic (Instagram/@lerenganteng)

Dari lokasi Lereng Anteng ini, kamu bisa melihat indahnya Gunung Malabar, Gunung Tangkuban Perahu, Gunung Patuha, sampai dengan Kawah Putih Ciwidey. Menariknya, kamu juga bisa melihat landmark kota Bandung, diantaranya Masjid Raya Bandung, Alun-Alun Bandung, hingga jembatan Pasupati.

Wisata kuliner Lereng Anteng Panoramic ini menyediakan konsep kafe dengan tempat duduk yang bermacam-macam. Yang menjadi pembeda adalah area yang digunakannya. Kafe ini membagi areanya menjadi area outdoor, semi outdoor, dan indoor.

Jika memilih area outdoor, kamu akan berada tepat di lereng tebing Pageur Maneh yang berundak. Di area outdoor ini terdapat beragam kursi kayu unik serta tenda transparan yang bisa kamu gunakan.

Lalu, untuk ruangan semi outdoor, kamu akan disuguhi pemandangan dari arah bukit puncak Ciumbuleuit. Tak lupa dengan tempat duduknya, meja kayu, dan bean bag imut yang sudah disediakan di sana.

Selanjutnya area indoor. Area indoor sudah dilengkapi juga dengan bean bag. Ruangan ini cocok untuk kamu yang tidak suka dengan asap rokok. Selain bebas rokok, area ini juga lebih dekat dengan kasir dan tempat untuk memesan makanan dan minuman.

 

Daya Tarik Lereng Anteng Panoramic

Area Semi Outdoor Lereng Anteng Panoramic
Area semi outdoor Lereng Anteng Panoramic (Instagram/@lerenganteng)

Secara singkat, tempat nongkrong sekaligus kulineran ini memiliki beberapa daya tarik yang ditawarkan bagi para pengunjung, yaitu :

Lokasi Unik Dan Anti-mainstream

Jika biasanya kafe yang kamu kunjungi berada di daerah perkotaan atau pusat keramaian lainnya. Namun, di sini kamu dapat mengunjungi sebuah kafe dengan lokasi yang unik dan anti-mainstream.

Lokasinya berada di kawasan lereng perbukitan, sehingga membuatnya mengikuti kontur terasering dari bukit tempat kafe ini berdiri. Dari ketinggian ini, kamu akan melihat berbagai panorama indah dan bisa kamu manfaatkan sebagai spot foto selfie atau panorama. Selain itu, nuansa tenang juga dapat kamu rasakan jika datang ke tempat ini. Berbeda jika datang ke kafe-kafe yang ada di daerah kota.

Area Outdoor Untuk Menikmati Pemandangan

Tak hanya memiliki area di dalam ruangan, Lereng Anteng Panoramic juga memiliki area di luar ruangan atau area outdoor untuk kamu yang ingin menikmati nuansa ngopi di alam bebas. Kamu dapat menempati tenda transparan yang sudah tersedia di sana atau memilih duduk-duduk santai di kursi kayu yang unik.

Area Outdoor Dengan Tenda Transparan
Area outdoor dengan tenda transparan (Instagram/@lerenganteng)

Ada Kursi Gantung Untuk Spot Foto

Kalau ingin mengabadikan momen saat berada di sini, kamu bisa berfoto ria di area ini. Dijamin, hasilnya pasti keren dan instagrammable.

Terdapat Miniatur Lapangan Golf

Nah, kalau kamu tertarik dengan permainan golf, ada miniatur lapangan golf yang bisa kamu gunakan untuk latihan. Lapangan golf ini memiliki sedikitnya 9 lubang sasaran. Sayangnya, jika ingin ke lokasi ini, kamu harus membayar uang tambahan sebesar Rp 5.000. Untuk bisa bermain golf, kamu harus membayar lagi sebesar Rp 25.000. Meski begitu, harga ini masih sepadan kok demi merasakan pengalamannya.

 

Fasilitas Lereng Anteng Panoramic

Perlu kamu tahu, ketika masuk ke area wisata kuliner ini, kamu tidak dikenakan tiket masuk sama sekali, lho. Selain itu, beberapa fasilitas yang ada pun cukup memuaskan, seperti :

  • Area parkir yang luas,
  • Toilet yang terjaga kebersihannya, dan
  • Musala

Jika berencana datang bersama rombongan, di sini juga menyediakan layanan reservasi dengan minimal pemesanan sejumlah 30 paket makanan.

 

Varian Menu Dan Harga

Menu Makan Lereng Anteng Panoramic
Menu makanan Lereng Anteng (Instagram/@lerenganteng)

Di Lereng Anteng Panoramic, ada banyak pilihan menu yang bisa kamu pesan, diantaranya :

  • Nasi goreng
  • Nasi ayam tulang lunak
  • Nasi liwet
  • Nasi ikan tulang lunak
  • Nasi ayam penyet
  • Aneka makanan ringan seperti, pisang goreng, cireng, roti bakar, singkong goreng, dan masih banyak lagi.
  • Aneka minuman seperti, teh, kopi, jus, dan lainnya.

Di tempat ini memang lebih didominasi oleh menu-menu makanan ringan dan aneka kopi saja. Meski begitu, ada beberapa menu makanan berat yang disediakan. Untuk makanan berat atau varian nasi, harga yang dibanderol mulai dari 20 ribu sampai 28 ribu saja. Sementara untuk makanan ringan dan minuman, harganya mulai dari 15 ribu sampai 50 ribu saja.

 

Alamat Dan Rute Jalan

Papan Nama Atau Papan Tanda Lereng Anteng Panoramic
Papan nama atau papan tanda Lereng Anteng Panoramic Coffe Place (Instagram/@lerenganteng)

Jika kamu tertarik untuk mengunjungi tempat ini, maka bisa langsung datang ke alamat Kampung Pagermaneuh, Desa Pagerwangi, Lembang, Bandung Barat, Kota Bandung, Provinsi Jawa Barat.

Ada banyak jalan yang bisa kamu pilih untuk bisa datang ke lokasi kafe ini. Misalnya, dari arah Dago. Kamu dapat berjalan lurus sampai terminal Dago, lalu belok ke arah Citra Green. Nah, dari sini kamu hanya perlu jalan terus sampai tiba di Jalan Punclut, serta belok kanan. Kemudian, kamu akan berjumpa dengan pertigaan, dan mengambil arah kanan, sampai menemukan Kafe Lereng Anteng yang terletak di sebelah kanan juga.

Sebagai pengingat, jalan yang akan kamu lewati ini konturnya naik-turun serta berkelok. Jadi, pastikan kendaraan kamu dalam keadaan prima saat akan berangkat, ya.

Nah, di sekitar kafe ini juga terdapat banyak sekali tempat wisata yang bisa sekalian kamu kunjungi. Mulai dari kebun Hidroponik Punclut, Lawangwangi Creative Space, sampai Dago Dreampark.

Jangan khawatir akan kehabisan waktu. Di tempat ini juga banyak penginapan tersedia kok. Yang terdekat adalah Vila Kampung Maneuh yang jaraknya hanya sekitar 150 meter saja.

 

Jam Operasional

Lereng Anteng Saat Sore
Lereng Anteng saat sore (Instagram/@lerenganteng)

Untuk jam operasionalnya sendiri, kamu dapat mengunjungi kafe ini setiap hari mulai dari pukul 08.00 WIB sampai 22.00 WIB. Khusus akhir pekan atau weekend, kamu dapat mengunjungi kafe ini dengan waktu yang lebih panjang, yaitu dari jam 08.00 WIB sampai 23.00 WIB.

Nah, itulah ulasan mengenai kafe Lereng Anteng Panoramic yang ada di Lembang, Bandung, Jawa Barat. Suguhan panorama indah serta konsep kafe yang unik, dijamin tidak akan membuat kamu kecewa. Sekadar saran saja, waktu terbaik untuk mengunjungi tempat ini adalah sore hari saat langit sedang memerah. Jadi, atur saja waktu keberangkatanmu, yaa.
Bagaimana, sudah tertarik untuk berkunjung?

(Yuliawanti/Smd)

Tentang Penulis : Admin Heydayat

Gambar Gravatar
Haydayat.com adalah situs berbagi informasi dan ulasan seputar tempat dan aktivitas menarik. Admin adalah pengguna yang menerbitkan artikel yang ditulis oleh kontributor non-user. Tertarik mengirim tulisan? Silahkan kunjungi halaman Karir kami! Salam hangat. Have a nice day at ... ! 😉

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

News Feed