oleh

Taman Nasional Zamrud, Menengok Alam, Flora dan Fauna

Heydayat.com – Siapa bilang Riau tidak memiliki kawasan alam yang memukau? Meski daerah berjulukan Bumi Lancang Kuning ini lebih terkenal dengan migas dan kelapa sawit, Riau juga menyimpan sejuta pesona, lho!

Salah satunya Taman Nasional Zamrud yang berada di Kabupaten Siak. Lokasinya tidak jauh dari ibukota Riau, Kota Pekanbaru. Hanya berkisar 2 jam perjalanan darat menggunakan bus ataupun kendaraan roda empat.

Buat kalian yang berencana berkunjung ke Riau, tidak lengkap rasanya jika tidak main-main ke Kabupaten Siak. Penasaran, bukan, bagaimana cantiknya Taman Nasional Zamrud ini? Yuk, simak dulu ulasannya dibawah ini!

 

Akses & Lokasi Taman Nasional Zamrud Riau

Foto Udara Taman Nasional Zamrud Siak Riau
Foto udara Taman Nasional Zamrud Siak Riau (Instagram/@kabupatenlestari)

Taman Nasional Zamrud atau bisa disebut TN Zamrud, berlokasi di Desa Dayun, Kecamatan Dayun, Kabupaten Siak, Riau. Akses menuju lokasi ini memang sedikit sulit karena harus melewati perusahaan Migas PT. BOB terlebih dahulu.

Kalian tak perlu khawatir, Taman Nasional Zamrud dapat dicapai menggunakan angkutan darat menuju Desa Dayun. Lokasinya dapat ditempuh dengan waktu sekitar 2 jam dari Bandara Udara Sultan Syarif Kasim II, Pekanbaru. Jika menaiki travel, kalian harus mengeluarkan isi dompet sebesar Rp 90.000 menuju Desa Dayun.

Dari Desa Dayun, kamu bisa lanjutkan perjalanan menuju Gate Camp Zamrud di Dayun (Security Gate Zamrud) melalui jaringan jalan Konsesi PT. BOB (Perusahaan Migas) menuju lokasi TN Zamrud, dengan jarak sekitar 120 KM.

Untuk rekomendasi, jika kalian datang dari luar Riau, sebaiknya menyewa kendaraan sesampainya di Kota Siak Sri Indrapura (Ibukota Kabupaten Siak) atau di Kota Pekanbaru, biar lebih gampang ke lokasinya.

Selain via darat, TN Zamrud juga dapat kalian tempuh melalui jalur perairan Sungai Siak dengan rute Pekanbaru – Pelabuhan Buton (Mengkapan), Kecamatan Sungai Apit dengan biaya Rp 85.000.

Dari pelabuhan Buton kalian harus melanjutkan perjalanan melalui perairan sungai rawa menuju TN Zamrud menggunakan speedboat. Harga sewanya tergantung kesepakatan dengan si pemilik kapal.

Sesampai di TN Zamrud, untuk mengelilinginya, kalian harus menyewa speedboat atau sampan milik masyarakat lokal yang sudah disediakan di tepian danau. Nanti ada darmaga khusus untuk titik awal dimulainya perjalanan yang menggembirakan ini.

Danau Taman Nasional Zamrud Siak Sri Indrapura
Menyusuri danau Taman Nasional Zamrud menggunakan perahu atau sampan (Instagram/@indraa_syahputra)

 

Siap Digarap Untuk Tempat Wisata

Taman Nasional Zamrud berada di lahan gambut seluas 31.480 hektar serta dihiasi dua danau yakni Danau Pulau Besar dan Danau Bawah.

Foto Udara Kawasan Taman Nasional Zamrud Siak Riau
Foto udara kawasan Taman Nasional Zamrud Siak Riau (Instagram/@perkumpulan_elang_ig)

Dari luasan yang sudah disebutkan, tentu tidak semuanya dijadikan tempat wisata. Zona pemanfaatan TN Zamrud hanya seluas 904,71 Ha atau 2,87 persen saja dari luas seluruh kawasan.

Zona pemanfaatan ini berada di pinggir Danau Besar dan Danau Bawah sebagai akses sungai ke luar kawasan.

Dalam zona pemanfaatan, pemerintah setempat bersama BBKSDA akan melakukan pengembangan lebih lanjut untuk pariwisata alam, pusat rekreasi, pendidikan konservasi alam dan lingkungan hidup, serta pemanfaatan jasa lingkungan.

Meski belum dibuka secara luas untuk kepentingan pariwisata, tentunya kalian tetap bisa menjelajah Taman Nasional berbasis gambut ini. Sekedar saran, pergi ke Taman Nasional ini agar tidak solo trip, yaa!

 

Keberagaman Hayati Yang Alami

Flora dan Fauna Taman Nasional Zamrud
Flora dan Fauna Taman Nasional Zamrud (Kiri ke kanan : Instagram/@ferrigho, @lensasiak, @belagraha)

Taman Nasional Zamrud kaya akan keberagaman hayati yang sudah mendiaminya sebagai kawasan Suaka Margasatwa. Flora yang ada di Taman Nasional Zamrud diantaranya bengku (Ganua motleyana), durian burung (Durio Carinatus), punak (Tetramerista Glabra), jangkang (Xylopia malayana), kolakok (Melanorrhoea sp.), pisang-pisang (Gonithalamus sp.), ramin (Gonystylus Bancanus), dan jenis-jenis lainnya dari Suku Dipterocarpaceae (meranti-merantian).

Satwa juga hidup liar di kawasan Taman Nasional Zamrud ini. Berdasarkan data Balai Konservasi Sumber Daya Alam (BKSDA), Riau tercatat ada 38 jenis burung yang 12 jenisnya merupakan jenis dilindungi, serta jenis ikan seperti arwana dan belida.

 

Harga Keliling Taman Nasional Zamrud Riau

Melewati Tanaman Air Taman Nasional Zamrud
Melewati tanaman air Taman Nasional Zamrud (Instagram/@enggarparamita)

Untuk berkeliling di Danau Zamrud, kamu harus menyewa sampan (perahu kecil) dengan membayar Rp 400.000. Satu perahu bisa diisi maksimal 10 orang. Tapi, biasanya pemilik perahu akan mengisinya dengan 5 orang saja.

 

Tempat Menginap

Perlu kamu tahu, sementara ini memang belum tersedia tempat penginapan di dalam kawasan Taman Nasional Zamrud Riau. Alternatifnya, kamu bisa bermalam di Ibukota Kabupaten Siak, Siak Sri Indrapura. Jarak dari lokasi taman tidaklah jauh, hanya berkisar 20-25 KM dan bisa ditempuh sekitar 45 menit perjalanan.

Beragam penginapan di Siak Sri Indrapura dapat dipilih sesuai budget yang kamu punya. Dari yang mahal, hingga yang murah, bisa kamu temukan. Seperti Hotal Grand Mempura, yang berlokasi di Benteng Hulu, Kecamatan Mempura. Harga menginap per malamnya mulai dari Rp 350.000.

Selain itu, ada Hotel Harmoni 21 dengan harga mulai dari Rp 220.000 per malam. Sedangkan untuk penginapan murah, kamu bisa memilih penginapan Setia Melayu dengan tarif hanya Rp 75.000 per malamnya.

Bagaimana, semakin penasaran dengan Taman Nasional Zamrud Riau? Sudah tertarik untuk explore taman nasional berbasis gambut ini? Jika iya, jangan lupa untuk datang ke kabupaten Siak, yaa!

(Nella/SmB)

Tentang Penulis : Admin Heydayat

Gambar Gravatar
Haydayat.com adalah situs berbagi informasi dan ulasan seputar tempat dan aktivitas menarik. Admin adalah pengguna yang menerbitkan artikel yang ditulis oleh kontributor non-user. Tertarik mengirim tulisan? Silahkan kunjungi halaman Karir kami! Salam hangat. Have a nice day at ... ! 😉

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

News Feed