oleh

Review Wisata Kebun Raya Purwodadi Pasuruan

Heydayat.com – Ingin wisata sambil piknik atau sekadar jalan-jalan santai? Ingin liburan ramai-ramai ke tempat yang sejuk dan punya pemandangan hijau? Wisata ke kebun raya sepertinya pilihan tepat untuk kamu. Apalagi kalau kamu orangnya mager-an atau butuh liburan dengan banyak teman. 😀

Di Jawa Timur ada loh, tempat wisata yang seru untuk didatangi bersama keluarga atau teman-teman. Tempat wisata ini adalah kawasan terbuka hijau yang pastinya sejuk dan memanjakan mata. Kebun Raya Purwodadi nama tempatnya.

 

Kebun Raya Purwodadi

Taman Wisata Kebun Raya Purwodadi
Taman wisata Kebun Raya Purwodadi (Heydayat.com – Hidayat)

Kebun Raya Purwodadi adalah tempat wisata berupa taman dan hutan yang lokasinya ada di Purwodadi, Kota Pasuruan, Jawa Timur. Tempat ini recomended untuk dikunjungi, terlebih jika kamu ingin piknik bersama keluarga.

Merupakan tempat wisata alam dan edukasi, tempat ini cocok jadi tujuan bagi kamu yang suka healing sambil bersantai seharian. Kamu bisa merasakan nuansa alam seperti angin sepoi-sepoi, suara kicau burung, hingga bersantai sambil menikmati suara tonggeret di Kebun Raya ini. Hehe

 

Tentang Kebun Raya Purwodadi

Kebun Raya Purwodadi adalah daerah konservasi tumbuhan juga fasilitas riset yang masih dalam pengawasan Badan Riset dan Inovasi Nasional atau disingkat BRIN.

Memiliki area yang sangat luas, ukuran taman wisata ini luasnya kurang-lebih 85 hektare atau 850.000 meter persegi. Selain sebagai area konservasi dan penelitian, tempat ini juga merupakan destinasi wisata alam yang cukup terkenal di Jawa Timur.

Kebun Raya Purwodadi berada di ketinggian 310 meter di atas permukaan laut, sehingga membuatnya termasuk dalam kategori dataran rendah. Suhu udara di tempat ini cukup sejuk dan tidak dingin seperti di daerah-daerah dataran tinggi. Sejuknya tempat ini bukan tanpa alasan. Ini karena hijaunya pepohonan terjaga dengan baik dan alami.

Jenis tumbuhan yang ada di Kebun Raya Purwodadi kebanyakan adalah pohon-pohon tinggi dan jenis-jenis tanaman bunga.

Sekadar tahu saja, selain kebun raya yang ada di Pasuruan ini, taman wisata dengan tema yang sama juga ada di daerah lainnya. Diantaranya : Kebun Raya Bogor, Kebun Raya Cibodas, dan Kebun Raya Bali. Sama seperti Kebun Raya Purwodadi, kebun raya ini juga masih dalam satu lingkup pengelolaan.

 

Aktivitas Yang Bisa Dilakukan

Ada banyak kegiatan yang bisa kamu lakukan di Kebun Raya Purwodadi. Kamu bisa melakukan aktivitas ini sendirian ataupun bersama seseorang. Berikut daftar aktivitas seru yang bisa kamu lakukan jika datang ke tempat wisata satu ini :

Piknik

Piknik Di Kebun Raya Purwodadi Pasuruan
Piknik di Kebun Raya Purwodadi Pasuruan (Heydayat.com – Hidayat)

Aktivitas paling banyak dilakukan di tempat ini adalah piknik. Ada banyak sekali spot-spot sejuk dengan rerumputan hijau sehingga cocok sekali dijadikan tempat piknik bersama teman, pasangan, atau keluarga.

Fotografi

Bagi yang suka kegiatan fotografi, kamu bisa hunting foto pemandangan atau melakukan sesi fotomodel di lokasi ini. Kamu juga bisa jadikan tempat ini sebagai latar foto pre-wedding, acara perpisahan angkatan, atau berbagai acara lainnya.

Bersepeda

Naik Sepeda Ontel Keliling Kebun Raya Purwodadi
Naik sepeda gowes (Heydayat.com – Hidayat)

Bersepeda adalah satu kegiatan lainnya yang paling banyak dilakukan oleh pengunjung. Di sini, kamu bisa naik sepeda untuk mengelilingi taman.

Tidak perlu repot memikirkan sepedanya. Di Kebun Raya Purwodadi sudah disediakan tempat sewa sepeda, mulai dari sepeda gowes sampai dengan sepeda listrik.

Jogging

Untuk yang suka berolahraga, kamu bisa jogging atau lari-lari di sekitaran taman wisata ini. Jogging track yang bisa dilewati yaitu melewati jalan aspal yang mulus dengan pemandangan hijau di sepanjang kanan dan kiri jalan.

Sekali memutari taman, setidaknya kamu bisa menempuh jarak 3 kilometer dalam sekali jalan.

Naik Mobil Golf

Naik Kendaraan Shuttle Car Bus Mobil Keliling Kebun Raya Purwodadi
Naik mobil keliling (Heydayat.com – Hidayat)

Selain bersepeda, kamu juga bisa keliling Kebun Raya naik mobil golf atau bis keliling. Kendaraan ini bisa dinaiki beberapa orang sekaligus, jadi pasti lebih seru karena bisa ramai-ramai.

Kemping

Satu lagi kegiatan yang seru untuk dilakukan di taman wisata ini adalah berkemah atau kemping ceria. Suasana yang dekat dengan alam, membuat tempat wisata ini jadi lokasi yang cocok untuk aktivitas mendirikan tenda.

Tapi, meski begitu – tetap perhatikan jam buka dan tutup lokasi wisata yaa. Karena Kebun Raya Purwodadi tidak membolehkan wisatawan menginap di dalam area kebun.

Aktivitas Lainnya

Sewa Kendaraan Mobil Remot Untuk Anak-anak Di Kebun Raya Purwodadi
Tempat sewa skuter dan kendaraan mobil remot untuk anak-anak (Heydayat.com – Heydayat)

Selain beberapa aktivitas tadi, aktivitas lainnya yang menarik dan seru untuk dilakukan adalah : naik delman, olahraga senam, quality time bersama keluarga, dan kegiatan-kegiatan lainnya.

Di sini juga ada Menara Pandang dan Rumah Kaca yang boleh dimasuki pengunjung loh. Spot ini cukup menarik dan estetik untuk dijadikan latar foto-foto selfi.

 

Alamat & Lokasi

Kebun Raya Purwodadi beralamat di Jl. Raya Surabaya-Malang, Km. 65, Sembung Lor, Parerejo, Kecamatan Purwodadi, Kota Pasuruan, Jawa Timur. Lokasinya ini ada di sisi kiri jalan jika dari arah Purwosari, dan kanan jalan jika dari arah Lawang.

Kalau datang dari jauh, kamu bisa menginap di penginapan terlebih dulu. Kamu bisa memilih beberapa penginapan yang terletak di sebelah selatan Kebun Raya Purwodadi. Yang terdekat yaitu berjarak sekitar 2 KM dan harga sewanya mulai dari Rp 100.000 per malam.

 

Buka & Tutup

Rumah Kaca Dan Menara Pandang Kebun Raya Purwodadi
Rumah Kaca dan Menara Pandang Kebun Raya Purwodadi

Taman wisata Kebun Raya Purwodadi buka setiap hari, mulai dari jam 07.00 sampai jam 16.00. Suasananya yang asri membuat siapapun akan betah bersantai ria di taman hutan ini.

Tapi, biarpun betah kalau sedang ada di sini, kamu jangan lupa bersiap pulang sebelum jam 4 sore yaa. Ini karena tempat wisata ini sudah akan sepi dan minim penerangan kalau sudah sore.

 

Harga Tiket & Sewa Fasilitas

Perlu diketahui, di Kebun Raya Purwodadi – kendaraan pribadi tidak boleh masuk ke dalam kawasan kebun. Sebagai gantinya, pengunjung bisa menyewa sepeda gowes, sepeda listrik, atau mobil golf untuk keliling taman wisata. Untuk harga tiket dan sewa fasilitas, berikut uraiannya :

Harga Tiket Masuk Kebun Raya Purwodadi

Hari Harga Tiket Keterangan
Senin-Jum’at (Bundling Air Mineral)  Rp   20,000 HTM Rp 15.500 + Gratis Air Mineral
Senin-Jum’at (Bundling Shuttle Bus)  Rp   30,000 HTM Rp 15.500 + Gratis Shuttle Bus
Sabtu & Minggu (Bundling Air Mineral)  Rp   30,000 HTM Rp 25.500 + Gratis Air Mineral
Sabtu & Minggu (Bundling Shuttle Bus)  Rp   40,000 HTM Rp 25.500 + Gratis Shuttle Bus

Catatan :
* Tiket sudah termasuk asuransi bagi pengunjung
* Anak dibawah tinggi 80 CM tidak dipungut biaya tiket masuk

Biaya Masuk Kendaraan

Jenis Kendaraan Biaya Masuk
Roda 2 : Sepeda Motor  Rp     5,000
Roda 4 : Mobil Pribadi, DLL  Rp   15,000
Roda 4+ : Bus  Rp   50,000

Harga Sewa Fasilitas

Jenis Kendaraan Harga Sewa Keterangan
Bis Keliling  Rp    20,000 Per Trip, Per Orang
Mobil Golf  Rp  200,000 4 Seats, Per Unit, Per Jam
Mobil Golf  Rp  250,000 6 Seats, Per Unit, Per Jam
Mobil Anak  Rp    25,000 Per Unit, 15 Menit
E-Scooter  Rp    35,000 Per Unit, 20 Menit
Sepeda Listrik  Rp    40,000 Per Unit, Per Jam
Sepeda Gowes  Rp    20,000 Per Unit, Per Jam

Catatan :
* Khusus hari Sabtu, Minggu, dan hari libur nasional – harga sewa sepeda gowes berubah jadi Rp 30.000 per unit untuk satu jam.

Untuk info dan foto lainnya, bisa cek di halaman berikutnya!

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *