oleh

Tips Dan Trik Andalan Memancing Saat Hujan

Heydayat.com – Memancing memang tidak kenal waktu. Banyak pemancing akan memilih bertahan meski didera hujan ditengah asyiknya memancing. Beberapa diantaranya bahkan sengaja pergi memancing saat turun hujan.

Memancing saat hujan rasanya tidak sepadan jika hasil tangkapan tidak cukup memuaskan (banyak). Untuk memaksimalkan hasil tangkapan, berikut beberapa tips yang bisa diterapkan saat memancing di waktu hujan :

 

1. Lacak Pergerakan Ikan Dengan Mengikuti Arah Angin

Air danau berombak tertiup angin
Gelombang air di danau karena angin

Kebanyakan ikan air tawar tidak menyukai kondisi air yang bergerak atau bergelombang. Angin kencang menyebabkan timbulnya gelombang pada permukaan air. Pada saat ini ikan akan lebih banyak beraktivitas di kedalaman daripada di permukaan.

Untuk melacak pergerakan ikan saat kondisi berangin, carilah tempat yang paling sedikit diterpa angin. Atau kalaupun semua area diterpa angin, temukan area yang memiliki kedalaman yang lebih dari kebanyakan area lainnya.

 

2. Mendekat Ke Arah Lemparan Jika Memungkinkan

Memancing memakai sepatu anti air slop tinggi
Memancing sambil masuk ke air

Saat hujan, ikan cenderung abai dengan pergerakan air. Ikan-ikan akan tetap berada di posisinya walaupun kita masuk ke air dan berusaha sedikit mendekat.

Tentukan arah lemparan dengan melempar umpan di antara semak, akar pohon, cabang kayu dan sebagainya. Ikan memiliki insting untuk tetap berada di area ini sebab mereka menganggap semak, akar pohon, cabang kayu yang tenggelam dan semacamnya sebagai rumah. Area ini juga digunakan ikan sebagai tempat berlindung dari serangan ikan predator, atau sekedar menjadi wahana bermain.

Saat hujan, ada lebih banyak alasan mengapa ikan senang berada di tempat tersebut. Dinginnya suhu air permukaan, hingga predator (: biawak, ular, dan lainnya) yang berkeliaran, menjadi sebab kenapa ikan-ikan lebih sering berada di area ini saat hujan.

 

3. Ketahui Kedalaman Air

Memancing dan memeriksa kedalaman air danau
Memancing & memeriksa kedalaman air

Beberapa jenis ikan lebih senang berada pada kedalaman tertentu saat hujan. Jenis ikan kecil lebih suka berada di dasar perairan dengan kedalaman yang lebih dangkal. Sementara ikan yang lebih besar, lebih suka berada di perairan dalam dan bergerak di antara pertengahan hingga permukaan.

 

4. Lempar Umpan Ke Daerah Air Yang Lebih Jernih

Pemancing melempar umpan pancing
Melempar umpan

Ikan menyukai air yang jernih. Seperti manusia yang menyukai udara segar ketimbang udara yang tercemar, ikan menganggap air jernih seperti sumber kehidupan. 😉

Air yang jernih muncul dari aliran air hujan yang memasuki kolam atau perairan tempat ikan berada. Maka dari itu, cobalah melempar umpan ke tepian perairan, terutama yang dekat dengan aliran air hujan.

 

5. Kenali Karakter Ikan Dengan Memperhatikan Suhu Air

Ikan mujair anakan di tambak
Ikan mujair kecil di permukaan air

Mengenali karakter ikan bukan berarti belajar melalui buku-buku tentang ikan. Karakter ikan dapat dipahami setidaknya dari beberapa pengalaman saat memancing.

Ada sedikit ikan yang masih aktif mencari makan saat hujan. Ikan gabus misalnya, ikan predator ini masih aktif mencari makan saat hujan. Jika kamu lebih memilih bersabar, ada kemungkinan ikan ini akan kamu dapatkan saat memancing di cuaca yang sedang hujan.

 

6. Terapkan Teknik Casting Untuk “Menggaet” Ikan Predator

Ikan predator memiliki karakter yang tenang ketika mencari makan, agar buruannya tidak kabur saat mengetahui keberadaannya. Saat hujan, ikan ini tetap aktif berburu bahkan lebih aktif dari biasanya sebab pergerakannya tersamarkan oleh rintikan air hujan. Ikan jenis ini hanya agresif jika merasa daerah kekuasaannya diganggu.

Melempar lure umpan mancing ke air
Menggunakan lure untuk memancing

Memanfaatkan karakter ikan predator yang teritorial, memancing dengan teknik casting permukaan bisa dilakukan untuk memicu ikan menyerang umpan.

 

7. Temukan Pola Terbaik Secepatnya

Sambaran ikan saat cuaca normal dibanding saat hujan memang jauh berbeda. Jika kamu memancing di saat hujan, perhatikan apakah ikan masih tertarik dengan jenis umpan yang sama, teknik yang sama? Atau mungkin malah berbeda? Jika berbeda, segera temukan pola terbaik untuk menangkap lebih banyak ikan.

Cobalah mengganti umpan untuk mengetahui respon ikan. Jika masih menunjukkan hasil yang sama, cobalah melakukan beberapa teknik yang berbeda. Misal, jika sebelumnya kamu memancing dengan cara rutin memindahkan arah lemparan, cobalah untuk membiarkan umpan di dalam air lebih lama.

 

Saat akan menerapkan beberapa saran diatas, mulailah dari saran yang paling atas hingga yang paling bawah. Beberapa saran ini bukanlah jaminan untuk bisa mendapatkan ikan secara maksimal saat memancing di waktu hujan. Namun cara-cara diatas adalah cara yang paling umum dan bisa diupayakan agar usaha memancing hari ini tidak sia-sia.

Beberapa jenis ikan mungkin memilih pasif dan berhenti mencari makan saat suhu air menjadi dingin. Jika ini yang terjadi, maka berkemas dan pulang adalah satu-satunya pilihan untuk mengakhiri sesi memancing hari ini.

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *