oleh

Intip Kelezatan Tongseng Sapi Bunda Cirebon, Kesukaan Youtuber Mgdalenaf

Heydayat.com – Pasti kamu sudah tidak asing dengan kuliner bernama “Tongseng”, bukan? Kuliner nusantara ini sudah ada di Indonesia diperkirakan sejak abad ke 18 hingga 19 masehi. Berawal dari kedatangan bangsa Arab ke Indonesia, maka terjadilah akulturasi budaya antara Indonesia dan Arab. Salah satunya dalam bidang kuliner.

Tongseng merupakan olahan daging yang dimasak bersama kecap, bumbu-bumbu, irisan tomat dan kubis.

Mengapa diberi nama tongseng?
Hal ini dikarenakan semua bahan makanan tersebut dioseng jadi satu di kuali atau wajan yang sama. Dari kata “mengoseng” atau “dioseng” itulah, nama Tongseng menjadi salah satu nama kuliner nusantara. Tongseng pada umumnya menggunakan daging kambing beserta jeroannya. Supaya lebih nikmat, dilengkapi juga dengan sayuran.

 

Tongseng Sapi Bunda

Salah satu kedai tongseng yang terkenal di Cirebon adalah Tongseng Sapi Bunda.

Jika kamu pernah menonton youtube Mgdalenaf, pasti bisa langsung membayangkan bagaimana kelezatan Tongseng Sapi Bunda.

Berbeda dengan tongseng yang ada di daerah lainnya, tongseng yang terkenal di daerah Battembat Cirebon ini tidak menggunakan daging kambing. Tapi, menggunakan daging sapi.

Kemudian, tongseng sapi di Battembat ini juga tidak dioseng dengan sayur-sayuran. Jadi murni hanya daging saja yang dimasak bersama kecap dan bumbu rempah-rempah.

Tongseng Battembat Cirebon
Tongseng Battembat (foursquare.com)

Untuk memesan makanan ini, kamu bisa menentukan seberapa banyak daging untuk satu porsinya. Dimulai dari ¼ KG, ½ KG, 1 KG bahkan sampai 3 KG. Satu porsi daging pilihan kamu juga dilengkapi dengan nasi hangat dan kerupuk supaya menambah kelezatannya.

 

Yang Unik Dari Tongseng Sapi Bunda

Keunikan yang ada pada Tongseng Sapi Bunda Cirebon adalah daging sapinya yang fresh. Tidak dibekukan terlebih dahulu seperti daging sapi yang lain. Bahkan dagingnya juga tidak di-marinasi terlebih dahulu. Jadi, benar-benar daging fresh dari sapi yang baru saja dipotong.

Tongseng sapi yang ada di daerah Battembat ini berdekatan dengan daerah penjagalan sapi atau pemotongan sapi. Oleh karena itu, daging yang ada di Tongseng Sapi Bunda fresh banget, karena bersumber dari tempat penjagalannya. Bahkan, jam operasional Tongseng Sapi Bunda pun mengikuti jam operasional tempat penjagalan.

Daging Sapi Untuk Tongseng
Daging sapi langsung dari tempat pemotongan (Instagram/@tongsengmamih.crb)

 

Cicipi Dulu Sebelum Dihidangkan

Keunikan lain yang dimiliki oleh kedai Tongseng Sapi Bunda adalah adanya tester yang diberikan kepada pelanggan. Jadi, sebelum tongseng sapi disajikan full satu piring, penjual akan memberikan sepiring kecil tester terlebih dahulu. Barangkali ada rasa yang kurang berkenan di lidah, jadi bisa diperbaiki sesuai selera. Karena hal inilah, Tongseng Sapi Bunda menjadi favorit tongseng dari youtuber terkenal Mgdalenaf.

Ada hal lainnya yang juga membedakan tongseng sapi ini dengan tongseng-tongseng pada umumnya. Secara umum, jika tongseng di daerah lain dipenuhi oleh kuah santan, tongseng sapi di Cirebon tidak banjir kuah, lho. Termasuk tongseng yang ada di kedai Tongseng Sapi Bunda ini : Kuahnya sangat sedikit, warna masakannya pun cokelat kehitaman karena dibumbui oleh kecap. Sehingga masakan terasa manis dan gurih.

Tongseng Sapi Battembat Cirebon
Tongseng Sapi Bunda Battembat Cirebon (Istimewa : Youtube.com – Mgdalenaf)

Bumbunya sangat menyerap ke daging dan terasa empuk. Padahal tidak dimarinase terlebih dahulu. Inilah yang membuat Tongseng Sapi Bunda menjadi menu favorit sebagai menu makan malam di daerah Cirebon.

 

Lokasi Tongseng Sapi Bunda

Tongseng Sapi Bunda berada di Jl. Raya Plered – Cirebon No. 16, Battembat, Tengah Tani, Kabupaten Cirebon.

Meski lokasinya di daerah kabupaten, tapi jaraknya tidak jauh kok dari pusat kota Cirebon. Hanya membutuhkan sekitar 10-15 menit saja jika ditempuh dari pusat kota.

 

Jam Buka-Tutup & Harga

Tongseng Sapi Bunda buka mulai jam 21.00 sampai jam 06.00. Sesuai yang disebutkan sebelumnya, kedai ini buka mengikuti jam aktif tempat penjagalan atau pemotongan sapi di dekatnya. Tak perlu khawatir jika lapar saat tengah malam. Datang jam 00.00 pun, Kedai Tongseng Sapi Bunda akan siap melayani.

Proses Memasak Tongseng Sapi Bunda
Proses memasak Tongseng Sapi Bunda (Instagram/@mgdalenaf)

Cukup mengeluarkan budget mulai dari 30 ribuan, kamu sudah bisa menikmati kelezatan tongseng sapi ini.

Jadi, bagi kamu yang sedang ada di Cirebon, tak perlu bingung jika lapar di tengah malam, yaa. Ada Tongseng Sapi Bunda yang siap bikin perut kamu kenyang. Kuliner malam ini tentu bisa memuaskan perut dengan kelezatannya. Bahkan jika datang larut malam, tempat ini akan semakin ramai. Selamat mencoba!

(Ghea/Crb)

Tentang Penulis : Admin Heydayat

Gambar Gravatar
Haydayat.com adalah situs berbagi informasi dan ulasan seputar tempat dan aktivitas menarik. Admin adalah pengguna yang menerbitkan artikel yang ditulis oleh kontributor non-user. Tertarik mengirim tulisan? Silahkan kunjungi halaman Karir kami! Salam hangat. Have a nice day at ... ! 😉

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

News Feed