oleh

Mencicipi Lezatnya Selat Solo Vien’s, Dulunya Hanya Untuk Kaum Bangsawan

Heydayat.com – Apa kamu pernah mendengar tentang Selat Solo? Eits, selat yang ini bukan nama laut di antara dua pulau, ya. Selat Solo adalah salah satu menu lezat khas dari Solo, Jawa Tengah. Olahan kuliner satu ini adalah perpaduan kuliner Eropa dan Jawa, lho! Pengucapan kata ‘selat’ pun sebenarnya berasal dari kata ‘salad’.

Pada masa lalu, Selat Solo termasuk makanan kelas atas yang hanya dihidangkan untuk para bangsawan dan orang berada, namun sekarang sudah banyak yang menjualnya. Salah satu yang paling legend dan wajib kamu coba adalah Vien’s Selat Solo.

Lokasi dan Suasana Vien's Selat Solo
Suasana dan lokasi Vien’s Selat Solo (Instagram/@jajansolo via @viens_selat)

Berdiri sejak tahun 2006, saat ini Vien’s sudah memiliki 8 cabang yang tersebar di berbagai sudut Kota Solo dan beberapa di Salatiga, Jogjakarta, dan Jakarta. Pusatnya ada di Jalan Hasanudin No.99 D/E, Punggawan, Kec. Banjarsari, Solo. Jaraknya hanya sekitar 600 meter dari Stasiun Solo Balapan, lho. Jadi untuk kamu yang datang dari luar kota, tidak butuh banyak waktu untuk sampai di lokasi Selat Solo Vien’s Pusat, bahkan jika kamu harus berjalan kaki.

 

Selat Lezat dan Beragam Kuliner Khas Solo

Tampilan menu andalan Vien's Selat yaitu Selat Solo
Tampilan Selat Solo di Vien’s Selat (Instagram/@amandasigourmande via @viens_selat)

Selat disebut juga steak Jawa karena bahan-bahan yang digunakan memang mirip. Bintang utama selat adalah daging sapi, kemudian ditambahkan telur rebus, kentang goreng, wortel, buncis, acar, dan selada sebagai pelengkapnya. Kuahnya berwarna coklat agak kental dengan rasa rempah yang manis gurih. Terlihat juga potongan bawang bombay dari kuahnya. Vien’s punya beberapa menu Selat Solo yang dapat kamu pilih, yaitu selat dobel daging, selat daging cacah, dan selat daging iga.

 

Menu Lain Vien’s Selat

Pilihan Menu Makan Vien's Selat Solo
Menu-menu unggulan di Vien’s Selat (Instagram/@jajansolo via @viens_selat)

Selain Selat Solo yang menggugah selera, Vien’s juga menawarkan aneka makanan khas Solo lainnya, seperti sup matahari, sup manten, sup galantin, dan stup makaroni. Bubur ayam, soto, gado-gado, hingga ayam geprek juga ada. Semuanya bisa kamu dapatkan dengan harga yang tak mahal, lho. Satu porsi selat dihargai mulai Rp 13.000, sedangkan menu lainnya di kisaran harga Rp 10.000.

 

Pelayanan Cepat

Pelayanan Tempat Makan Selat - Selat Vien's Solo
Pelayanan di Vien’s Selat Solo (Instagram/@viens_selat)

Tidak hanya menawarkan cita rasa yang lezat, pelayanannya pun juga cepat. Kamu harus membayar dahulu pesananmu di kasir. Tak perlu menunggu lama, pesananmu akan segera siap. Nah, setelah siap, kamu tinggal membawanya ke tempat duduk yang tersedia. Konsepnya ini memang mirip dengan restoran cepat saji. Kamu harus sabar menunggu saat kursi sedang penuh.

Pelanggan Menuju Tempat Duduk Setelah Menerima Pesanan
Pelanggan menuju tempat duduk setelah menerima pesanan (Instagram/@viens_selat)

Meskipun ramai pengunjung, kebersihan tempat ini selalu terjaga. Begitu pelanggan meninggalkan tempat, para pegawai dengan sigap langsung membersihkan meja. Tak lama kemudian meja akan ditempati pelanggan berikutnya.

 

Hari & Jam Buka-Tutup Selat Vien’s

Selat Vien’s Pusat buka setiap hari, mulai pagi pukul 07.30 hingga sore pukul 17.00. Sebaiknya kamu menghindari datang di jam makan siang kalau tak ingin mengantri panjang.

 

Usaha Keluarga yang Memanfaatkan Teknologi

Awalnya Selat Solo hanya dapat ditemukan pada acara-acara resmi, misalnya pernikahan. Hal inilah yang menginspirasi berdirinya Vien’s, sehingga warga Solo dapat menikmati selat kapanpun mereka ingin. Saat ini Vien’s dikelola oleh generasi kedua. Banyaknya cabang yang dibuka tak lepas dari peran teknologi yang semakin canggih. Sehingga bisnis yang ada di berbagai lokasi dapat dipantau secara ­real-time.

Untuk kamu yang sedang berada di Solo, Selat Solo Vien’s layak untuk dicoba. Kamu bisa mengunjungi restoran pusat atau ke salah satu cabang, seperti Solo Grand Mall, Palur Plaza, Transmart Pabelan, Hartono Mall Solo Baru, dan Lotte Grosir Tipes, Solo.

Jadi, kamu mau makan dimana, nih?

(Amalia/Mdu)

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *