oleh

Sepulu Madura, Spot Mancing Berburu Tengiri & Monster Lainnya

Heydayat.com – Madura adalah pulau besar dengan garis pantai yang panjang. Setiap daerah pantainya memiliki karakter yang bervariasi. Pulau ini memiliki banyak spot andalan bagi pemancing-pemancing laut. Terlebih, ada beberapa hotspot yang jadi favorit kebanyakan angler, baik dari dalam daerah maupun luar daerah.

Sepulu Madura salah satunya, atau yang biasa dikenal dengan pengucapan Sepolo atau Sepoloh. Lokasinya ada di sebelah utara pulau Madura bagian barat.

Spot mancing di Sepulu ada banyak sekali. Kebanyakan dibedakan dari jauhnya rig atau tempat pengeboran minyak di tengah laut. Spot ini bisa ditempuh dari tepi pantai di desa Sepulu kabupaten Bangkalan.

Spot Mancing Rig Sepulu Sepolo Madura
Rig Sepulu Madura (Youtube – BCFB Birunya Cinta Fishing Boat)

Jarak lokasi mancing dari pantai ditempuh dengan waktu antara 2 sampai 5 jam perjalanan. Ini tergantung jauh-dekatnya spot yang ingin dituju.

Jauh atau dekatnya spot mancing ditandai dengan keberadaan rig (oil rig) atau proyek pengeboran minyak di tengah laut. Rig 3 dan 5 contohnya, cukup ditempuh dengan waktu 2 jam perjalanan menggunakan perahu nelayan.

 

Ikan Target

Target yang diidolakan di Sepulu Madura ini umumnya adalah ikan tengiri. Selain tengiri, jenis tangkapan lainnya yang banyak dicari ada ikan talang-talang, ikan kue atau GT (Giant Travely), dan juga kerapu.

Saat kondisi ombak tenang, mancing di spot rig bisa dilakukan dengan teknik casting menggunakan umpan ultra light. Sedangkan saat kondisi berombak dan arus tinggi, maka sebaiknya menggunakan metal jig antara 60 sampai 100 gram.

 

Teknik Andalan

Teknik andalan alias yang banyak digunakan di sini adalah teknik jigging. Selain teknik jigging, di spot mancing Sepulu Madura juga bisa menggunakan teknik mandas atau mancing dasaran.

Metal Jig Untuk Mancing Laut Sepolo Madura
Metal jig untuk jigging (Heydayat.com – Hidayat)

Untuk teknik mandas, umpan yang digunakan umumnya adalah udang vanamei atau ikan ukuran kecil yang masih hidup.

Sementara, untuk umpan yang ukurannya lebih besar, yaitu ikan dengan ukuran antara 2 sampai 5 jari – pemancing bisa mengaitkannya langsung ke metal jig. Caranya yaitu dengan mengaitkan kail jig ke punggung ikan.

 

Peralatan Mancing / Gears

Membersihkan Pancingan
Peranti mancing (Heydayat.com – Hidayat)

Bagi kamu yang berencana melakukan fishing trip ke Sepulu Madura ini, disarankan agar menggunakan senar PE ukuran 2 dengan leader yang disesuaikan.

Gunakan joran dengan tipe rigid untuk antisipasi jika ikan tangkapan lebih besar dari perkiraan.

 

Estimasi Biaya Mancing Laut Sepulu Madura

Sekedar informasi, ini adalah perkiraan biaya yang dibutuhkan saat akan melaut di Sepolo. Biaya ini sesuai dengan pengalaman penulis saat mancing di tahun 2020 lalu.

Dimulai dari sewa perahu nelayan. Perahu yang disewakan untuk mancing di spot Sepulu Madura dapat menampung angler maksimal 5 orang dalam 1 perahu.

Harga sewa perahunya yaitu di kisaran RP 900.000 sampai dengan RP 1.200.000.

Perahu Nelayan Untuk Memancing Sepulu Madura
Perahu nelayan untuk memancing (Heydayat.com – Hidayat)

Perahu berangkat melaut pada jam 12 malam dan menepi pada jam 2 sore. Untuk akomodasi perbekalan, angler bisa membawa sendiri atau memesan ke pemilik perahu untuk dipersiapkan. Akomodasi ini diantaranya adalah makanan dan minuman, rokok pemancing dan pemilik perahu.

Perkiraan biaya akomodasi adalah RP 300.000. Ditambah umpan udang vanamei hidup 1 KG, harganya di kisaran Rp 100.000.

Umpan cukup membawa 1 KG saja sebab teknik mancingnya akan diselingi dengan teknik casting. Jadi, umpannya menggunakan umpan mainan.

 

Kesimpulan

Spot mancing Sepulu atau Sepolo lokasinya ditandai dengan posisi rig atau tempat pengeboran minyak. Jarak tempuh ke lokasi mancingnya antara 2 sampai 5 jam. Jika punya target berburu tengiri, rekomendasi menuju rig 5 saja.

Rig Sepolo Madura
Rig Sepulu Madura (Heydayat.com – Hidayat)

Kondisi alam jadi pertimbangan sekali saat ingin mancing ke sini. Usahakan agar memilih waktu yang baik, antara April sampai Oktober.

Biaya mancingnya, secara keseluruhan mulai dari Rp 1.400.000. Harga ini mencakup sewa perahu, logistik, dan umpan. Ini belum terhitung biaya transport pulang-pergi, dari dan ke kampung Sepulu Madura.

Harga ini bukan untuk perorangan, tapi sudah untuk satu grup mancing – yaitu maksimal 5 angler (boleh ditambah 2 orang, tapi tidak untuk memancing). Silahkan estimasi sendiri biaya yang mungkin timbul.

 

Informasi Tambahan

Jika perjalanan menuju Madura ditempuh melalui jalur darat (melewati jembatan Suramadu), perbekalan bisa dibeli di minimarket Rindu Alam yang lokasinya ada di kanan jalan – tepat sebelum masuk desa Sepulu.

Untuk udangnya, bisa dibeli di desa terdekat atau sekitaran lokasi berangkat. Tanya saja warga sekitar atau bisa memesan lewat pemilik sewa perahu.

Ada baiknya jika udang dipesan lebih dulu, bukan beli di hari H. Setelah umpan siap, jangan lupa pasang aeratornya biar udang tetep sehat dan hidup sebelum dipakai mancing.

Ikan Hasil Mancing Sepolo Sepulu Madura
Kurang beruntung. Ikan hasil mancing Sepolo Sepulu Madura (Heydayat.com – Hidayat)

Perlu dicatat, spot mancing rig Sepulu Madura adalah spot yang jauh. Kondisi cuaca bisa jadi sulit diprediksi saat musim hujan. Seringkali, kondisi angin dan badai membuat nelayan tidak berani untuk melanjutkan trip.

Selain alasan keamanan dan keselamatan, cuaca seperti ini ditengarai sebagai saat-saat dimana ikan sulit ditangkap alias tidak mau makan. Maka dari itu, kalau kamu sudah datang ke sini tapi cuaca sedang tidak mendukung, jangan memaksa untuk tetap melaut, yaa.

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

NEWS FEED