oleh

Mie Colot Cirebon, Mie Legendaris Yang Perlu Kamu Coba

Heydayat.com – Siapa sih yang gak suka kulineran mie? Rasanya, hampir setiap orang pasti suka dengan makanan yang bernama Mie. Variannya yang bermacam-macam dan bisa diolah menjadi berbagai masakan, membuat semua orang pasti menyukainya.

Buat kamu, wisatawan yang berkunjung ke Cirebon, harus banget mencicipi kuliner mie paling legendaris di Cirebon yang bernama Mie Colot.

 

Mie Colot Cirebon

Seporsi Mie Colot Cirebon
Seporsi Mie Colot Cirebon (Instagram/@ghatakuliner)

Sebenarnya Mie Colot ini adalah mie yamin yang dijual dengan berbagai macam topping. Penampakannya tentu gak jauh berbeda dengan mie yamin pada umumnya. Tapi, dari segi rasa sudah pasti ada kelezatan tersendiri yang bisa membuat kamu nagih makan mie tersebut.

Mie Colot sudah berdiri sejak tahun 1983. Mulanya, warung Mie Colot ini bertenda di atas trotoar jalan. Namun, sekarang sudah semakin luas karena ada ruko juga yang dijadikan tempat dine in untuk pelanggan. Karena sudah berdiri sejak lama, gak heran kalau Mie Colot selalu ramai setiap harinya. Bahkan warung Mie Colot ini sudah terkenal sampai ke luar kota. Pelanggan yang datang pun dari berbagai kalangan. Mulai dari kendaraan roda dua sampai roda empat dengan dua pintu.

Mie Colot Cirebon juga sering dikunjungi food blogger, lho. Mulai dari food blogger lokal asal Cirebon hingga yang berkelas nasional. Mereka pun merekomendasikan Mie Colot sebagai kuliner yang wajib disantap di Cirebon.

 

Mie Yang Menawarkan Tiga Pilihan Rasa

Hidangan Mie Colot Di Atas Meja
Hidangan Mie Colot dan bakso kuah (Instagram/@miecolot_cirebon)

Sebagai kuliner yang berbahan utama mie, apa sih yang membedakan Mie Colot dengan mie yamin lainnya? Yuk, kita lihat ulasannya!

Pembeda yang pertama ialah di rasa dasarnya. Mie Colot menawarkan tiga rasa utama kepada pelanggannya. Ada yamin manis, yamin asin dan manis asin. Maka dari itu rasanya cocok di lidah berbagai daerah karena ada pilihan rasanya. Dari ketiga rasa, pelanggan lebih banyak memilih rasa yamin manis. Manisnya pun masih ada rasa gurih-gurihnya. Tapi bagi kamu yang lebih suka rasa gurih, bisa memilih yamin asin saja.

Meskipun yamin manis jadi best seller di Mie Colot, tapi yamin asin dan manis asin juga tetap banyak peminat. Apalagi bagi yang berlidah sunda, lebih suka dengan rasa yang gurih-gurih daripada manis.

 

Tekstur Mie Yang Berbeda

Tekstur Mie Colot Cirebon
Tekstur Mie Colot Cirebon (Instagram@miecolot_cirebon)

Ada hal lain yang membedakan Mie Colot dengan yamin lainnya. Pembeda yang kedua adalah di tekstur mie yaminnya. Jika kamu lihat sekilas pasti merasa sama seperti mie yamin yang lainnya, dari segi tekstur dan bentuknya. Tapi setelah dimasukan ke dalam mulut, kamu akan merasakan sensasi yang berbeda.

Tekstur mie pada Mie Colot sangat kenyal. Selain itu, mie-nya juga tidak rapuh atau mudah putus. Meskipun tidak rapuh, tapi mie ini tidak terasa keras saat dimakan, lho. Secara ukuran pun, Mie Colot lebih kecil daripada mie yamin pada umumnya. Namun, untuk rasa mie-nya justru luar biasa lezatnya.

 

Kuah Baso Dan Topping Pilihan

Proses Memasak Mie Colot
Proses memasak Mie Colot (Instagram@miecolot_cirebon)

Kemudian, hal lain yang membuat Mie Colot berbeda adalah kuah basonya yang khas. Setiap porsi Mie Colot, kamu akan mendapatkan satu porsi mangkuk kecil kuah baso. Jadi, mie dan kuah basonya memang sengaja terpisah. Biasanya orang-orang menyantap ini berdampingan. Mereka tidak mencampurkan kuah baso pada mie yaminnya.

Selain kuah basonya, kamu juga bisa menikmati berbagai macam topping pilihan. Di atas mie yaminnya ada topping ayam dan jamur yang lengkap dengan sayurannya. Namun, kamu bisa menambahkan topping lain sesuai selera. Pilihan topping lainnnya diantaranya ada pangsit, tahu, baso tenggiri, otak-otak, serta siomay yang disajikan bersama kuah baso yang gurih.

 

Lokasi Dan Harga Mie Colot

Kedai Mie Colot Saat Malam
Kedai Mie Colot saat malam (Instagram/@miecolot_cirebon)

Nah, bagi kamu yang tertarik mencoba hidangan lezat Mie Colot bisa langsung datang ke warung Mie Colot di Jalan Pekalangan No 15, Kecamatan Pekalipan, Kota Cirebon. Kamu bisa menikmati kuliner ini dengan harga mulai dari 18.000 rupiah. Jika kebetulan sedang tidak membawa uang tunai, jangan khawatir! Mie Colot juga sudah mengikuti perkembangan zaman dimana sudah bergabung dengan beberapa platform dompet digital. Biasanya jika membayar pakai aplikasi dompet digital terkadang ada potongan diskonnya, lho.

 

Jam Buka dan Tutup

Kedai Mie Colot buka setiap hari. Jam buka dan tutupnya dimulai dari jam 11 siang sampai jam 10 malam. Untuk kamu yang baru akan ke sini, waktu terbaiknya adalah antara sore atau malam hari. Jika ingin suasana yang lebih sepi, kamu bisa datang saat jam-jam sibuk antara jam 1 siang sampai jam 3 sore.

(Ghea/Crb)

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *