oleh

Saung Angklung Udjo, Wisata Edukasi dan Budaya Sunda

Heydayat.com – Kota Bandung menjadi salah satu kota di provinsi Jawa Barat yang menyimpan banyak tempat wisata. Ada wisata kuliner, wisata alam, wisata hiburan, hingga wisata budaya. Ngomongin soal wisata budaya, Bandung memiliki salah satu tempat wisata budaya dan edukasi yang bisa kamu kunjungi. Tempat wisata budaya ini bernama Saung Angklung Udjo.

Saung ini sudah sangat terkenal dan populer di kota Bandung dan sekitarnya. Bagi kamu yang penasaran dengan tempat wisata yang satu ini, yuk simak ulasan lengkapnya di bawah ini.

 

Tentang Saung Angklung Udjo

Pertunjukan Angklung Oleh Anak-anak
Pertunjukan angklung oleh anak-anak (Instagram/@angklungudjo)

Saung Angklung Udjo merupakan salah satu objek wisata budaya di Kota Bandung yang memperkenalkan kebudayaan Sunda. Tak hanya memperkenalkan saja, tempat wisata ini juga berusaha melestarikan budaya Sunda melalui seni musik angklung.

Demi mempertahankan alat musik dari bambu tersebut, Saung Angklung Udjo telah mendirikan beberapa kelas pendidikan seperti musik, angklung, serta tarian. Menariknya, semua orang yang tertarik untuk mempelajari seni musik Sunda ini dapat langsung belajar di sini, tanpa ada pungutan biaya, lho.

Bahkan, murid-muridnya pun terdiri dari anak-anak, mahasiswa, hingga kalangan dewasa. Jadi, kalau kamu tertarik dengan seni musik daerah, terutama alat musik angklung, bisa langsung datang ke sini dan mencoba untuk mempelajarinya.

Perlu kamu ketahui, objek wisata kesenian Sunda ini didirikan oleh seorang seniman Sunda, yang dikenal dengan sebutan Mang Udjo. Atas kecintaannya yang besar terhadap angklung, akhirnya beliau mendirikan Saung Angklung Udjo ini di tahun 1966.

Ketika mang Udjo wafat, maka Saung Angklung Udjo diteruskan oleh generasi penerusnya, yaitu anak-anaknya. Semasa hidupnya, beliau dikaruniai 10 orang anak dan sampai saat ini anak-anaknya masih mengikuti jejak beliau untuk melestarikan kesenian dan budaya Sunda.

 

Berbagai Aktivitas di Saung Angklung Udjo

Aktivitas Di Saung Angklung Udjo
Aktivitas di Saung Angklung Udjo (Instagram/@angklungudjo)

Di sini, tak hanya pemandangan indah di kawasan saungnya, kamu juga akan menikmati berbagai aktivitas menghibur sekaligus bisa menambah ilmu baru. Beberapa aktivitas yang sering diadakan oleh Saung Angklung Udjo, diantaranya :

 

1. Angklung Orkestra

Di angklung orkestra, kamu akan melihat para pementas memainkan angklung secara bersama-sama hingga menghasilkan suara yang indah. Suara alunan musik akan dibarengi dengan gerakan tarian asal Jawa Barat yang luwes dan mempesona.

Biasanya, lagu yang dibawakan dalam pentas ini adalah Balonku, Twinkle-twinkle Little Star, lagu daerah, hingga lagu dangdut. Saat melihat pertunjukan angklung orkestra ini, dapat dipastikan kamu tidak akan berhenti berdecak kagum.

 

2. Bermain Angklung Bersama-sama

Tak hanya melihat pertunjukan saja, kamu juga akan diajak untuk mencoba bermain angklung secara bersama-sama. Kamu bisa bermain angklung sekaligus belajar bersama anak-anak di sana. Anak-anak ini adalah anak-anak didikan dari Saung Angklung Udjo. Kamu boleh meminjam angklung yang ada di sana, lalu memainkannya sesuai aba-aba yang diberikan.

Bermain Angklung Bersama
Memainkan angklung bersama-sama (Instagram/@halobandung)

Jika masih bingung dengan cara penggunaan angklung, tenang saja. Kamu akan diajarkan terlebih dahulu sebelum bermain bersama-sama. Nah, kalau sudah bisa, tinggal mengikuti aba-aba yang diberikan oleh dirigen saat ia memberikan kode dengan mengangkat tangannya.

 

3. Menari Bersama

Menari Bersama Di Saung Angklung Udjo
Menari bersama di Saung Angklung Udjo (Instagram/@halobandung)

Selain bermain angklung, kamu juga akan diajak untuk menari tarian tradisional Jawa Barat, lho. Para pengunjung bisa langsung mengikuti gerakan tari sesuai gerakan para penari di sana.

Aktivitas ini tentu sangat mengedukasi dan menyenangkan, terutama bagi anak-anak yang datang dengan didampingi orang tua. Hal ini bisa juga sebagai cara untuk memperkenalkan kebudayaan ke anak-anak sejak dini. Dengan mengejak mereka menari, dijamin, anak-anak pasti suka saat berkunjung ke tempat wisata yang satu ini.

 

4. Wayang Golek

Wayang golek merupakan sandiwara boneka kayu khas Sunda, lengkap dengan kostum dan nama setiap karakter wayangnya. Orang yang berada di belakang atau memainkan pertunjukan ini disebut sebagai dalang.

Durasi pertunjukan wayang golek dilakukan sekitar 10 hingga 20 menit, sebelum acara atau atraksi dimulai. Setelah pertunjukan wayang golek berakhir, maka pengunjung akan mendapatkan pesan moral yang dapat dipetik dan dijadikan sebagai pelajaran hidup.

 

5. Tari Topeng

Tarian ini termasuk dalam pentas pertunjukan dan dilakukan setiap hari. Nah, kisah dari pertunjukan tarian ini berawal dari seorang pembawa berita Majapahit yang sedang menyelidiki situasi kerajaan Blambangan.

Di sini, seorang penari akan berperan sebagai si pembawa berita yang menyamar menggunakan topeng. Alasan topeng ini digunakan adalah untuk memperlihatkan bahwa penari bak seorang pria gagah yang siap melawan Prabu Minakjinggo.

 

6. Acara Helaran

Atraksi helaran biasanya dilakukan saat upacara panen padi dan khitanan. Tujuannya adalah untuk menghibur serta mengungkapkan rasa syukur. Sehingga, musik yang ada di atraksi ini memiliki warna ceria dan semangat.

Dalam pertunjukan helaran, biasanya akan dimeriahkan dengan beragam tarian khas Sunda, nyanyian Sunda, hingga pertunjukan angklung oleh anak-anak didik Saung Angklung Udjo.

Anak-anak Menari Sambil Memainkan Angklung
Anak-anak menari sambil memainkan angklung (Instagram/@angklungudjo)

 

7. Wisata Kuliner

Saung Angklung Udjo tidak hanya menyajikan wisata budaya dan keindahan alam di sekitarnya saja. Kamu bisa menemukan berbagai kuliner khas Jawa Barat yang lezat dan menggugah selera.

Beberapa kuliner paling populer di sini di antaranya seperti batagor, siomay, bahkan menu makanan western juga ada. Untuk harganya pun sangat terjangkau, sehingga cocok dinikmati oleh seluruh anggota keluarga.

 

8. Belanja Souvenir

Setelah berwisata kuliner, kamu bisa mencari souvenir yang sudah disediakan khusus oleh Saung Angklung Udjo. Beragam souvenir keren dan menarik bisa kamu dapatkan, seperti ganci alias gantungan kunci, sandal, replika angklung, tas unik, pakaian, gelang dan masih banyak lagi.

 

9. Berfoto di Spot Foto Keren

Kelestarian dan keasrian alam Saung Angklung Udjo bisa kamu nikmati sambil berfoto ria bersama keluarga. Beberapa sudut area di tempat ini bisa kamu manfaatkan sebagai spot foto karena mempunyai latar yang tak biasa.

Memainkan Angklung
Memainkan alat musik angklung (Instagram/@angklungudjo)

 

Fasilitas Saung Angklung Udjo

Saung Angklung Udjo memiliki beragam fasilitas menarik yang bisa kamu gunakan. Di antaranya ada fasilitas Buruan Sari Asih yang digunakan untuk bersantai dengan suasana lingkungan Sunda.

Lalu, ada juga fasilitas Sentra Penyuluhan Kehutanan yang berfungsi untuk memberikan penyuluhan terkait pepohonan serta berkontribusi dengan lingkungan alam.

Kamu juga akan menemukan fasilitas Bale Karesemen yang digunakan untuk berkumpul serta tempat dilakukannya pertunjukan seni. Selain itu, ada juga tempat Pusat Produksi Angklung yang membuat para pengunjung bisa melihat proses pembuatan angklung kualitas terbaik secara langsung di sini.

Pengrajin Angklung Di Saung Angklung Udjo
Pak Rahmad, pengrajin angklung senior di Saung Angklung Udjo (Instagram/@egp_picture)

 

Rute Menuju Saung Angklung Udjo

Saung Angklung Udjo terletak di Jalan Padasuka No. 118 Pasirlayung, Cibeunying Kidul, Kota Bandung, Jawa Barat.

Nah, jika kamu ingin datang menggunakan angkutan umum, maka bisa menggunakan angkot nomor 06, yaitu rute Cicaheum-Ciroyom. Kemudian, langsung turun di perempatan Padasuka.

Dari perempatan Padasuka, kamu bisa berjalan kaki menuju lokasi sejauh 500 meter. Jika tidak ingin berjalan kaki, maka bisa menggunakan jasa ojek sampai berada di gerbang masuk Saung Angklung Udjo.

 

Harga Tiket Saung Angklung Udjo

Anak-anak Saung Angklung Udjo
Keceriaan Anak-anak di Saung Angklung Udjo (Instagram/@teguh.dewanto)

Harga tiket tempat wisata Saung Angklung Udjo sangat terjangkau, yaitu :

Senin – Jumat :

  • Harga tiket anak-anak Rp 50.000
  • Harga tiket dewasa Rp 70.000

Akhir pekan (Weekend) :

  • Harga tiket anak-anak Rp 55.000
  • Harga tiket dewasa Rp 75.000

Sementara untuk jadwal pertunjukannya sendiri, di antaranya :

  • Saung Angklung Udjo buka setiap hari, mulai pukul 08.00 sampai 22.00 WIB.
  • Atraksi kesenian dan kebudayaan Sunda diselenggarakan pada hari kerja, yaitu Senin sampai Jumat, sekitar pukul 15.30 WIB.
  • Untuk hari Sabtu, atraksi kesenian dan kebudayaan Sunda akan dimulai pukul 13.00 WIB dan 15.30 WIB.
  • Sementara di hari Minggu, biasanya diselenggarakan pada pukul 10.00 WIB dan pukul 15.30 WIB.

 

Itulah informasi mengenai wisata budaya Saung Angklung Udjo yang bisa kamu kunjungi saat liburan ke kota Bandung. Dengan berwisata budaya di tempat ini, tentunya kamu akan memiliki ilmu pengetahuan baru terkait budaya Sunda dan beberapa hal lainnya.

Tentang Penulis : Admin Heydayat

Gambar Gravatar
Haydayat.com adalah situs berbagi informasi dan ulasan seputar tempat dan aktivitas menarik. Admin adalah pengguna yang menerbitkan artikel yang ditulis oleh kontributor non-user. Tertarik mengirim tulisan? Silahkan kunjungi halaman Karir kami! Salam hangat. Have a nice day at ... ! 😉

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

News Feed