oleh

Umpan-umpan Jitu Mancing Belanak Dan Cara Membuatnya

Heydayat.com – Ikan Belanak adalah ikan yang hidup di perairan iklim tropis dan subtropis. Ikan ini banyak ditemui di daerah perairan asin dan payau seperti pantai, muara, dan tambak.

Penampilan ikan ini mirip-mirip seperti ikan bandeng. Jika dalam bahasa inggris, ikan ini dikenal dengan sebutan mullet fish. Jenis ikan belanak yang paling umum diketahui adalah bluespot mullet atau belanak bintik biru, dan yellowtail mullet atau belanak ekor kuning.

Ikan Belanak punya rasa yang enak jika dimakan atau dikonsumsi. Itulah kenapa tidak sedikit penggemar mancing yang suka berburu ikan ini. Akan tetapi, untuk memancing ikan belanak sendiri tergolong susah-susah-gampang. Perlu teknik dan umpan yang jitu agar ikan belanak mudah didapat.

Nah, berikut adalah beberapa umpan yang bagus untuk mancing belanak menurut pengalaman dan rekomendasi kami :

 

1. Terigu Dan Minyak Goreng / Margarin

Tepung terigu adalah umpan yang paling populer digunakan pemancing untuk memancing belanak. Selain bahannya yang mudah didapat, terigu dan minyak goreng ternyata campuran bahan yang sangat disukai ikan ini.

Saat dipakai mancing, umpan ini memang tidak terlalu awet atau tahan lama. Teksturnya agak padat tapi juga mudah terurai. Ini juga yang justru membuat belanak gampang tertarik dengan umpan ini.

Cara Membuat Umpan Belanak Dengan Terigu

Untuk membuat umpan belanak dengan tepung terigu, caranya mudah sekali. Campur terigu dan minyak goreng dengan perbandingan 3:2 (tiga banding dua). Aduk sampai tercampur rata. Umpan siap digunakan jika teksturnya berubah agak padat setelah diaduk rata.

 

2. Lumut

Umpan jitu mancing belanak berikutnya adalah umpan lumut. Umpan lumut biasanya paling cocok untuk mancing ikan belanak di tambak, sungai, atau muara. Lumut jadi umpan jitu karena lingkungan ini masih mudah ditemui lumut yang jadi sumber makanan alami.

Lumut sendiri ada beberapa jenis. Dilihat dari teksturnya, lumut halus adalah yang paling bagus untuk mancing belanak dibanding lumut kasar.

Cara Membuat Umpan Mullet Dengan Lumut

Cara membuat umpan ikan mulet atau belanak dengan lumut sebenarnya cukup banyak variasinya. Berikut kami sebutkan 2 di antaranya saja. Pertama adalah umpan lumut murni (tanpa tambahan umpan lainnya). Cara membuatnya, masukkan lumut ke dalam baskom. Tambah sedikit air. Masukkan 2 atau 3 sendok garam agar lumut jadi lebih halus. Setelah itu, umpan siap dipasang dan digunakan.

Opsi kedua, ambil lumut dan masukkan ke dalam baskom. Campur dengan pelet dan tepung terigu. Campur bahan tadi dengan perbandingan sama banyak. Aduk adonan sampai rata. Tambahkan air secukupnya sampai adonan agak lembek. Umpan siap untuk digunakan.

Cara Mancing Ikan Belanak Mullet
Ikan belanak hasil mancing (Instagram/@habibul_mujtaba12)

 

3. Kanji dan Essen

Selain tepung terigu, tepung kanji juga bisa dipakai sebagai umpan mancing mullet. Agar semakin menarik perhatian ikan, umpan kanji juga harus ditambah essen atau aroma-aroma tertentu.

Jika tidak ada essen, kamu bisa ganti dengan konsentrat atau aroma buatan lainnya. Contohnya, kamu bisa gunakan perasa makanan atau minuman seperti marimas, pop ice, dan lainnya. Atau bisa juga diganti dengan bahan alami seperti daun pandan dan yang lain.

Cara Membuat Umpan Belanak Dengan Kanji Dan Essen

Campurkan kanji dan air dengan perbandingan 1:3 (satu banding tiga). Tambahkan essen secukupnya. Masukkan campuran tadi ke dalam plastik. Panaskan umpan di air panas selama kurang lebih 5 menit sampai bahan tadi jadi mengental. Setelah itu umpan jadi.

Cara memakainya, tuangkan umpan ke dalam wadah baskom. Masukkan tepung kanji atau terigu ke dalam wadah. Pasang umpan dengan cara dicubit atau diambil sebesar biji jagung. Setelah itu, umpan siap dilempar. Cara ini bisa kamu gunakan jika memakai rangkaian pancing single alias bukan model lumut yang jarak tiap mata kailnya rapat.

Sedangkan kalau memakai rangkaian lumut, kamu bisa tuangkan umpan di wadah baskom. Siapkan tepung kanji atau terigu di wadah berbeda. Pasang umpan ke rangkaian dengan cara sama seperti memasang umpan lumut. Setelah umpan menempel di kail, masukkan ke terigu agar ia menempel ke umpan.

 

4. Roti

Roti adalah pilihan mudah jika ingin mancing belanak tanpa repot. Roti yang bisa dipakai untuk umpan mancing juga sangat mudah ditemukan. Kamu bisa beli di minimarket, pasar, atau toko terdekat.

Cara Membuat Umpan Mullet Dengan Roti

Cara membuat umpan belanak dengan roti sangat mudah sekali. Pilih roti tawar yang teksturnya sedikit basah dan liat (tidak mudah putus). Potong roti kecil-kecil sesuai ukuran mata kail. Kaitkan umpan roti ke kail sebanyak 1 atau 2 kaitan/cantolan, kemudian pancing siap dilempar ke gerombolan ikan.

Ikan Belanak Besar
Ikan belanak besar (Instagram/@madame_chevesne)

 

5. Kanji Dan Telur Ayam

Selain dicampur essen, kanji dicampur telur juga bisa jadi umpan jitu untuk memancing ikan belanak. Aroma telur yang khas jadi aroma pengganti essen. Selain sebagai perekat dan pengental, telur juga otomatis sebagai pengganti air agar kanji bisa diaduk dengan kalis. Jadi, tidak perlu lagi ditambah dengan air saat meraciknya.

Cara Membuat Umpan Belanak Dengan Kanji Dan Telur

Campurkan kanji dan telur dengan perbandingan 2:1 (dua banding satu). Aduk adonan sampai rata dan menjadi kalis. Setelah tercampur rata, umpan siap digunakan.

Sekedar selera saja, umpan ini juga bagus jika dibuat agak encer. Umpan seperti ini lebih mudah masuk mulut ikan dibanding umpan yang masih agak bertekstur. Tinggal sesuaikan saja, jika kurang lembek, bisa ditambah dengan air saat mengaduknya.

 

6. Butiran Pelet

Satu lagi umpan yang mudah digunakan untuk mancing mullet atau belanak adalah umpan pelet butiran. Pelet butiran atau ada juga yang menyebutnya otok-otok adalah umpan produksi pabrikan. Umpan ini jadi salah satu kesukaan ikan belanak karena memiliki aroma khas yang disukai ikan.

Cara Memakai Umpan Pelet Butiran

Karena pelet butiran punya ukuran yang bervariasi, maka belilah yang butirannya kecil-kecil sesuai besarnya mulut ikan yang akan jadi target. Tapi pilih juga yang ukurannya tidak terlalu kecil agar mudah dipasang di mata kail.

Ambil pelet otok-otok secukupnya dan masukkan ke dalam botol. Masukkan air hangat ke dalam botol. Kocok umpan beberapa saat. Keluarkan air, kemudian biarkan umpan mengembang dengan sendirinya. Setelah sekitar 10-15 menit, umpan sudah agak empuk dan bisa dipasang ke mata kail.

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *