oleh

Apa Saja Persiapan Sebelum Travelling?

Heydayat.com – Apakah kamu berencana travelling ke suatu tempat dalam waktu dekat?
Apakah kamu yakin sudah mempersiapkan segalanya sebelum kamu berangkat nanti?

Ingat, mempersiapkan segalanya adalah kebutuhan mutlak agar waktumu bermanfaat dengan maksimal saat travelling! Untuk itu perlu untuk mempertimbangkan apa saja persiapan yang dibutuhkan sebelum travelling. Berikut adalah daftar yang harus kamu persiapkan sebelum travelling :

 

1. Cari informasi tentang lokasi tujuan

Mencari-tahu info apapun seputar lokasi yang akan dituju akan berguna untuk beberapa hal, diantaranya : Waktu terbaik untuk berkunjung, menemukan tempat penginapan paling ‘worth it’ dan terdekat, hingga cara atau pantangan saat mengunjungi tempat wisata.

Mengetahui hal-hal tersebut selain untuk memastikan liburan juga untuk mengantisipasi kemungkinan yang bisa saja terlewat. Semisal tempat wisata yang hanya buka di jam tertentu atau tempat belanja oleh-oleh yang hanya buka di hari besar saja.

 

2. Buat check list “What to do”

Membuat daftar ‘What to do’ atau daftar apa saja yang harus dilakukan akan membantumu mengefisiensikan waktu liburan. Dengan membuat daftar ini, kamu bisa melalukan lebih banyak kegiatan dibanding jika kamu tidak mempersiapkannya sebelum pergi liburan.

Buatlah setidaknya 3 poin penting jadwal liburan, yaitu waktu mengunjungi tempat wisata atau tujuan, jadwal makan dan istirahat, dan terakhir adalah oleh-oleh yang harus dibeli. Nah, dari ketiga poin ini, kamu dapat buat daftar turunan untuk memperrincinya sesuai keinginan.

 

3. Periksa dokumen pribadi

Berlibur membawa dokumen pribadi
Membawa dokumen pribadi

Dokumen pribadi seperti KTP, Paspor, atau Surat Ijin Mengemudi penting untuk dipersiapkan saat akan pergi travelling. Saat akan check in di sebuah tempat penginapan, petugas atau pemilik penginapan pasti akan menanyakan kartu identitas sebagai jaminan. Jangan sampai persiapan liburan yang sudah sangat baik jadi berantakan hanya karena kamu lupa membawa dokumen penting tersebut.

 

4. Siapkan cukup uang tunai

Apakah kamu berpikir untuk membawa sedikit uang tunai saat akan travelling? Jangan salah sangka! Saat kamu berpikir kamu bisa mencairkan uang tabungan lewat ATM, tidak semua destinasi wisata memiliki fasilitas ATM.

Daripada memercayakan ATM, lebih baik buatlah perhitungan perkiraan biaya yang akan kamu keluarkan saat travelling.

 

5. Bawa barang seperlunya

Mengepak barang bawaan
Mengemas barang bawaan

Setelah selesai mengemasi barang bawaan ke dalam koper atau tas, periksa lagi barang bawaanmu! Apakah kamu benar-benar membutuhkan semua barang-barang tersebut?

Periksa kembali, barang apa yang menurutmu tidak perlu dibawa saat travelling!

Kesalahan umum yang dilakukan seseorang saat pergi travelling adalah membawa terlalu banyak barang bawaan yang sebenarnya tidak mereka butuhkan. Yang paling umum adalah pakaian, aksesoris hingga barang-barang lainnya yang kita sendiri bahkan tidak ingat telah membawanya.

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

News Feed