oleh

Telaga Sarangan, Destinasi Wajib Buat Kamu Yang Ingin ‘Ngadem’

Heydayat.com – Indonesia kaya akan pemandangan alamnya yang mempesona. Telaga Sarangan adalah satu diantaranya. Berada di lereng Gunung Lawu, telaga ini termasuk dalam wilayah Kabupaten Magetan – Jawa Timur, tepatnya Kecamatan Plaosan. Setiap harinya kawasan ini selalu dipenuhi oleh wisatawan. Kira-kira, apa sih yang membuatnya begitu menarik untuk dikunjungi?

 

Akses Menuju Lokasi

Telaga alami seluas 30 hektar ini berada sekitar 16 kilometer arah barat Kota Magetan. Lokasinya mudah ditemukan hanya dengan mengikuti petunjuk jalan. Akses jalan menuju Telaga Sarangan pun cukup bagus dan aman untuk dilalui kendaraan roda dua maupun roda empat. Namun, kamu harus tetap waspada dan memastikan kendaraanmu dalam kondisi baik untuk melalui tanjakan tinggi dan berkelok-kelok. Driver juga harus handal dan berpengalaman jika tak ingin ada masalah di jalan.

Foto Udara Telaga Sarangan
Foto udara Telaga Sarangan (Instagram/@telagasarangan)

Mau berkunjung dengan menaiki kendaraan umum? Tentu bisa! Jika dari arah Solo, kamu bisa menaiki bus jurusan Tawangmangu. Kemudian setelah sampai di terminal, kamu bisa berganti bus mini jurusan Telaga Sarangan. Namun, sebelum memutuskan naik kendaraan umum, pastikan dulu jam operasional bus-nya, ya!

 

Pemandangan Yang Memanjakan Mata

Pemandangan Cerah Telaga Sarangan
Pemandangan cerah Telaga Sarangan (Instagram/@adjiedkdyo)

Di Telaga Sarangan, kamu bisa menikmati udara sejuk di sepanjang waktu. Setelah menempuh perjalanan dan sampai di Desa Sarangan, kamu akan dimanjakan dengan hawa sejuk pegunungan dan pemandangan hijau sejauh mata memandang. Suasana tenang yang ditawarkan pun akan membuat pikiranmu segar kembali.

Objek wisata Telaga Sarangan memang sudah lama menjadi favorit para wisatawan. Wisatawan yang datang ke sini berasal dari berbagai daerah. Tak heran, karena tempat ini sangat cocok untuk sekedar melepas penat atau rehat sejenak dari rutinitas.

 

Harga Tiket Masuk Telaga Sarangan

Suasana pagi pintu loket 2 Telaga Sarangan, Plaosan, Magetan
Suasana pagi pintu loket 2 Telaga Sarangan, Plaosan, Magetan – Jawa Timur (Instagram/@dhian_hardjodisastro)

Harga tiket masuk kawasan wisata Telaga Sarangan sangat terjangkau, yaitu Rp 15.000 saja. Jika ingin lebih lama ‘ngadem’ di sini, kamu bisa menyewa penginapan yang banyak tersedia di sekitar lokasi. Rate per malamnya pun bervariasi, tergantung fasilitas yang akan kamu dapatkan. Mulai dari yang mahal, hingga penginapan murah di Telaga Sarangan, bisa kamu temukan.

 

Pilihan Aktivitas Yang Beragam

Bermain Speedboat Telaga Sarangan
Bermain Speedboat di Telaga Sarangan (Instagram/@ananghappe)

Selain sekedar berjalan-jalan menikmati pemandangan di sekitar telaga, kamu juga bisa menjajal berbagai wahana air yang tersedia di sini. Coba saja ajak beberapa teman naik perahu atau naik speedboat ramai-ramai! Pasti seru sekali!

Nah, kalau kamu tidak suka yang terlalu ekstrem, kamu bisa memilih berkeliling telaga dengan menunggangi kuda. Tenang saja, kamu akan selalu aman karena didampingi si pemilik kuda.

Penyewaan Kuda Telaga Sarangan
Penyewaan kuda Telaga Sarangan (Instagram/@telagasarangan)

 

Menyantap Lezatnya Sate Kelinci

Salah satu yang tak boleh kamu lewatkan saat berada di Telaga Sarangan adalah mencicipi sate kelinci. Hidangan ini populer dan memang banyak dijual oleh warung-warung di pinggir telaga. Satu porsi sate kelinci berisi sepuluh tusuk dan dihargai sekitar Rp 20.000 saja, sudah lengkap dengan lontongnya.

Sate Kelinci Telaga Sarangan Magetan
Sate kelinci Telaga Sarangan Magetan (Heydayat.com – Amalia)

Nah, untuk kamu yang tidak tega memakan daging hewan imut ini, kamu bisa memilih menu sate ayam. Kamu juga bisa menyantap makanan lain yang dijual di sekitar telaga, seperti jagung rebus, nasi pecel, dan ketan gula merah.

 

Bisa Wisata Sekaligus Belanja

Tak cuma berwisata, di Telaga Sarangan, kamu juga bisa cuci mata dengan melihat warna-warni sayuran segar. Yup! Di sini, ada pasar yang menjual aneka sayur dan buah segar hasil panen warga sekitar, lho! Seperti bawang, sawi, kubis, kol, wortel, daun bawang, tomat, labu, alpukat, pisang, jeruk, dan stroberi.

Lapak Penjual Sayur & Buah Telaga Sarangan Magetan
Lapak penjual sayur & buah Telaga Sarangan Magetan (Udaindra.blogspot.com)

Beragam pernak-pernik bertuliskan “Telaga Sarangan” juga banyak dijual di pasar ini, seperti kaos, topi, dan gantungan kunci. Aneka camilan khas Jawa Timur juga dapat dengan mudah kamu temukan di sini. Cocok banget untuk dijadikan oleh-oleh. Jadi, siap-siap bawa banyak tentengan, ya!

‘Gimana? Jadi penasaran, kan? Yuk, agendakan segera untuk liburan ke Telaga Sarangan! Oh, iya. Jangan lupa, di sini udara akan semakin dingin memasuki malam hari. Jadi, pastikan untuk selalu membawa jaket dan pakaian tebal, yaa!

(Amalia/Mdu)

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *