oleh

Yuk, Wisata ke Danau Toba, Tempat Unggulan Sumatera Utara!

Heydayat.com – Sudah ada rencana ke pulau Sumatera tapi masih bingung mau ke tempat wisata yang mana? Tenang! Ada banyak kok rekomendasi tempat wisata yang bisa kamu kunjungi di pulau Sumatera. Beberapa diantaranya bahkan wajib didatangi dan dijamin tidak akan mengecewakan.

Sumatera merupakan salah satu pulau besar di Indonesia dan memiliki banyak sekali tempat wisata. Kalau kamu datang jauh-jauh dari luar Sumatera, jangan khawatir mencari tempat liburan! Terlebih lagi jika kamu sedang ada di Sumatera utara.

Di Sumatera Utara sendiri, ada banyak pilihan tempat wisata yang bisa membuat kamu bingung untuk memilihnya. Ada wisata alam, wisata edukasi, wisata sejarah, dan sebagainya. Namun, satu yang paling recommended untuk kamu datangi di Sumatera Utara adalah Danau Toba.

 

Tentang Danau Toba

Danau Toba berlokasi di pulau Sumatera bagian utara alias Sumatera Utara. Tempat ini sudah sangat terkenal bahkan sampai ke mancanegara.

Tempat wisata ini sudah ditetapkan oleh Kementerian Pariwisata Republik Indonesia sebagai salah satu objek wisata Indonesia yang diprioritaskan pengembangannya.

Danau Toba merupakan danau vulkanik yang memiliki pesona keindahan yang luar biasa. Gak cuma indah, danau ini juga merupakan danau terluas se-Asia Tenggara, dengan luas sekitar 1.145 KM. Bahkan saking luasnya, danau ini berada di antara 7 Kabupaten, yaitu Simalungun, Toba Samosir, Humbang Hasundutan, Dairi, Karo, Samosir, dan Tapanuli Utara.

Parapat
Foto udara Kelurahan Parapat, Simalungun, Sumatera Utara (Instagram/@wonderlaketoba)

Selain berpredikat sebagai danau terluas, danau ini juga memiliki kedalaman sedalam 450 M, dan menjadi salah satu danau terdalam sedunia.

 

Danau Toba Sebagai Tempat Wisata

Sebagai tempat bernuansa alam, Danau Toba sangat menarik untuk dijadikan tempat berwisata. Keberadaan danau yang terkenal, suasana alam yang asri dan sejuk, ditambah suguhan kuliner yang menggugah selera, membuat setiap orang berminat untuk mengunjunginya. Tak hanya untuk berdiam diri, pengunjung juga bisa menikmati berbagai aktivitas menarik yang ada di tempat ini.

 

Pilihan Aktivitas Di Danau Toba

Jika kamu datang ke Danau Toba, ada banyak hal yang bisa kamu lakukan entah itu sendirian atau bersama keluarga. Mulai dari berenang di danau, naik kayak atau kapal feri untuk menjelajahi danau, sampai mendaki bukit dan berkemah di daerah Paropo.

Berkemah Di Paropo
Berkemah di Paropo (Instagram/@anakpertama30)

Selain itu, ada juga fasilitas lain seperti penginapan, tempat berbelanja, dan juga restaurant atau rumah makan. Masyarakat Danau Toba meskipun mayoritasnya bersuku batak dan beragama Kristen, bukan berarti di sini tidak tersedia makanan halal, yaa. Tentu saja ada banyak menu halal yang bisa kamu temui di sini. Semuanya tinggal kamu pilih sendiri.

Suasana di sini terasa sangat sejuk karena masih dikelilingi hutan pinus serta pegunungan hijau. Pepohonan lebat yang membentang luas juga sangat nyaman jika dipandang mata. Dan asyiknya, tempat wisata ini buka hingga 24 jam alias full time. Jadi, terserah deh kamu mau datang kapan saja.

 

Mengunjungi Pulau Samosir

Pulau Samosir Danau Toba
Pulau Samosir, pulau terbesar di Danau Toba (Instagram@visitdanautoba)

Oh iya, menariknya lagi, di tengah-tengah Danau Toba terdapat pulau yang sangat terkenal, yaitu pulau Samosir. Wisatawan yang berkunjung ke Danau Toba biasanya gak afdol kalau belum berkunjung ke pulau yang satu ini.

Meski harus menyeberang menggunakan kapal feri, tak lantas menyurutkan niat para pengunjung untuk ke sana. Perjalanan air ini ditempuh dari Pelabuhan Ajibata ke pulau Samosir dengan perjalanan sekitar 30 menit hingga 1 jam.

 

Keunikan Pulau Samosir

Di pulau Samosir ada banyak objek wisata yang bisa kamu lihat. Mulai dari kuburan sakral raja-raja terdahulu, hingga tarian sigale-gale yang unik dan terkenal. Tari sigale-gale adalah tarian patung atau boneka yang diiringi oleh musik tradisional. Pertujukan tari ini biasanya akan selalu berhasil mencuri perhatian para wisatawan.

Tari Patung Sigale-gale
Tari Patung Sigale-gale, Pertunjukan tari yang kerap ditemui saat upacara kematian di Samosir. Warga meyakini, tarian ini dapat membantu mengantar arwah keluarga mereka ke alam baka (Instagram/@wonderlaketoba)

 

Di pulau Samosir terdapat 2 kampung yaitu kampung Tomok dan kampung Tuktuk.

Jika ingin berbelanja oleh-oleh, kamu bisa mengunjungi pusat pasar yang ada di daerah Tomok. Di pasar ini tersedia banyak suvenir yang bisa kamu beli. Barang-barang ini bisa kamu jadikan kenang-kenangan atau oleh-oleh untuk keluarga maupun saudara.

Tuktuk Siadong, Samosir
Tuktuk Siadong, Samosir (Instagram/@wonderlaketoba)

Jika kamu adalah wisatawan jauh yang berasal dari luar Sumatera, tentu wajib membeli beberapa suvenir dari pasar ini. Pilihan suvenirnya bisa kamu pilih sesuka hati, mulai dari kain ulos khas suku batak, pakaian pantai khas Danau Toba, gantungan kunci, dan masih banyak pernak-pernik lainnya. Harganya juga cukup terjangkau. Mulai dari Rp 5.000-an saja.

 

Harga Penginapan dan Rumah Makan

Kalau mau menginap, kampung Tuktuk bisa jadi pilihan. Karena di sini ada banyak penginapan yang tersedia dengan harga beragam karena tergantung fasilitasnya. Mulai dari Rp 150.000 hingga Rp 1.500.000. Cukup terjangkau, bukan?

Terus, kalau sudah lelah berkeliling dan perut mulai kelaparan, ada banyak pilihan rumah makan yang tersedia di sini. Kamu bisa memilih, dari yang harganya murah sampai yang lumayan mahal yaitu sekitar Rp 25.000 hingga Rp 85.000-an.

Untuk menu khas yang ada di Danau Toba, ada ikan mas arsik, ombus-ombus, sampai mie gomak. Makanan ini adalah menu unggulan dan dijamin enak. Apalagi cita rasa dari ikan mas arsiknya. Wangi dan rasa bumbu khasnya yang kuat, dijamin membuat kamu susah move-on dari rasanya!

 

Rute Jalan Menuju Danau Toba

Desa Meat, Toba
Desa Meat, Toba (Instagram/@wonderlaketoba)

Nah, bagi kamu yang sudah gak sabar untuk mengunjungi tempat istimewa ini, ada beberapa rute yang bisa kamu lewati agar bisa sampai ke Danau Toba. Kamu bisa naik kendaraan pribadi ataupun kendaraan umum.

Salah satunya, jika dari bandara Kualanamu dan memakai kendaraan umum, naiklah bus Damri dengan ongkos Rp 10.000 sampai ke terminal Amplas, Medan.

Sesampainya di Amplas, lanjut naik bus umum bernama Sejahtera yang akan membawamu langsung ke tujuan Danau Toba, Parapat. Dengan bus ini, kamu akan dibawa melalui rute jalan tol Amplas > Tebing Tinggi > Pematang Siantar > Seribu Dolok > Parapat. Untuk ongkosnya, biasanya dikenakan tarif sekitar Rp 50.000-an dengan lama perjalanan sekitar 6 jam.

By the way, jika naik kendaraan pribadi, rutenya juga sama seperti naik bus umum.

Oh, Iya. Sebelum sampai di Danau Toba, jangan terkejut ya jika nanti kamu tiba di jalanan kabupaten Parapat. Kedatanganmu mungkin akan disambut oleh banyaknya monyet yang sedang asyik duduk santai di pinggir jalan.

Monyet-monyet ini adalah hewan liar yang sepertinya tahu akan kedatanganmu. Mereka biasanya menunggu orang-orang untuk memberi makan. Walau sebenarnya tidak dibolehkan, yaa. Karena akan membuat binatang tersebut jadi terbiasa. Akibatnya, mereka akan lebih sering keluar hutan yang seharusnya jadi habitat asli mereka.

Terlepas dari itu, semoga kamu menikmati wisatamu di Danau Toba, yaa!

Tentang Penulis : Admin Heydayat

Gambar Gravatar
Haydayat.com adalah situs berbagi informasi dan ulasan seputar tempat dan aktivitas menarik. Admin adalah pengguna yang menerbitkan artikel yang ditulis oleh kontributor non-user. Tertarik mengirim tulisan? Silahkan kunjungi halaman Karir kami! Salam hangat. Have a nice day at ... ! 😉

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

News Feed