oleh

Penyebab susah tidur dan cara agar cepat tidur

Heydayat.com – Apakah kamu mengalami masalah sulit tidur atau insomnia? Pernahkah kamu berusaha memejamkan mata untuk waktu yang lama tapi belum juga tertidur?

Tidur adalah kebutuhan penting bagi tubuh. Melalui tidur, tubuh memperbarui energi untuk digunakan esok hari.

Memiliki waktu tidur yang cukup dapat membantu mengembalikan tenaga setelah beraktivitas seharian. Namun bagaimana jika kita mengalami gangguan sulit tidur? Akibatnya, porsi tidur pun berkurang dan badan terasa lelah saat beraktivitas.

Porsi tidur yang kurang berdampak pada buruknya daya tahan tubuh, daya ingat, kemampuan belajar, suasana hati, hingga beberapa fungsi biologis pada tubuh kita. Karenanya penting untuk menjaga kualitas tidur yang baik agar tubuh dapat meregenerasi atau melakukan pemulihan.

Sebelum menuju poin tentang cara agar cepat tidur, perlu kamu ketahui beberapa penyebab dari gangguan sulit tidur yang sering terjadi.

 

Penyebab sulit tidur

 

1. Kelelahan

Saat terlalu lelah, terkadang tubuh malah lebih sulit untuk beristirahat karena otot tidak mendapat cukup peregangan sebelum benar-benar diistirahatkan. Akibatnya, lebih sulit tertidur saat badan kelelahan sebelum akhirnya tertidur dengan waktu tunggu yang lebih lama.

 

2. Stres

Stres adalah gangguan emosional yang disebabkan oleh beban pikiran. Beberapa orang mengalami sulit tidur dikarenakan mereka memiliki beban pikiran yang terus berputar-putar di kepalanya.

 

3. Insecure atau perasaan tidak aman

Sama halnya dengan stres, insecure atau perasaan tidak aman membuat seseorang merasa gelisah sebelum tidur. Perasaan insecure kebanyakan dialami oleh para remaja hingga dewasa hingga usia 30-an. Penyebabnya bisa karena masalah pribadi ataupun ekspektasi akan sesuatu.

 

4. Gangguan lingkungan

Gangguan lingkungan bisa berasal dari dalam ataupun luar. Gangguan lingkungan yang asalnya dari dalam adalah berupa suhu ruangan yang tidak nyaman atau suara-suara yang ditimbulkan dari peralatan elektronik.

Sedangkan gangguan lingkungan yang asalnya dari luar bisa berupa suara-suara gaduh atau keramaian.

 

5. Kebiasaan

Kebiasaan paling umum yang menyebabkan seseorang sulit tidur adalah memainkan handphone sebelum tidur. Selain memainkan handphone, menonton TV juga menjadi penyebab seseorang sulit tidur.

Memperhatikan handphone atau televisi membuat seseorang tertarik untuk terus memperhatikan konten yang ditontonnya. Akibatnya, mata akan terdorong untuk tetap terjaga.

 

Cara agar cepat tidur

Cepat tidur adalah keinginan setiap orang yang mengalami kesulitan dalam tidur. Ada beberapa cara yang bisa kamu lakukan untuk bisa tertidur dengan cepat. berikut cara-cara tersebut :

 

1. Mendengarkan musik

Perangkat pemutar musik
Perangkat pemutar musik

Salah satu penyebab seseorang mengalami sulit tidur adalah karena kurangnya perasaan rileks saat berbaring di atas tempat tidur. Musik adalah salah satu metode yang paling efektif untuk membantu membuat rileks dan cepat tertidur.

Musik pilihan terbaik untuk bisa membantu kamu cepat tidur adalah musik instrumen atau suara alam.

Pilihlah suara instrumen seperti biola atau piano dengan nada-nada sendu. Putar audio ini pada volume suara yang rendah. Akan lebih membantu jika kamu atur tempo musik agar lebih lambat menggunakan aplikasi pemutar musik yang memiliki pengaturan tempo. Ada banyak sekali pilihan aplikasi yang bisa kamu gunakan – tersedia di Google Play Store.

Sedangkan untuk audio berupa suara alam, kamu bisa memilih suara hujan, suara jangkrik di malam hari, suara hembusan angin di hutan, dan semacamnya. Ada banyak sekali konten audio tersebut di youtube untuk kamu unduh.

Saat mendengarkan pilihan audia tadi, aturlah perangkat yang kamu gunakan agar otomatis mematikan musik setidaknya setelah 1 jam.

 

2. Berpikir positif

Penyebab lain dari masalah sulit tidur adalah karena seseorang berpikir negatif akan sesuatu. Saat pikiran kita berpikir negatif, otak akan terangsang untuk terus memikirkan hal-hal yang saling berkaitan dengan pikiran tersebut. Akibatnya, otak sebagai pusat penggerak atau stimulan tubuh jadi tidak bisa beristirahat.

Wanita sulit tidur
Wanita sulit tidur

Cobalah berhenti berpikiran negatif sebelum tidur agar kamu bisa cepat tertidur.

Rebahkan tubuh senyaman mungkin dan pejamkan mata sambil berusaha membuat senyum kecil saat tidur.

Stimulasi diri dengan memikirkan tempat-tempat tenang atau tempat-tempat yang ingin kamu kunjungi.

Jika stimulasi ini tidak cukup membantu, luangkan setidaknya 1 jam waktumu sebelum tidur untuk menulis jurnal. Menulis jurnal dan menuangkan isi pikiran di atas kertas dapat meringankan beban pikiran dan membantumu dapat tidur lebih cepat dibanding hanya terus memikirkannya.

 

3. Mandi air hangat sebelum tidur

Air hangat dari shower mandi
Air keluar dari shower

Mandi air hangat sebelum tidur bermanfaat dalam membantu kamu agar cepat tertidur. Ketika selesai mengerjakan pekerjaan harian dan merasa lelah, mandi air hangat membantumu melemaskan otot-otot yang tegang dan juga kelelahan.

Badan yang terlalu lelah biasanya malah membuat seseorang mengalami masalah sulit tidur. Untuk itu perlu dilakukan ‘pemulihan’ sebelum beranjak tidur.

Dengan mandi air hangat, badan akan terasa lebih segar dan kamu akan merasa lebih nyaman saat berbaring diatas tempat tidur, sebab tubuh yang segar merangsang diri menjadi lebih bahagia.

 

4. Atur suhu ruangan pada suhu rendah

Memegang remote control
Memegang remote control

Jika kamu menggunakan AC pada kamar tidurmu, atur temperatur udara pada suhu yang lebih rendah. Tidak masalah jika kamu merasa sedikit kedinginan. Gunakan selimut untuk membuatnya lebih hangat.

Poin pentingnya bukan membuat tubuh menjadi lebih dingin, tapi menemukan kehangatan di tengah udara dingin adalah kenyamanan tersendiri bagi tubuh.

 

5. Perbarui tata letak ruangan

Tata letak ruangan bisa jadi salah satu penyebab mengapa kamu sulit tidur di malam hari. Ini bisa saja karena rasa bosan atau efek dari suasana hati.

Cobalah perbarui tata letak ruanganmu dengan beberapa sentuhan baru. Pindahkan beberapa barang atau perabot ke posisi yang berbeda.

Ganti lampu kamarmu dengan lampu tidur yang bisa diatur tingkat keterangannya.

Lampu tidur sidamping tempat tidur
Lampu tidur di samping tempat tidur

Tingkat cahaya rendah membantu meningkatkan perasaan kantuk. Sedangkan sebaliknya, cahaya terang membuatmu tetap terjaga dan fokus.

 

6. Atur jadwal aktivitas

Sulit tidur saat malam hari biasanya juga disebabkan oleh distribusi aktivitas yang tidak baik di siang dan sore hari. Seseorang yang mengalami sulit tidur di malam hari biasanya memiliki aktivitas yang lebih sedikit di pagi hingga sore hari.

Tidak sedikit pekerja kantoran yang menghabiskan jam kerja hanya dengan duduk seharian di depan meja komputernya. Karenanya, gangguan sulit tidur juga dialami oleh banyak pekerja kantoran.

Agar bisa tidur dengan cepat di malam hari, akan lebih baik untukmu jika kamu memiliki aktivitas yang sedikit lebih extra di pagi atau siang hari. Dan sebaliknya, hindari tidur siang saat jam-jam istirahat kerja.

Wanita tertidur di depan laptop kerja
Wanita tidur di depan laptop kerja

Jika kamu benar-benar tidak memiliki pekerjaan berat yang harus dilakukan, kamu bisa menggantinya dengan berolahraga di pagi atau sore hari. Olahraga lari sepertinya cukup baik untuk memenuhi kebutuhan agar kamu bisa tidur dengan cepat di malam hari.

Perlu diingat, ekspektasi ini akan terpenuhi jika kamu bisa membuat jadwal rutin ini setiap hari.

 

7. Makan malam

Menu makan malam
Menu makan malam

Cara ini memerlukan perencanaan yang baik sebelumnya, baik dari segi besaran porsi ataupun waktu. Sebab mengkonsumsi makanan dengan perencanaan yang tidak benar sebelum tidur akan berdampak kurang baik bagi kesehatan, diantaranya adalah peningkatan berat badan, dan kualitas tidur malah terganggu.

Memakan makanan mengandung karbohidrat di malam hari dapat membantu kamu tidur lebih baik. Makanan yang dianjurkan adalah yang mudah dan cepat dicerna seperti nasi putih, ubi jalar, roti dan pasta.

Cara ini bukan berarti menyarankan kamu untuk menambah porsi makan saat makan malam. Tetapi lebih kepada waktu yang tepat untuk makan malam yaitu antara 4 hingga 1 jam sebelum tidur.

Selain makan malam, kurangi mengonsumsi apapun yang mengandung kafein di siang atau sore hari, mulai dari kopi, coklat, soda, hingga minuman berenergi dan kue-kue tertentu.

Meskipun kafein baik untuk membantu meringankan rasa lelah dan kurang fokus saat bekerja, setidaknya konsumsilah makanan atau minuman yang mengandung kafein 6 jam sebelum beranjak tidur.

 

8. Jangan melihat jam

Menengok jam saat tidur
Menengok jam saat tidur

Saat sulit tidur, biasanya kita akan lebih sering menengok jam untuk memastikan berapa lama lagi waktu dibutuhkan agar bisa tertidur.

Memperhatikan jam adalah kebiasaan umum bagi orang yang mengalami insomnia. Akan tetapi, bukannya berguna untuk mengukur waktu, memperhatikan jam secara berulang hanya menciptakan semacam rutinitas. Kamu akan merasa tidak nyaman jika tidak memperhatikan jam, bahkan jika kamu akan tertidur sekalipun.

Hal serupa juga berlaku jika kamu suka menonton televisi. Atur waktu mati otomatis pada saluran TV yang kamu tonton agar kamu tidak terpicu terus menontonnya hingga larut malam.

 

9. Gunakan Aromatherapy pada ruangan

Parfum Aromatherapy
Parfum Aromatherapy

Aromatherapy umum digunakan oleh orang-orang yang mengalami gangguan sulit tidur. Aromatherapy membantu dengan cara memberikan relaksasi.

Aromatherapy yang paling banyak digunakan untuk membantu cepat tidur adalah aroma lavender dan mawar.

 

10. Kunjungi dokter

Jika beberapa cara diatas tidak efektif kamu terapkan, konsultasikan masalah gangguan tidurmu ke dokter. Bisa jadi ada beberapa penyebab yang membuatnya tidak bisa diatasi dengan cara-cara mandiri.

Jika kenyataannya benar demikian, dokter akan memberimu saran atau resep yang dibutuhkan untuk membantumu mengatasi masalah sulit tidur.

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

News Feed