oleh

Enaknya Lontong Kupang Cowboy Pandaan Tretes

Heydayat.com – Lontong kupang adalah makanan yang bahan utamanya terdiri dari lontong dan kupang. Kupang sendiri adalah sejenis kerang-kerangan berukuran kecil yang diambil nelayan pesisir pantai.

Kalau bicara soal lontong kupang, khususnya di Jawa Timur, kebanyakan dari kita pasti tertuju pada salah satu daerah di Surabaya. Dimana lagi kalau bukan Kenjeran? Yap! Sebab Kenjeran adalah kawasan pesisir pantai, tempatnya para nelayan pencari kupang.

Eits! Tapi tunggu dulu!

Siapa sangka, Prigen ternyata punya tempat kuliner lontong kupang yang rasanya enak banget loh? Lokasinya yang terbilang jauh dari pesisir pantai tak heran jika keberadaan lontong kupang cukup aneh ditemui di tempat ini.

Lontong Kupang Pak Coboy atau Kupang Lontong Cowboy adalah satu dari banyak kedai yang menjual lontong kupang di daerah Pandaan atau Prigen. Tempat makan ini selalu ramai dikunjungi pembeli. Karena ramainya, para pembeli harus mengambil nomor antrian dulu sebelum memesan.

 

Nomer Antrian Lontong Kupang Pandaan
Nomor Antrian Lontong Kupang Cowboy (Heydayat.com – Hidayat)

Terletak tepat di sisi bahu jalan, ukuran kedai lontong kupang ini terbilang cukup kecil. Tempat makannya hanya terdiri dari 3 baris meja dengan kursi berhadap-hadapan. Jika dalam kondisi ramai, kedai hanya bisa ditempati sekitar 30 orang saja. Tentu saja itu dengan posisi duduk yang berdekatan.

Jika pembeli datang untuk makan di tempat, pembeli harus rela menunggu sampai ada pembeli yang selesai makan. Saat ada pembeli yang selesai makan dan akan pergi, barulah tersedia tempat duduk atau kursi yang kosong.

Kedai Kupang Lontong Pandaan Tretes
Kedai Lontong Kupang Cowboy (gemilangmajumakmur.wordpress.com)

 

Untuk masalah rasa, lontong kupang ini terbilang diatas rata-rata dari lontong kupang pada umumnya. Yang membuat lontong kupang ini spesial adalah citarasa kuahnya yang sedikit asam. Kuahnya yang sedikit asam dan rasa asamnya yang pas inilah yang menjadikan lontong kupang ini terasa segar di lidah.

 

Harga Lontong Kupang Cowboy

Harga per porsi untuk lontong kupang ini adalah Rp 18.000 sampai Rp 20.000.

Dalam 1 porsi lontong kupang cowboy terdapat beberapa potong atau irisan lontong, tahu goreng, lentho, dan tentu saja siraman kupang beserta kuahnya. Sekilas memang tidak ada yang berbeda dengan kebanyakan hidangan lontong kupang pada umumnya. Yang berbeda adalah lenthonya yang dibuat dengan campuran kacang kedelai, tidak seperti lentho pada umumnya. Selebihnya, yang membuat lontong kupang ini berbeda tentu saja adalah rasanya.

 

2 Piring Lontong Kupang Cowboy
Hidangan Lontong Kupang Cowboy (Heydayat.com – Hidayat)

Oh ya! Sebagai tambahan, Kamu bisa mengambil beberapa tusuk sate kerang untuk menambah selera makan atau sekedar mempercantik hidangan. Sate kerang sudah disediakan kok, tersimpan rapi di dalam kotak plastik di atas meja makan. hehe

 

Lokasi Lontong Kupang Cowboy

Lokasi lontong kupang cowboy berada di Jl. Dr. Soetomo No. 2, Sumber Gedang, Kec. Pandaan, Pasuruan, Jawa Timur. Tempatnya tepat setelah perpecahan 2 jalan, berada di sisi kanan jalan jika menuju arah Prigen. Atau jika datang dari arah Prigen, tempatnya tepat di sisi kiri jalan sebelumnya taman Candra Wilwatikta.

Kedai Kupang Lontong Tretes
Kedai Kupang Lontong Coboy saat malam (facebook.com/jakulpandaan)

 

Menu Lain Lontong Kupang Cowboy Pandaan Tretes

Sesuai dengan namanya, kedai sederhana ini hanya menjual menu lontong kupang saja. Sementara untuk pilihan minuman, yang menjadi favorit adalah es degan atau es kelapa muda. Untuk pilihan lainnya, ada es teh, es jeruk dan beberapa minuman kemasan botol yang tersedia di meja makan.

Lontong Kupang Pak Coboy Pandaan
Porsi Lontong Kupang Pak Cowboy Pandaan-Tretes (Heydayat.com – Hidayat)

 

Hari Dan Jam Buka Lontong Kupang Cowboy

Kedai lontong kupang ini buka setiap hari mulai jam 12 siang sampai jam 7 malam.

Di akhir pekan, yaitu hari sabtu dan minggu, kedai terkadang hanya buka sampai jam 5 sore saja. Sebab biasanya jam 4 sore adalah jam-jam kritis saat lontong kupang mulai terjual habis.

Jika kamu berencana datang untuk menikmati lontong kupang disini, cobalah datang antara pukul 12 sampai jam 2 siang. Tak perlu khawatir jika berencana datang menggunakan mobil. Ada petugas parkir yang akan mengarahkan tempat parkir kendaraan. Meski kedai makan ini berlokasi di tempat sempit yaitu tepat di pinggiran jalan, nyatanya tidak sedikit pelanggan yang datang menggunakan kendaraan roda 4.

Sekedar tips bagi kamu yang porsi makannya standar, 1 porsi lontong kupang cowboy sudah akan membuatmu kenyang. Tapi, bagi kamu yang doyan sekali makan, memesan 1 porsi rasanya tidak akan membuatmu puas. Pesan saja 2 porsi sekaligus!

Perlu kamu tahu, meski bisa menambah pesanan tanpa mengambil nomor antrian lagi, akan lebih baik jika memesan 2 porsi sejak awal. Sebab biasanya penjual akan lebih sibuk melayani antrian pembeli daripada permintaan tambahan.

Tentang Penulis : Hidayat

Gambar Gravatar
Menyukai aktivitas luar ruangan & tertarik dengan berbagai jenis informasi, khususnya teknologi & olahraga | Menulis untuk berbagi pengalaman, menyalurkan minat dan dokumentasi.

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

News Feed